You are viewing a single comment's thread from:

RE: Tertiblah Berbahasa Indonesia! (16)

in #indonesia6 years ago

Luar biasa pencerahan nya ini bang justru arti kata di atas yang Abang tulis saat bermanfaat bagi saya yang belum saya ketahui.

Saya mau nanyak bang, apa perbedaan "bergelut" dengan "digeluti" mohon sedikit pencerahannya bang, dan bagaimana penyusunan kata tersebut agar bisa menyatu bang, terimakasih 🙏🙏

Sort:  

Bung @dandialves yth. Saya tak ahli bahasa. Cuma profesi saya sebagai jurnalis mengharuskan saya "menggeluti" KBBI sejak edisi III hingga V yang berlaku sekarang. Dari entri di KBBI-lah saya tahu apa makna gelut atau gulat dan turunannya.

Bergelut bisa diartikan bergumul, bergulat, peluk-memeluk disertai adegan guling-menggulingkan.

Sedangkan menggeluti bermakna menggumuli atau memeluk. Bisa juga berarti mendalami. Itu sebab seseorang yang mendalami ilmu tertentu, misalnya laduni, tepat jika disebut bahwa ia sedang menggeluti ilmu laduni. Sekian, mohon maaf jika jawaban saya tak seperti yang Dandi harapkan.

Terimakasih atas pencerahannya bang, selama ini bingung dengan kata 2 itu, namun hari ini saya mendapatkan Jawaban yang sempurna dari Abang, terimakasih sekali lagi, semoga hari-harinya menyenangkan bang @yarmen-dinamika

Coin Marketplace

STEEM 0.30
TRX 0.12
JST 0.032
BTC 59524.20
ETH 2999.76
USDT 1.00
SBD 3.77