Cita - cita menjadi pengusaha muslim sejati

in #indonesia6 years ago

Sebulan belakangan banyak aktivitas harian baru yang keluarga kami lakukan, hilir mudik ke sana - sini, banyak yang dilihat akhirnya banyak yang diinginkan. Tak hanya saya dan suami, anak - anak juga mulai menunjukkan ketertarikannya pada benda yang kami lihat bersama.

Sedari kecil saya dan suami menanamkan pada anak bahwa jika ingin sesuatu harus tak lupa meminta pada Allah atas rezeki dan semua yang diinginkan, lewat doa dan sholat.

image
Putri saya Alicia

Anak ku yang pertama sudah mulai mengerti jika dihadapkan pada persoalan dan menemukan solusi atas masalah yang disodorkan. Dalam percakapan panjang saya dan dengannya, saya mengingatkan untuk mendahulukan permintaan pada Allah dan kemudian berusaha misalnya dengan menabung.

Tetapi reaksi putri saya sangat diluar dugaan, ia berkata "Bunda Alicia mau bantuin ayah dan bunda untuk nabung, caranya Alicia mau buat cincin, gelang, dan kalung dari manik - manik seperti yang pernah Alicia buat, trus Alicia jual, uangnya buat bantu ayah sama bunda".

Saya terdiam sejenak, ada perasaan bangga, terharu, kagum campur aduk, putri saya yang baru berusia 6 tahun punya pikiran seperti itu. Tak lama setelah percakapan tadi saya menemukan Alicia sibuk dengan manik - manik, ia membuat aksesoris ciptaannya sendiri.

image
Bersama anak - anak dan suami

Saya bertanya padanya "Kak, memangnya kakak sudah tau mau jual harga berapa?". "Sudah bunda, kalung 5000, gelang 4000, cincin 2000 aja bunda". Lau saya bertanya "Mengapa harganya beda - beda?", ia menjawab " Iyalah beda bunda, manik - manik yang dipakai jumlahnya beda, kalau kalung lebih banyak maniknya makanya lebih mahal". Seketika itu senyuman mulai menghiasi wajah ku.

image
Berfoto setelah sholat

Saya berharap tak ada yang salah paham dalam menyikapi cara saya mendidik anak. Tak ada maksud mengeksploitasi anak berlebihan, sejatinya bahwa saya dan suami sedang mendidik mereka untuk mulai menggunakan pikiran, dan juga memupuk nilai spiritual dalam jiwanya. Kami sadar benar, menjadi pengusaha tak hanya mengingat untung rugi, tetapi keberkahan dan kelancaran dalam rezeki yang kuncinya dipegang oleh yang Maha Pemberi Rezeki tak boleh dilupakan.

Sort:  

Insya Allah berkah dan di ijabah doa nya. amin

Amin, terima kasih bang @owner99

sama-sama bu rika :)

Thanks for using eSteem!
Your post has been voted as a part of eSteem encouragement program. Keep up the good work! Install Android, iOS Mobile app or Windows, Mac, Linux Surfer app, if you haven't already!
Learn more: https://esteem.app
Join our discord: https://discord.gg/8eHupPq

Thanks esteemapp..

lame tak Berjumpa di steemit. apa kabar kak

Posted using Partiko Android

Baik dek alhamdulillah, adek apa kabar?

Coin Marketplace

STEEM 0.29
TRX 0.12
JST 0.033
BTC 62937.86
ETH 3092.40
USDT 1.00
SBD 3.87