3 in 1 : Menyatukan hobby dan pekerjaan |Bertani|Berdagang|Steemit|

in #indonesia6 years ago

Menyatukan Hobby dan Pekerjaan untuk menghasilkan


Semoga sahabat sehat semuanya. Tulisan saya ini adalah aktifitas yang saya jadikan ide dalam tulisan saya untuk memberikan sebuah hubungan antara hobby dan satu pekerjaan dengan pekerjaan yang lain. Hobby dan pekerjaan akan positif jika dapat menghasilkan sesuatu, baik uang atau pun materi. kita harus dapat mengkalkulasi dan memperhitungkan dengan baik. Sehingga setiap aktifitas itu menjadi bermakna lebih, bukan sekedar bermakna. Terkadang kita didera oleh persoalan ketika kita harus memilih antara hobby dan pekerjaan.
Pekerjaan dan Hobby adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan, terkadang kita tidak dapat bingung ketika memilih yang utama, hooby atau pekerjaan atau sebaliknya hobby dahulu baru pekerjaan. Pilihan pertama yamng sering diambil orang. Mendahulukan pekerjaan baru menyalurkan Hobby. Tiga jenis kegiatan yang saya sebutkan diatas yaitu Steemit, bertani dan berdagang adalah tiga buah kegiatan yang saya jalani, ketiga-tiganya harus menghasilkan. Bagaimana kita mengkolaborasikannyan sehingga antara satu dengan yang lain bisa menjadi sebuah bagian. Istilah Three in one itu harus kita maknai seperti kopi yang berisi kopi, gula dan susu. ketika di dimasukkan dalam gelas, diaduk maka akan menghasilkan satu rasa baru yaitu kopi susu 3 in1. Sebuah keberhasilan itu ditentukan oleh bagaimana kita melakukan perencanaan dan mengelola sebuah kegiatan. masing-masing porsi harus kita berdayakan sesuai dengan fungsinya. Kita dapat menjadikan contoh perusahaan-perusahaan besar yang memiliki hubungan produksi antara Hulu dan Hilir.
Saya menjalani ketiga kegiatan diatas, bertani dan berdagang selanjutnya menjadi Steemian. Stemiaan adalah hobby baru bagi saya. Dalam menjalankan ketiga aktifitas ini saya mencoba menghubungkan ketiga, sehingga dapat berjalan bersamaan.

Steemit



Bagi saya Steemit adalah tempat menyalurkan hobby saya, steemit sebagai media dan menulis hobby. Menulis bagi saya adalah keharusan, karena saya juga mengajar dan membuat tulisan-tulisan ilmiah. Saya diwajibkan untuk mampu menulis. Mencari ide-ide untuk ditulis dan di publikasikan. Hadirnya steemit bagi saya adalah media untuk menyalurkan hobby. Saya menulis segalanya disini, karena bagi saya asalkan bermanfaat bagi saya sendiri sudah menjadi nilai lebih. Jika orang lain juga dapat menerima maka sebuah nilai lebih bagi saya. Terkadang dalam menulis ini kita selalu menginginkan tulisan kita harus dikatakan baik sama orang lain, maka kita akan berusaha mencari yang baik sementara standar baik itu, kita sendiri tidak tahu. Tulisan yang baik itu berasal dari niat yang baik, ide yang baik dan sesuai dengan kemampuan kita, keahlian kita serta kebisaan kita. Mamaksa diri menjadi penulis saya kira hal yang berat.
Dalam hal menulis ini saya selalu menulis temtang aktifitas yang saya jalani, saya tekuni dan sesuai dengan keahlian yang saya miliki.

