Steemit and farmer is my hobby

in #indonesia6 years ago (edited)

Semoga sahabat sehat semuanya.

Steemit dan petani itu hobby saya.

Jika tadi siang postingan saya tentang koki..malam ini postingan tentang petani. Saya petani dan itu hobby saya. Steemit juga hobby dan kedua duanya saya jalankan berbarengan. Mudah mudahan dua dua bisa berbuah manis.



Bagi saya menjadi petani itu mendidik kita terhadap nikmat Tuhan. Usaha berbanding dengan hasil. Dan hasil tidak bisa diprediksi berdasarkan usaha. Ada kegagalan yang selalu harus kita ingat. Karena rezeki itu ada yang mengatur. Menjadi petani itu punya strategi dan cara masing-masing. Tidak bisa kita mengelola tanpa pengalaman. Teori perlu dipelajari. Penerapan sesuai kondisi. Petani itu butuh modal. Pupuk harus kita beli. Mengandalkan alam saja. Tidak bisa karena kondisi lahan juga berbeda. Petani juga butuh alat


Saya memiliki kebun yang saya tanami tanaman lada. Tidak banyak. 50 batang. Saya menganggab sebagai asset saya. Karena saya tidak bisa menjadikan steemit sebagai asset. Sbd naik turun. Tapi jika berhasil harga lada perkilo bisa tembus Rp. 200.000. Artinya sama seperti harga $SBD sebelumnya. Bagi saya steemit tetap steemit dan petani tetap petani.

Hari ini saya memberikan pupuk. Agar tanamannya cepat besar. Ini. Saya lakukan sendiri. Menjadi petani memang berat. Tetapi asik dan memghilangkan stress.
Saya hanya berharap kepada sahabat. Agar jangan terlalu asik dengan steemit sehingga melupakan jati diri. Laksanakan juga hobby kedua yang menghasilkan uang agar kita punya aset juga selain steemit.

Hujan turun malam malam ini. Pupuk sudah sya berikan tadi. Mudah mudahan tanaman saya bisa tumbuh subur.

Demikian semoga bermanfaat
Salam

@muhammadabi

Sort:  

You got a 23.93% Upvote and Resteem from @ebargains, as well as upvotes from our curation trail followers!

If you are looking to earn a passive no hassle return on your Steem Power, delegate your SP to @ebargains by clicking on one of the ready to delegate links:
50SP | 100SP | 250SP | 500SP | 1000SP | 5000SP | Custom Amount

You will earn 80% of the voting service's earnings based on your delegated SP's prorated share of the service's SP pool daily! That is up to 38.5% APR! You can also undelegate at anytime.

We are also a very profitable curation trail leader on https://steemauto.com/. Follow @ebargains today and earn more on curation rewards!

Hallo @muhammadabi, apa kabar? Tulisan yang menarik.. sudah kami upvote yaa.. (Ini bagian dari kontribusi kami sebagai witness untuk komunitas Steemit berbahasa Indonesia.)

Coin Marketplace

STEEM 0.27
TRX 0.13
JST 0.032
BTC 65122.20
ETH 2988.31
USDT 1.00
SBD 3.68