Kekuatan Komunitas: Kita Selalu Saling Membutuhkan

in #indonesia6 years ago (edited)

Kekuatan Komunitas: Kita Selalu Saling Membutuhkan
Oleh: Dr. Purnama Setia Budi, Sp. OG | Ambassador Steem & @fundition Indonesia

image

Ingat, kita semua tersandung, semua dari kita. Itulah sebabnya menjadi sebuah kenyamanan untuk berjalan beriringan." ~Emily Kimbrough

Apa yang dikatakan oleh Emily Kimbrough, seorang Penulis dan Jurnalis terkenal Amerika tempo yang silam sangat tepat.

Kita akan alami masalah bila berjalan sendirian dalam dunia ini. Kita akan mampu melakukan banyak hal bila selalu berjalan bersama.

Teman-teman saya para Steemian yang optimis

Meskipun sudah lama berselang beberapa bulan yang lalu, saya masih ingat ketika saya masih berjuang menjadi Wakil Bupati Bireuen berpasangan dengan Tu Sop.

Mengambil langkah-langkah terakhir menuju puncak perjuangan dengan air mata di mata saya karena saya tidak pernah percaya bahwa saya-seseorang yang dibesarkan dari keluarga sederhana mampu berjalan sejauh saat itu. Meskipun saya dan Tu Sop kemudian belum berhasil memimpin masyarakat Kabupatenn Bireuen, tetapi kami sudah rasakan bagai mana arus kebaikan yang kami usung didukung oleh hampir 62 ribuan suara masyarakat Kabupaten Bireuen.

Saya menganggap hal itu bukanlah jalan yang terjal lalu kami gagal mencapai puncak kesuksesan. Semua itu adalah sesuatu yang tertunda dan sekali lagi kita belajar bahwa kekuatan komunitas yang telah kami bangun memiliki kekuatan yang sangat kuat dan hampir saja mengantarkan kami menjadi pasangan Pemimpin di Kabupaten tempat Ayah dan Ibu saya dilahirkan.

Tidak semua orang bisa bertahan dalam hadapi ketidakberhasilan. Hanya jiwa-jiwa yang dipenuhi niat tulus dan ihklas menerima cobaan-Nya yang mampu bertahan dari semua itu.

Semenjak kecil, saya sudah diajarkan oleh kedua orang tua saya untuk bersabar dan selalu mau mengulurkan tangan dan menawarkan sebuah tangan untuk membantu orang lain yang membutuhkan. Saya diberikan wejangan juga bahwa hidup tak akan pernah berjalan dengan baik bila kita hanya menyendiri dan mempertahankan keegoan kita. Dan mengalami kesulitan dalam hidup adalah hal yang biasa. Kita harus selalu berjalan bersama-sama dalam sebuah komunitas yang terdiri dari orang-orang yang luar biasa seperti di Steemit.

Saya merasakan kekuatan dari sebuah komunitas seperti yang terjalin dalam wadah Bireuen Steemit Community (BSC) selama ini. Saya selalu bisa tersenyum ketika ada beberapa teman yang bisa dibantu kesulitannya, atau kami bisa bergembira bersama dalam sebuah pertemuan ataupun acara yang dibuat oleh BSC.

Tapi sekali lagi saya tegaskan bahwa sehebat apapun saya, tetaplah saya membutuhkan rekan-rekan saya dalam Komunitas BSC. Saya menyadari sepenuhnya bahwa kemampuan yang dimiliki seorang manusia tidaklah cukup untuk berbuat banyak hal. Kita selalu membutuhkan uluran tangan rekan-rekan lain.

Sebatang lidi saja tidak akan pernah mampu membersihkan ruangan, maka kumpulan banyak lidi yang kemudian menjadi sebuah sapu akan membersihkan ruangan.

Berada dalam sebuah komunitas Steemit adalah bagian besar dari kekuatan karena kita tidak bisa melakukannya sendirian: seorang Steemian menjadi lebih baik dari yang pernah dibayangkan karena dia berada dalam sebuah komunitas yang hebat.

Kekuatan Komunitas

Akhirnya kita tiba pada kesimpulan tentang kekuatan sebuah komunitas di Steemit;

  1. Kebijaksanaan lahir dari hasil interaksi yang telah terbangun dalam sebuah Komunitas. Tidak ada orang yang pernah berhasil berjuang sendirian di media sosial seperti Steemit, dan terlepas dari jumlah Steem Power yang dimiliki, belajar dan berdiskusi dengan para senior selalu akan memberi kita informasi yang lebih baik tentang Steemit.

