6 Aksi Teror Bom Mei 2018 Indonesia & Sikap Kita

in #indonesia6 years ago (edited)

Islam-Tidak-Ajarkan-Terorisme-Api.jpg.jpg

Waspada dan Tetap Bersatu

Saudara-saudara Setanah Air Indonesia, kita tahu kalau dalam dua hari, yakni 13 Mei dan 14 Mei 2018, Indonesia dikejutkan oleh enam rentetan aksi teror bom.

Saya mengajak semuanya agar bersikap waspada. Jangan lengah terhadap hal-hal yang mencurigakan. Jika melihat ada yang mencurigakan maka segera kita melaporkan ke pihak yang berwenang.



 

Keresahan mungkin hal yang normal kalau sedang terjadi teror di lingkungan kita. Tapi Saya harap kita bisa berusaha tidak panik. Tidak saling menuduh. Karena menurut Saya itulah yang diinginkan oleh teroris.

Informasi yang kita terima, baik berupa video dan foto, cukup jadikan sebagai informasi yang membantu kita menjadi lebih waspada, bukannya panik.

Saran Saya hindari keramaian yang mencolok, apalagi yang banyak kamera CCTV nya, bahkan orang-orang di keramaian tersebut sedang mengambil gambar atau video kegiatannya. Karena menurut Saya, tempat tersebut sangat strategis menyampaikan pesan teror di era digital dan teknologi informasi saat ini. Teror akan lebih cepat dan mencekam berada di genggaman.


Teroris Adalah Musuh Bersama

Sungguh mengerikan!
Meresahkan!
Memalukan!
dan Biadab!

Adalah kesan Saya pertama sekali melihat video-video aksi teror bom bunuh diri yang terjadi di dua kota sekaligus dalam waktu yang berdekatan, bahkan ada yang bersamaan. Sebelumnya Saya tidak ngeh dengan kejadian2 ini. Karena salah seorang anggota group Whatsapp mengirimkan video-video tersebutlah maka Saya jadi update berita Terror terkini dalam negeri sendiri.

Di dalam salah satu video-video tersebut, Saya melihat ada seorang Laki-laki yang sedang menggendong anaknya sambil berjalan santai menuju masuk ke Gereja. Lalu bom meledak. Saya menduga dia dan anaknya tidak selamat dengan kondisi tubuh yang terpisah-pisah. Secara spontan terbayang oleh Saya kalau laki-laki dengan anaknya tersebut adalah Saya dan anak Saya yang sedang menuju ke Masjid.

Dalam video lain untuk TKP yang berbeda, Saya melihat tiga orang petugas polisi sedang menghentikan pengendara sepeda motor, lalu bom meledak. Ledakan tersebut berasal dari sepeda motor yang diberhentikan. Sungguh tindakkan pengecut. Biadab dan berpotensi menghasut antar pemeluk agama.

Allah Subhanallahu Wa Ta’ala berfirman,

مَنْ قَتَلَ نَفْسًا بِغَيْرِ نَفْسٍ أَوْ فَسَادٍ فِي الْأَرْضِ فَكَأَنَّمَا قَتَلَ النَّاسَ جَمِيعًا وَمَنْ أَحْيَاهَا فَكَأَنَّمَا أَحْيَا النَّاسَ جَمِيعًا

“Barangsiapa yang membunuh seorang manusia, bukan karena orang itu (membunuh) orang lain, atau bukan karena membuat kerusakan dimuka bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya. Dan barangsiapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya.” (QS. Al Maidah: 32).

Tafsiran Ayat,

Al ‘Aufi dari Ibnu ‘Abbas, ia berkata mengenai firman Allah bahwa ia telah membunuh manusia seluruhnya, maksudnya adalah,

من قتل نفسًا واحدة حرمها الله، فهو مثل من قتل الناس جميعًا

“Barangsiapa yang membunuh satu jiwa yang Allah haramkan, maka semisal dengan orang yang membunuh seluruh manusia.”

Sumber : Rumasyo.com

Jadi jelas, para pelaku bom bunuh diri ini adalah musuh kemanusiaan, musuh bersama.



Rentetan Bom

Di kota Surabaya, 13 Mei:

  • Ledakan bom di Gereja Santa Maria Tak Bercelah Ngagel terjadi pukul 7.30 WIB,
  • Disusul oleh ledakan bom di Gereja GKI, jalan Diponegoro pukul 7.35 WIB,
  • Disusul lagi oleh ledakan bom di Gereja Pantekosta, jalan Arjuna pukul 8.00 WIB.

Di kota Sidoarjo, 13 Mei:

  • Malam harinya, sekitar pukul 21.00 WIB menyusul ledakan bom di salah satu Rusunawa, Jalan Sepanjang, dekat Polsek Taman, Sidoarjo, Jawa Timur

Di kota Surabaya, 14 Mei (hari ini):

  • Ledakan bom terjadi lagi. Kali ini terjadi di Markas Kepolisian Resor Kota Besar Surabaya, sekitar pukul 8.50 WIB.
  • Setelahnya, kurang dari dua jam, Ledakan kembali terjadi radius 200 meter dari Markas Kepolisian Resor Kota Besar Surabaya, sekitar pukul 10.05 WIB.



Video





Sumber gambar: detik.com , pikiranrakyat.com , pojoksatu.id , freepik.com

Sort:  

Hi, You Just got an upvote from @steemit.medan, Keep create interesting and original content..!!!
[steemit.medan]

Screen Shot 2018-05-02 at 14.31.56.png

Coin Marketplace

STEEM 0.28
TRX 0.13
JST 0.032
BTC 60719.63
ETH 2911.16
USDT 1.00
SBD 3.59