Jangan menulis karena voting, menulislah karena anda memang suka melakukannya

in #indonesia6 years ago (edited)


source image


Jangan Menulis untuk uang, Menulislah karena Anda suka melakukan sesuatu. Jika Anda menulis untuk uang, Anda tidak akan menghasilkan tulisan yang layak dibaca.

--- Ray Bradbury ---

Rekan Steemit...

Hampir semua pengguna Steemit, bekerja di sini untuk mencari uang. Saya bisa mengatakan 90% dari total pengguna platform Steemit, membuat postingan di Steemit untuk mendapatkan uang, termasuk saya sendiri. Kami menulis, memberi komentar dan memberikan suara (vote) dengan tujuan mendapatkan imbalan (reward).

Kita mencoba menulis artikel sedemikian rupa untuk menarik perhatian paus dan mendapatkan vote dari mereka. Tapi apa yang terjadi disaat tulisan kita tidak dilihat oleh mereka? Pasti menyakitkan. Kita akan merasa sangat kecewa karenanya.

Sejauh ini saya berpikir jika kita menulis hanya untuk mendapatkan perhatian paus dan para kurator saja, itu adalah pemikiran yang salah. Saya ingin mengubah pola pikir yang seperti itu, terutama pada diri saya sendiri. Saya akan terus menulis di sini meskipun paus tidak melihat atau bahkan mengabaikan tulisan saya.

Saya menulis bukan hanya untuk mereka. Saya menulis untuk diri sendiri dan untuk anda yang ingin membaca blog saya. Dengan begitu, saya tidak pernah merasa kecewa saat tulisan saya tidak mendapat vote seperti yang saya harapkan. Dan, seandainya para kurator dan paus mengapresiasi postingan saya, saya akan sangat menghargai itu. Saya akan menganggapnya sebagai imbalan karena postingan saya layak untuk dihargai.

Jadi kesimpulannya, kita tidak perlu memikirkan tulisan yang akan kita publikasikan akan mendapat perhatian paus dan mendapatkan vote dari mereka. Tugas kita di sini hanya untuk menulis dan memberikan vote pada karya orang lain yang memang layak mendapatkan vote.

Pemberian vote untuk karya orang lain menjadi penghormatan dan penghargaan bagi mereka. Bagaimana jika nilai suara saya sedikit? Tidak masalah. Berikan vote pada tulisan yang menurut anda bagus meskipun dengan pengaruh yang kecil. Ini akan sangat berharga bagi mereka, terutama untuk para pemula.

Semoga bermanfaat...


Salam Komunitas Steemit Indonesia!


@rejacole

Sort:  

Jangan terlalu memikirkan apa yang anda tulis,
tapi tulislah apa yang anda pikirkan.

---@sogata---

Ta tuleh ju pu yang mungken @sogata 😁

Saya berani mengakui "iya" pada paragraf pertama bg @rejacole.

Ternyata saya tidak sendiri 😁
Terima kasih bg @said-nuruzzaman!

😂😂😂 maaf telat balasannya bg, SBD lagi ngajak ribut..

Tp ka bereh nyan bg...
Yg penting dri pikiran droneuh, neu curah kan keunan

Yayaa... Beutoi nyan @rikiandria.
Bek hasil pikiran gop ta plagiat 😁

Mantap kawan

Terima kasih kawan! 😁

This post has received gratitude of 0.44 % from @appreciator thanks to: @rejacole.

neubantu vote lon rakan 😊

Coin Marketplace

STEEM 0.28
TRX 0.13
JST 0.032
BTC 61185.89
ETH 2933.50
USDT 1.00
SBD 3.68