[JADILAH KREATOR BUKAN PLAGIATOR] Cerita Dibalik Sebuah Lagu Hingga Bikin Pusing Pala Barbie

in #indonesia6 years ago (edited)

Hay sahabat Steemian, dimanapun anda berada, senang sekali saya bisa bersama-sama lagi dengan anda di Steemit. Malam hari ini saya bersama-sama dengan anda yang luar biasa, akan membahas mengenai "Cerita Dibalik Sebuah Lagu". Karena kita mengenal sebuah lagu dari kita sejak kecil, kita mengenal yang namanya lagu. Nah, semua itu ada pencipta-penciptanya, dan ada juga cerita-cerita dibalik lagu tersebut.


image
Source

Tidak semua komposer itu bisa memainkan alat musik. Seperti seorang Eros Jarot, (Sheila On7), itu tidak bisa memainkan, dia hanya mengarang lagu dari, ya misalnya harming. Melly Goeslow juga tidak bisa memainkannya. Dulu saya pernah punya album, dua-duanya diedarkan secara terbatas, dan diputar di radiopun terbatas, hanya diradio milik keluarga saya saja😂.

Saya ingin membetulkan sesuatu yang salah pada masyarakat, tentang yang namanya band Republik itu yang lagunya " Selimut Tetangga". Nah, saya akan membahas tentang judul lagunya Selimut Tetangga. Untuk mengingatkan, saya akan nyanyikan liriknya sedikit 🎵* Mana mungkin selimut tetangga 🎶 Hangati tubuhku dalam kedinginan 🎶 Malam-malam panjang 🎶 Setiap tidurku selalu kesepian*🎵.

Nah, saya tau, mungkin ide lagu selimut tetangga ini muncul, karena kerjanya di laundry. Tetangganya datang untuk mencuci selimut tetangganya itu. Nah, itu karena dia kerja di laundry, makanya judulnya selimut tetangga. Kalau dia kerjanya, misalnya dipos ronda, judulnya diganti "Sarungnya Tetangga" begini jadinya kalau dinyanyikan, 🎵Mana mungkin 🎶 sarungnya tetangga 🎶 Hangati tubuhku 🎶 Dalam kedinginan🎵, Itu kalau kerjanya di pos ronda.


image
Source

Berikutnya saya akan bahas mengenai lagu "Sakitnya Tuh Disini". Saya inikan kebetulan masyarakat yang mainstream, jadi saya suka lagu-lagu gini, gampang dicerna, cukup dinikmati aja, liriknya juga singkat. Apalagi menurut saya lagu ini pengaplikasiannya luas. Kalau misalnya sakit mental, atau sakit secara psikologis kan lagunya tadi, sakitnya didalam hatiku. Dan lagu ini sangat mudah dinyanyikan. Sebelumnya kata-katanya sangat populer disosial media.

Jadi begitu populer disosial media, langsung dijadiin lagu, langsung booming. Udah gitu yang nyanyiin juga uh..hu...hu...hu...seksi luar biasa (Cita-citata) ya kan ?


image
Source

Kalau nggak salah lagu sakit hati juga ada yang nyanyiin "Trio Lestari". Ya, itu lagunya tentang sakit hati juga ya ? Ini mungkin karena ada dibalik lagu sakitnya hati, atau sakitnya tuh disini, ini karena Cita-Citata ini putus💔. Nah, kalau orang putus❤ kalau misalnya mengalami putus ❤, jangan merasa kalah. Jangan seperti tentara kalah perang, jangan selalu yang namanya ❤ itu terlalu anda agung-agungkan.

Sekarang saya akan membahas lagu yang kedua, yaitu "Pusing Pala Barbie". 🎵Kemana kamu yang tampan 🎶 Bagaikan arjuna 🎶 Terbuai hatiku 🎶 Terpanah asmara 🎶 Pusing pala barbie...pala barbie....pala barbie...o...o..owww 🎶. Yapz, itu dia lagunya tadi. Ya, terkadang orang taunya musik, mulut yang berisik saja.

Kalau saya paling senang kalau membedah, isi dari sebuah lagu. Ya, karena ada pepatah dari bahasa Perancis mengenai lagu. Ini sorry ya kalau nggak ngerti, bahasa Perancis soalnya, "Munkarateh urangdanging music munker mewek irangarti lirics, artinya gini kalau kita sedang bahagia, kita akan menikmati musik, tapi kalau kita lagi sedih, kita akan menghayati lirik.

