Menjajal Moda Transportasi Massal Trans Koetaradja Banda Aceh

in #indonesia6 years ago

Trans Koetaradja di Kota Banda Aceh merupakan moda transportasi massal ber basis bus atau dikenal juga dengan istilah Bus Rapid Transit (BRT).
Saat ini di tahun 2018 merupakan tahun kedua masa layanannya sejak diluncurkan di tahun 2018 silam. Walaupun demikian saya baru dapat mencoba layanannya beberapa hari yang lalu.

image
8.20; saya keluar dari rumah menuju halte terdekat dengan tempat tinggal saya yakni halte TVRI. Halte ini masuk dalam koridor 3 (pusat kota-mata ie).
Waktu tunggu kedatangan bus belum terjadwal dengan pasti, sehingga saya tidak dapat mengatur waktu keberangkatan dari rumah menuju halte, dan saya pun terpaksa menunggu di halte dalam waktu yang lumayan lama.

image
8.40; saya telah berada di dalam bus. Hanya ada sekitar 15 orang penumpang. Tidak begitu ramai, mungkin bukan di jam puncak, dan juga mungkin koridor 3 tidak begitu tinggi penggunanya.
Selama perjalanan, saya mendapati pengemudi bus kesulitan dalam menaik dan menurunkan penumpang pada beberapa halte akibat ruang manuver bus yang terbatas atau juga akibat diserobot oleh kendaraan lain yang parkir di sekitar halte bahkan juha di depan halte.

image
(9.26); tiba di halte mesjid raya. Halte ini Merupakan halte yang lumayan padat karena melayani pergantian beberapa koridor.

image

(9.35); saya melanjutkan dengan pindah koridor dari koridor 3 menuju koridor 1.
Bus terisi oleh lebih banyak penumpang dari sebelumnya. Koridor 1 adalah koridor yang padat karena melayani banyak area yang menjadi destinasi pergerakan warga seperti perkantoran, kampus, perdagangan dan sebagainya.

(9.55); tiba di halte Sebagai destinasi saya.

Catatan penting:

  • butuh waktu 1 jam 30 menit dari tempat tinggal saya menuju tempat aktifitas saya.
    -lumayan banyak masyarakat yang manfaatkan layanan ini.
    -sebagian masyarakat yang menggunakan layanan ini masih dikarenakan tidak memiliki opsi lain, belum dikarenakan oleh kehandalan layanan seperti handal secara waktu, nyaman dan aman.
    -harus ada peningkatan layanan seperti penertiban atau sterilisasi jalur dan area halte trans koetaradja, jadwal kedatangan dan keberangkatan bus yang jelas, kebersihan halte.
    -standar layanan operasi atau SOP dari operator bus harus dipatuhi, karena saya mendapati hal-hal yang menjadi pertanyaan seperti seragam awak bus, supir yang ngebut dan cenderung ugal-ugalan, pemberitahuan nama halte yang akan disinggahi, bus yang memutar musik dengan volume yang besar dan lain-lain.

image

Sort:  

You got a 4.72% upvote from @emperorofnaps courtesy of @evitasalzano!

Want to promote your posts too? Send 0.05+ SBD or STEEM to @emperorofnaps to receive a share of a full upvote every 2.4 hours...Then go relax and take a nap!

Semoga nantinya bisa tertib dan membantu masyarakat karena tarifnya terjangkau @faluthi01

Kalau sekarang, tarifnya masih gratis. Pemerintah kota Banda Aceh masih memberikan subsidi secara penuh. Mungkin di masa yang akan datang akan dikurangi subsidinya secara bertahap.

Hallo @faluthi01, apa kabar? Artikelnya bagus ini.. telah kami resteem ke 7739 follower yah.. ;^) Segera klaim airdrop kita dari Byteball!. (Sepotong kontribusi kami sebagai witness pada komunitas Steemit bahasa Indonesia.)

Hello @faluthi01, thank you for sharing this creative work! We just stopped by to say that you've been upvoted by the @creativecrypto magazine. The Creative Crypto is all about art on the blockchain and learning from creatives like you. Looking forward to crossing paths again soon. Steem on!

Coin Marketplace

STEEM 0.28
TRX 0.12
JST 0.033
BTC 70190.79
ETH 3740.89
USDT 1.00
SBD 3.69