Jadi menulislah dengan niat baik dan dengan ilmu, pengalaman, kebiasaan dan aktifitas yang kita miliki, maka tulisan itu akan menjadi baik

Bertani


Sebagai masyarakat aceh, orang kampung bertani adalah sebuah keharusan. Kita adalah bangsa petani. Maka saya tidak pernah malu dan merasa risih untuk menjadi petani. Saya menjalani hobby ini sejak lama. Tujuan utama adalah menyalurkan hobby dan harus menghasilkan walaupun sedikit. Kebun saya tanami lemon. Dalam gambar itu adalah buah pertama yang mulai menghasilkan. Masih sangat sedikit tetapi mulai menghasilkan nilai-nilai rupiah. Sebagai orang kecil saya hanya menanami seratus batang di dua tempat. Saya menanami lemon karena mudah tumbuh, mudah perawatan, tahan hama. Harga di nomor dua. Karena ini awalnya adalah hobby. Ketika orang lain menganggap sepele harga lemon, maka sekarang harga lemon sudah menembus 20 K per kilo. Jadi masalah fluktuasi harga itu hal yang wajar, tetapi dalam hal ini saya sudah memiliki sebuah komoditas untuk saya jual. Banyak pohon lain saya tanami seperti mangga, kelapa, sirsak tetapi semua dalam skala cukup dan bisa saya rawat.

Tanami apa saja yang menghasilkan dengan niat untuk memenuhi kebutuhan. Jika kita yakin dan telaten maka akan menghasilkan. Minimal kebutuhan hidup tercukupi.


Berdagang

Hobby ketiga adalah berdagang, ilmu berdagang saya miliki ketika saya SMA sampai masuk PT. Dari pedagang kaki lima sampai menjadi penjaga toko. berdagang ini sangat mengasikkan. Kita harus memiliki ilmu dan mental yang cukup untuk berdagang. Sekarang saya membuka usaha jualan jus di depan rumah. Dukungan istri dan keluarga membuat hobby ini bisa berjalan sempurna. Dan menghasilkan. Karena sebelum saya memulai usaha ini saya sudah mempelajari kondisi. Dagangan juice 5000 adalah hal kecil dan biasa bagi sebagian orang. Usaha kecil dan kurang menguntungkan. Tetapi pada dasarnya jika kita tekuni dengan baik, maka sebuah usaha jus bisa menghidupkan satu keluarga. itu yang saya rasakan.

berdagang adalah sebuah hobby dan pekerjaan yang menghasilkan, sekecil apapun jenis usaha akan menghasilkan jika kita lakukan dengan hobby, ilmu dan semangat


Dari ketiga kegiatan diatas, bagi saya adalah sebuah rahmat. Hasil dari kegiatan berkebun sekarang saya jadikan bahan dasar untuk jualan jus di Usaha Jualan Jus RUMOH TROE. Lemon, mangga dan kelapa adalah bahan yang sudah saya miliki. Dengan adanya jualan jus maka bahan-bahan bisa saya jadikan sebagai sumber penghasilan kami yang tidak perlu lagi kami beli. dua kali keuntungan yang di dapat. Kegiatan berjualan dan bertani yang saya lakukan sekarang saya jadikan sebagai ide-ide tulisan dan gambar di Steemit. sekaligus sebagai media promosi.

Bagi saya, steemit melengkapi kehidupan dan hobby saya. Terimakasih Steemit, Saya Bahagia


Demikian, semoga tulisan ini bermanfaat.

salam

@muhammadabi

Sort:  

You got a 16.44% Upvote and Resteem from @ebargains, as well as upvotes from our curation trail followers!

If you are looking to earn a passive no hassle return on your Steem Power, delegate your SP to @ebargains by clicking on one of the ready to delegate links:
50SP | 100SP | 250SP | 500SP | 1000SP | 5000SP | Custom Amount

You will earn 80% of the voting service's earnings based on your delegated SP's prorated share of the service's SP pool daily! That is up to 38.5% APR! You can also undelegate at anytime.

We are also a very profitable curation trail leader on https://steemauto.com/. Follow @ebargains today and earn more on curation rewards!

Congratulations, your post received 3.19% up vote form @spydo courtesy of @muhammadabi! I hope, my gratitude will help you getting more visibility.
You can also earn by making delegation. Click here to delegate to @spydo and earn 95% daily reward payout! Follow this link to know more about delegation benefits.

Coin Marketplace

STEEM 0.27
TRX 0.12
JST 0.032
BTC 61769.55
ETH 2910.04
USDT 1.00
SBD 3.64