  2. Komunitas mampu menjadi pendorong dari batas kemampuan kita. Ketika membuat sebuah postingan sendirian, kita seringkali terlalu mudah menyerah ketika nilai kurasi yang kita dapatkan jumlahnya sangat kecil dan tak sesuai ekpektasi kita yang terlanjur besar. Dengan adanya sebuah komunitas di Steemit kita dituntut untuk membuang ego dengan mau bertanya dan menghubungkan diri dengan postingan-postingan rekan-rekan kita yang lain.

Kita bekerja dengan rekan-rekan lain di Steemit menuju tujuan yang sama. Dalam komunitas Steemit, kita akan mendapatkan motivasi, dukungan, dan juga persaingan yang adil untuk mendorong diri sendiri lebih jauh dari yang seharusnya Anda lakukan sendiri.

Saya mempercayai rekan-rekan saya, dan mereka juga percaya pada saya yang mungkin lebih dari saya percaya pada diri sendiri.

3 . Ide-ide baru lahir dari sebuah Komunitas. Saya benar-benar percaya bahwa ketika kita bekerja dalam sebuah komunitas dari orang yang berpikiran bahwa kebijaksanaan orang banyak jauh lebih besar daripada satu orang yang bekerja sendirian. Pandangan tentang sesuatu hal mungkin saja dapat berbeda karena lensa mata kita tidaklah sama. Kita hanya bisa berarti satu sama lain dan tiba pada tujuan bersama-sama.

Rekan-rekan saya yang sangat saya banggakan

Membiarkan orang lain untuk membantu itu sulit, tetapi pada akhirnya meningkatkan kebaikan kepada semua orang adalah sebuah kebijaksanaan yang harus kita utamakan.

Yakin dan percaya bahwa sebuah niat baik akan melahirkan keberhasilan yang berguna bagi banyak orang.

Tetaplah semangat berada di Steemit dan mari kita berjuang bersama-sama dalam sebuah komunitas Steemit yang kita cintai.

Salam dari Bireuen,
@dokter-purnama

image

Sort:  

Saling membantu dan saling mengingatkan adalah tugas manusia untuk bisa mengalami kemajuan dari kehidupan

Sukses selalu untuk para steemian Indonesia

Komunitas adalah rumah kita untuk menjadi keluarga yang saling mendukung. Berkomunitas sama halnya dengan membangun keluarga.

Sepakat dengan wacana yang disampaikan ini @dokter-purnama. Terimakasih telah mengingatkan hal-hal ttg kebersamaan pada postingan ini.

Salam @mpugondrong

Banyak hal yang bisa kita lakukan dengan sebuah komunitas yang solid, kebersamaan dan kekompakan akan selalu terbuka dan terbina demi untuk berbuat sesuatu yang lebih bermanfaat dan bermakna bagi anggota komunitas dan masyarakat pada umumnya .. sukses selalu pak dokter @dokter-purnama.

Kekuatan paling besar dalam tiap diri manusia adalah ketika ia mampu diam ketika berada dalam goncangan dan bisa mema'afkan ketika ia mampu membalasnya, saya sangat terkesan dengan sosok seorang bapak @dokter-purnama dan waktu itupun keluarga besar saya di kab, bireun memantapkan pilihan pada bapak, namun dibalik semua itu kita harus menerima dengan ikhlas kehendak dari yang Maha Berkuasa, begitu juga eksistensi kita di sebuah komunitas besar ini, saya selalu termotivasi tiap ulasan bapak, semoga Allah memberi jalan lain yang jauh lebih baik, bermartabat dan selalu berguna buat orang banyak, ini adalah sebagian tugas bapak yang sempat tertunda. Salam takzim

congrats @dokter-purnama

Saling tolong menolong adalah bukti adanya komunitas supaya tercipta kehidupan yg sejahtera
Salam sukses buat pak @dokter-purnama

Salam kenal dari brebes

Tidak ada orang yang pernah berhasil berjuang sendirian di media sosial seperti Steemit.

Noted 👍😍

Steemit indonisia saling tolong menolong, dan saling membantu kita sesama...

Stay For The Community

Coin Marketplace

STEEM 0.30
TRX 0.12
JST 0.033
BTC 64222.08
ETH 3135.29
USDT 1.00
SBD 3.99