Pengalaman bulan Ramadhan ketika saya masih duduk di bangku Sekolah Dasar

in #indonesia6 years ago (edited)

ibadah puasa.jpg
Design by moldera

Hallo Stemian, saya akan berbagi sedikit pengalaman saya ketika bulan Ramadhan.

Bulan Ramadhan adalah bulan yang mulia, banyak sekali umat muslim mengerjakan Ibadah semaksimal mungkin, karena bulan Ramadhan mempunyai keistimewaan dimana nilai pahala setiap kita mengerjakan suatu amalan akan dilipat gandakan oleh Allah SWT.

Sejak kecil saya sudah diajarkan oleh orangtua saya untuk berpuasa meskipun terkadang orang-orang disekitar lingkungan rumah saya menyebutnya "Puasa Iyang Iyok pagi pagi buka periuk" karena setelah sahur saya tidur kemudian matahari sudah mulai terbit dan mulai memancarkan cahayanya setelah itu saya terbangun dari tidur saya, ketika saya bangun saya langsung cuci muka dan langsung duduk di depan televisi untuk melihat kartun, dulu ketika bulan Ramadhan tahun 2000 silam sekolah saya libur satu bulan ketika bulan Ramadhan dan masuk sekolah setelah Lebaran Idul Fitri.

Asyik menonton kartun lama kelamaan perut saya mulai lapar dan saya langsung bergerak kedapur dan membuka lemari makanan. saya ingat sekali saya langsung mengambil piring plastik berwarna ungu dan langsung mengambil nasi dan sayur sisa saat sahur. ketika saya sedang makan ibu saya bangun dan melihat saya sudah duduk didepan TV sambil makan, ibu saya langsung marah dan mencubiti saya kenapa makan di bulan puasa, dengan polosnya saya langsung menjawab, " Lapar buk gak tahan" alhasil saya dimarahi oleh Ibu saya untuk tidak mengulanginya esok hari.

Siang hari seperti biasanya saya langsung keluar untuk main main bersama dengan teman teman saya, saya juga tak lupa membawa uang saku saya sekitar 100 rupiah logam yang bergambar wayang, maklum saya masih tergolong anak anak belum cukup mengerti situasi kedai ketika Ramadhan. saya waktu it suka sekali bermain di lapangan sekolah disamping rumah saya, lari lari gak jelas kesana kemari bersama teman saya. ketika panas mulai panas saya keluar dari lapangan tersebut berasama teman teman saya untuk membeli es lilin seharga 100 rupiah waktu it. ternyata kedai di sekitar rumah saya banyak yang tutup dikarenakan bulan Ramadhan dan itu saya baru paham ketika saya sudah duduk dikelas 6 SD, harap maklum namanya juga anak anak :D.

Hari sudah mulai sore saya langsung pulang kerumah, kedua orangtua saya mulai menyiapkan makanan dan minuman untuk berbuka puasa, saya mandi dan setelah selesai saya langsung duduk bersama mereka untuk berbuka meskipun saya udah tidak puasa. setelah berbuka malamnya banyak tetangga saya dan orangtua saya pergi ke mesjid untuk tarawih saya ingat nama mesjidnya " Al - Ikhlas" di Jl. Dusun II Pendidikan Klumpang Kebun lebih kurang dengan jalan kaki sekitar 20menit.

Begitulah sebagian pengalaman saya ketika saya masih duduk di bangku Sekolah Dasar pada bulan Ramadhan, kalau dicerikatan satu persatu mungkin halaman ini tidak akan cukup, heheh. sampai jumpa di postingan selanjutnya dan terimakasih untuk perhatiannya.

My Banner.jpeg

Sort:  

Nais!
Anak klumpang rupanya

Memang, setiap kita sepertinya bulan puasa itu punya kesan-kesan yang betul2 melekat.

Sama abang juga Mol. Makan sembunyi-sembunyi. Ambil sudut2 ruangan atau dibalik pintu. Siap itu bibir dikering2kan.

Sorenya tetep buka puasa. Dan itu saat masih SD. Pas SMP sama aja, bolong-bolong. Begitu SMA barualah semuanya byk perubahan. Puasa penuh dan gak merokok lagi. Lah kok tiba-tiba ada rokok. Biasa pergaulan itu punya imbas :D

Coin Marketplace

STEEM 0.26
TRX 0.13
JST 0.032
BTC 60837.81
ETH 2874.77
USDT 1.00
SBD 3.62