Saya tidak bisa mendapat satu hal yang baikpun dari lirik lagu "pusing pala barbie". Ini liriknya apa coba, apa yang mau diambil, nilai filosofi liriknya apa coba ? Pusing pala barbie, gitu aja diulang-ulang terus. Saya feeling ini lagu, ada lanjutannya, ini lagu belum selesai, seperti film ada sekuelnya.
Pusing pala barbie, mungkin yang pertama sekuelnya, migrain pala barbie, berikutnya vertigo pala barbie, terakhir hilang pala barbie, selesai mungkin ya ?


image
Source

Saya sih belum melihat pusing pala barbie ini dalam bentuk CD ya ?. Ini saya mau menyarankan kepada perusahaan rekaman, yang mengeluarkan lagu pusing pala barbie ini, untuk menuliskan peringatan dalam cover CDnya. mendengarkan lagu Pusing pala barbie dapat menyebabkan kebingungan, disorientasi, arah dan perasaan tidak nyaman. Karena kalau pusing berlanjut, harus segera hubungi dokter ! Karena kalau pusing berlanjut, harus segera diobati, karena lagu ini sempat menjadi polemik, banyak beredar gambar meme.

Lanjut ke lagu berikutnya, sekarang saya akan membahas mengenai lagunya almarhum Chrisye, tetapi kalau tidak salah ini komposernya Obbie Messakh, yaitu "Kisah Kasih Disekolah". Ok, saya nyanyi sedikit saja, karena lagunya ini enak menurut saya ,🎵Sungguh aneh tapi nyata 🎶 Takkan terlupa 🎶 Kisah kasih disekolah 🎶 Tiada kisah paling indah 🎶 Kisah kasih disekolah 🎶 Tiada masa paling indah 🎶 Masa-masa disekolah🎵.


image
Source

Sebelum Obbie Messakh, ini ada seniornya juga, ini adalah almarhum Rinto Harahap, juga banyak karya-karyanya, dan menghasilkan penyanyi-penyanyi yang luar biasa. Waktu itu sempat masyarakat kalau nggak salah, ada lagu-lagu, sebelum lagu cengeng. Ya, itu dulu ketika zamannya Betharia Sonatha, menteri penerangannya bapak Harmoko waktu itu.

Oke, kita balik lagi membahas tentang lagu, bicara masalah lagu Obbie Messakh, khususnya kisah kasih disekolah. Ini ada hal berkaitan dengan semut, anda tau nggak semut itu punya kemampuan yang bisa mengangkat beban 20 kali dari berat badannya sendiri, manusia yang paling kuatpun tidak sampai seperti itu. Atlet angkat berat, angkat besi juara dunia tidak pernah bisa mengangkat empat kali dari berat badannya pun sangat susah. Tapi sayangnya semut itu usianya tidak panjang, jadi semut itu usianya 45 sampai 60 hari saja, cek di google untuk info lengkapnya.


image
Source

Jadi, kalau ini tadi Obbie Messakh menciptakan lagu, berarti kalau dia sudah satu setengah bulan, atau 2 bulan berikutnya, yang ketemu dengan dia, nunggu tempat yang sama, itu pasti semutnya sudah mati, jadi faktanya gitu. Yang kedua ingin saya sampaikan, prinsipnya semua orang itu bisa menyanyi, walaupun tidak semua mau mendengar ya ? Tapi bicara masalah lagu Obbie Messakh, ini ada pertanyaan yang terkait.

Ini sebenarnya sekolah siapa ? Ternyata ini bukan sekolahnya Obbie Messakh. Nah, inikan ceritanya tentang kisah kasih disekolah, tapi dia tidak menceritakan sekolahnya sendiri. Tapi, karena disini sudah ada, ini berkaitan dengan beberapa kali, ini akhir-akhir ini kita dengar, inisial-inisial artis itu ya ? Ini sekolahnya siapa ini ? Ini adalah sekolah khusus wanita.

Jadi ini adalah sekolah wanita.
Jadi sekolah ini yang diceritakan oleh Obbie Messakh ini. Sekolah khusus wanita, dia tidak sekolah disini, dia hanya janjian dengan salah satu murid disitu. Disudut sekolahnya, dan tau nggak yang dibohongi itu guru apa ? Guru agama. Ini sebenarnya lengkapnya lagunya gini, 🎵 Mencuri waktu 🎶 berdusta pada guru....agama 🎵. Tapi karena nggak enak, karena kalau disebut agamanya, lagunya jadi tidak enak, makanya dihilangin.

Kenapa saya katakan ini sekolah perempuan ? Perempuan inikan sukanya masak ya kan ? Ini ada liriknya, 🎵 Tiada masa paling indah 🎶 Masak-masak disekolah 🎵. Jadi paling indah itu buat mereka, itu masak disekolah. Ini sekolah perempuan, mungkin yang di kecek Obbie Messakh, saya tau ini seorang artis, ni inisialnya jelas A➡Kasih, kemungkinan Aura Kasih.


image
Source

Ini coba kita simak liriknya, 🎵Tiada masa paling indah 🎶 Masa-masa disekolah 🎶 Tiada kisah paling indah 🎶 Kiss➡A kasih disekolah 🎵. Dia mencium A➡Kasih disekolah (Aura Kasih). Ini yang janjian sama dia ini Aura Kasih.

