Wisata Lompat Batu Nias

in #indonesia6 years ago

Wisata Lompat Batu Nias

Pernah lihatkan uang yang ada gambar orang sedang melompati batu? Kira-kira seperti ini penampakannya:

uang-lompat-batu.JPG

Bagi stemian Indonesia yang lahir di tahun 90an keatas pasti masih sempat bertemu dengan uang ini.

Yang ingin saya bahas adalah ternyata batu itu memang benar ada dan orang yang melompati batu itu juga benar-benar ada dan bisa melewati batu tersebut dengan sekali lompatan, saya sudah menyaksikan secara langsung.

Waktu itu saya sedang diberi tugas dari perusahaan saya bekerja untuk mengaktifkan VSAT di daerah Gunung Sitoli Nias, tepatnya di pembangkit listrik MPP Nias. Saya berada disana selama seminggu dengan rekan dari Bandung.

Setelah kami selesai melakukan installasi VSAT, link sudah OK dan sudah bisa digunakan untuk melakukan Video Converence, kebetulan link ini akan digunakan untuk kegiatan Video Converence dengan Presiden Jokowi yang akan meresmikan 8 pembangkit listrik model MPP diseluruh Indonesia.

Menunggu konfirmasi dari perusahaan mengenai jadwal akan diadakannya kegiatan Video Converence, saya bertanya kepada salah satu security yang ada dilokasi wisata yang terkenal di daerah ini. Dan ada dua lokasi wisata yang direkomendasikan waktu itu, pertama Pantai Sorake dan kedua Lompat Batu.

Dan saya pilihlah Lompat Batu, alas an saya memeilih Lompat Batu yang pertama saya penasaran benar bisa dilompati atau tidak, yang kedua karena Lompat Batu hanya ada satu-satunya di Pulau Nias.

20170218_135554.jpg

Menempuh perjalanan kurang lebih 4 jam dari lokasi hotel kami menginap ke lokasi Lompat Batu di kampung Bawa Mata Luo, akhirnya kamipun sampai dan langsung disambut oleh guide sekaligus pelompat Batu juga.

Begitu keluar mobil kami langsung disuguhi pertanyaan:

Darimana bang?
Mau lihat kami lompati Batu bang?

Sayapun menjawab, kami dari Medan kebetulan ada pekerjaan pasang internet di Gunung Sitoli, oiya lokasi Lompat Batu ini berada di Nias Selatan di kampung Bawa Mata luo.

Kemudian saya bertanya lagi, kalau mau lihat yang lompat bayar berapa bang? Kalau sekali lompat 250rb sudah sepaket dengan foto bareng pelompat dan foto pake pakaian adat lompat batu. Akhirnya saya dealkan karena memang dari awal sudah penasaran ingin menyaksikan secara langsung lompat batu ini.

Tak lupa momen ini saya abadikan dan berikut ini video dan foto selama saya berada di lokasi Lompat Batu ini.

20170218_135244_008.jpg

20170218_135319_002.jpg

FAKTA dan hal UNIK

Selama saya disana sempat melakukan pembicaraan dengan seorang warga, saya menanyakan asal usul adanya Lompat Batu ini, karena yang saya tahu sebelumnya siapa yang bisa melompati batu itu baru boleh menikah, spontan warga tersebut tertawa.

Itu tidak betul pak, katanya singkat. Jadi yang betul gimana pak? Saya Tanya lagi semakin penasaran, jadi begini dulu di Nias Selatan ini sering terjadi perang antar kampung, dan setiap kampung banyak yang dipagari bamboo setinggi 2 meter, jadi dibuatlah batu ini sebagai ajang latihan.

Jadi pemuda yang sudah bisa melompati batu ini akan dibanggakan oleh keluarga karena dia akan ikut berperang membela kampung. Ooooooh begitu ya pak jawab saya singkat.

Kemudian mata saya tertuju pada seorang penjual jajanan seperti es krim, saya merasa aneh karena sepeda motornya di tuntun berjalan selama berkeliling dikampung Bawa mata Luo tempat Lompat batu itu berada.

Saya lansung bertanya, pak itu kretanya kok didoring ya?
Oh disini memang tidak boleh ada yang menaiki kreta pak, harus di dorong, mobilpun tidak boleh masuk ke kampung ini terkecuali sangat terpaksa, missal kalau ada yg sakit dan tidak bisa berjalan lagi jawabnya, sekali lagi saya hanya bisa menjawab oooh..

Kemudian setelah itu saya pamit ijin untuk pulang, tak lupa saya ucapkan terimakasih banyak kemudian kami menyempatkan membeli beberapa oleh-oleh khas Nias dan tak lupa berfoto ria untuk dikenang nantinya.

Ya Ahowu ucap masyarakat sekitar.

Nias Stone Jumping Tour

Ever see the money that people are drawing a stone? Approximately like this appearance:

uang-lompat-batu.JPG

For Indonesian stemian born in 90s and above must still have time to meet with this money.

What I want to discuss is that the rock is indeed there and the person who jumped over the rock also really exists and can pass through the rock with a single jump, I've watched directly.

At that time I was being given the assignment of my company to work to activate VSAT in Gunung Sitoli Nias area, precisely at power plant MPP Nias. I was there for a week with a colleague from Bandung.

After we finished installing VSAT, the link is OK and can already be used for Video Converence, this link will be used for Video Converence with President Jokowi who will inaugurate 8 MPP model power plants all over Indonesia.

Waiting for confirmation from the company regarding the schedule for the Video Converence event, I asked one of the security of the famous tourist location in this area. And there were two recommended tourist sites back then, first Sorake Beach and both Rock Jumps.

And I choose Stone Jump, the reason I choose the first Stone jump I was really curious can be skipped or not, the second because Stone Jump there is only one on Nias Island.

Traveling approximately 4 hours from the location of our hotel stay to the location Jump Stone in the village Bring Mata Luo, finally we arrived and immediately greeted by the guide as well as stone jumper too.

Once out of the car we were immediately treated to the question:

Where's the bang?
Want to see we skip Stone bang?

Sayapun replied, we from Medan happened to have internet tidal job in Gunung Sitoli, oiya location Jump Stone is located in Nias Selatan in the village Bawa Mata luo.

Then I ask again, if you want to see the jump how much bang? If one jumps 250rb has been packed with photos with jumpers and photos pake traditional stone jumping clothes. Finally I dealkan because it is from the beginning was curious to see directly jump this stone.

Do not forget this moment I capture and following the video and photos during my stay at this Stone Jump location.

FACTS and UNIQUE things

As long as I was there to have a conversation with a citizen, I asked about the origin of this Stone Jump, because I know beforehand who can jump over the stone just married, spontaneous citizens laugh.

That is not true sir, he said briefly. So what exactly is pack? I asked again more curious, so here in South Nias is often a war between villages, and every village many bamboo fenced as high as 2 meters, so made this stone as a training ground.

So the young man who can jump this rock will be proud of the family because he will go to war to defend the village. Ooooooh so yes sir reply me briefly.

Then my eyes fixed on a snack seller like ice cream, I feel strange because his motorcycle in the guided walk during the tour accommodated Bring Luo eye where the stone jump is located.

I immediately asked, the pack is the craft really didoring ya?
Oh here no one should climb the creta pack, should be pushed, mobilpun not allowed to enter this village except for very forced, for example if there is ill and can not walk again answer, again I can only answer oooh ..

Then after that I say goodbye to go home, I forgot to say thank you very much then we took the time to buy some typical souvenirs Nias and do not forget to take pictures to be remembered memia later.

Ya Ahowu said the surrounding community.

Coin Marketplace

STEEM 0.27
TRX 0.13
JST 0.032
BTC 62656.62
ETH 2941.90
USDT 1.00
SBD 3.59