Dulu sekolah khusus, disekolah perempuan Kiss➡A Kasih disekolah. Jadi dia mencium Aura Kasih disekolah, kemungkinan Aura kan ? Nggak mungkin Anton kasih kan😁.

Padahal waktu menciptakan ini awalnya, kata-katanya Obbie Messakh tidak berpikiran seperti ini, maksudnya kata-katanya belum nemu. Dulu karena waktu ngarang itu saja punya rekamannya. Kata-katanya waktu itu belum lengkap, jadi dia nyanyinya gini, 🎵 Malu aku malu 🎶 Pada semut merah 🎵 ini liriknya sudah benar. Tapi...,🎵 Yang berbari di dinding 🎶 Menatapku dung...dung..dung 🎶 Seakan penuh dang...dang...🎶 Sedang apa dung ...ding... dang 🎶 Sedang dung..dingg..dang...jawabnya 🎵. Itu kata-kata waktu belum nemu, indikasilah sedang apa disana. Ya, seperti itulah kalau menurut saya🙊

Sekarang saya lanjutkan kembali, nah lagu yang akan saya bahas sekarang adalah lagunya "Isabella". Seperti biasa, saya nyanyikan sedikit 🎵Dia isabella 🎶 Lambang ❤ yang lara 🎶 Terpisah kerana 🎶 Adat yang berbeda 🎵, oke cukup !
Menurut saya lagu Isabella ini. Ini secara realistis, ini sebenarnya simpel.


image
Source

Lagu Isabella ini menggambarkan kisah ❤nya yang sangat singkat. Dan ini jelas, kita paham betul. Ini menunjukkan Isabella ini sebenarnya pacar siapa ? Dan seberapa lama pacarannya itu. Ini mohon ma'af ya ? Ini adalah kalau seandainya, Isabella ini masih menjalani hubungan, dia bakal jadi adek iparnya Vety Vera. Kuncinya disini, adiknya Vety Vera kan Alam (vokalisnya lagu mbah dukun). Ini saya nyanyikan liriknya lagu Isabella 🎵Alam yang terpisah 🎵. Ini artinya kan, Alam yang terpisah dengan Isabella. Coba kalau nggak terpisah, Isabella pasti jadi adik iparnya Vety Vera.

Kenapa saya bilang pacarannya singkat ? Gini penjelasannya, perhatikan lirik berikut, 🎵 Siang jadi hilang 🎵, artinya siang jadi, terus hilang, malam aja udah hilang dia, padahal siangnya baru jadi, artinya singkat sekali, ini masa pacarannya.

Tiap hembusan nafas tiap kita melangkah, memiliki kisah dan tanda masing-masing. Ada yang lupakan, ada yang tersimpan dalam bingkai-bingkai lirik syair romantis. Cerita rindu kerap terbelenggu, nyanyian dalam hati sanubari yang sendu , Ya, itulah makna dari lirik lagu. Kalau saya satukan lagu yang saya bahas tadi, juga bisa kita satukan liriknya, kira-kira seperti ini, 🎵 Bersabarlah sayang aku akan pulang 🎶 Jangan dengarkan gosip murahan tentang aku 🎶 Karena bisa pusing pala barbie 🎶 Jika kau tega permainkan ❤ku 🎶 Kau sadis mengkhianatinya 🎶 Sakitnya tuh disini 🎶 Kalau selimut tetangga mampu hangatkan tubuh pacarku 🎶 Sakitnya tuh disini...pusing pala barbie 🎶 Sungguh aneh tapi nyata bikin pusing pala barbie 🎶 Malu aku malu pada semut merah 🎶 karena bisa cuma bisa bikin pusing pala barbie 🎶 Dan dia Isabella cuma lambang ❤ yang lara 🎶 Terpisah karena adat yang berbeda 🎶 ❤ku gugur bersama daun-daun yang kekeringan 🎶 Itu juga bikin pusing pala barbie 🎵

Tapi, hay barbie ingat ❗ jauh lebih pusing dan keleyengan, kalau dengerin lagu jiplakan, begitu juga halnya dengan konten plagiat, karenanya jadilah Kreator Bukan Plagiator ❗❌

Demikianlah postingan saya malam ini, moga-moga ada manfa'at yang didapat. Sampai bertemu dilain waktu dan kesempatan, tentunya dengan cerita yang berbeda, terimakasih, salam kompak.

~Keep Writing~

image

Salam Sahabat Inspiratif

Coin Marketplace

STEEM 0.30
TRX 0.12
JST 0.034
BTC 63877.55
ETH 3143.56
USDT 1.00
SBD 3.97