Belajar Sukses di Steemit Lebih Mudah dengan Menjelajahi Steem Blockchain

in #indonesia6 years ago

Setiap steemian berkeingan dan bahkan berusaha untuk sukses di Steemit, termasuk saya. Tapi, untuk sukses menuju ke titik tujuan sangat ditentukan oleh penguasaan terhadap peta jalan di Steemit, yang dapat diperoleh, salah satunya dari di Steemd.com. Berikut beberapa kegunaan yang pernah saya peroleh dari Steemd.com untuk memudahkan saya dalam melakukan perjalanan di Steemit sebagai kreator konten.

IMG20180212153437.jpg

Catatan Sejarah

Dengan menggunakan Steemd.com saya bisa mengetahui bukan hanya yang bisa saya ingat saja, tapi juga mengetahui data detail kapan saya berada di Steemit. Dengan menggunakan Steemd.com saya menjadi tahu bahwa akun saya resmi tercatat pada 2017-08-02 15:37:57. Jika saya bisa, rekan-rekan juga bisa, silahkan saja dicoba sebab caranya sangat mudah. Klik link ini dan gantikan accountname dengan nama akun Anda. https://steemd.com/@accountname.

Bukan hanya soal riwayat akun, dengan Steemd.com saya juga bisa menelusuri berbagai macam informasi lainnya, sehingga saya bisa membuat catatan renungan terkait perkembangan perjalanan di Steemit ini. Bahkan, dengan menggunakan Steemd.com saya bisa bernostalgia dengan kembali ke postingan perdana, postingan minggu atau bulan pertama.

Tidak terbatas untuk mencari tahu tentang diri kita sendiri, melalui Steemd.com kita juga mengetahui riwayat perjalanan rekan-rekan Steemian lainnya. Kadang, kita ingin mengetahui bagaimana mereka di masa awal-awalnya sehingga kita bisa menarik pembelajaran dari catatan perjalanan mereka di awal mula berada di Steemit. Saya sering sekali tersenyum sendiri ketika membaca dialog-dialog beberapa teman Steemian di masa awal, di kolom komentar, termasuk melihat relasi satu dengan lainnya.

Dengan menjelajahi informasi di Steemd.com saya bisa berkesimpulan untuk diri saya sendiri bahwa tidak ada yang sempurna dalam perjalanan di Steemit ini. Hampir semua steemian yang masih bertahan, aktif, dan saya kenali baik karena berteman (saling follow) atau karena dirinya Steemian terkenal memiliki riwayat yang jika dibaca saat ini bisa membuat kita tersenyum. Barangkali hal yang sama juga akan terjadi di masa depan, ketika generasi yang lebih cerdas dengan teknologi membaca riwayat kita di Steemd.com.

Kesimpulan kedua saya adalah bahwa riwayat pikiran dan percakapan di Steemit terekam sempurna di Steem Blockchain sehingga mendorong diri sendiri untuk berusaha menjaga diri untuk menghadirkan post yang baik meski belum berkualitas sempurna, dan memberi komentar yang baik dan menahan diri agar tidak berkomentar tidak baik, agar generasi dikemudian hari tidak menilai saya sebagai pribadi yang tidak beretika dan beradab.

Catatan Financial

Melalui Steemd.com saya juga bisa mengetahui bagaimana perilaku finansial diri sendiri, dan jika Anda ingin, bisa juga mengetahui bagaiamana rekan-rekan Anda mengelola finansial mereka untuk mendapat pembelajaran sehingga bisa kita terapkan untuk diri kita guna mencapai Steemian yang Smart Financial.

Di Steemd.com saya bisa mengetahui melebihi apa yang saya ketahui di Wallet, khsususnya terkait Steem Power. Artinya, di Steemd.com saya bisa memperoleh informasi tentang Vest yang barkaitan dengan perilaku dalam membangun investasi jangka panjang di Steemit. Gambaran Vest ditentukan oleh kreasi konten, kurasi konten dan powering up atau powering down. Dengan rajin melakukan powering up maka itu dapat menciptakan keseimbangan saham di Steem Power Fund, sebaliknya jika sering melakukan powering down akan menghancurkan Vest.

Dengan memiliki data atau informasi catatan finansial itu itu saya bisa memperbaiki perilaku dalam mengelola finansial diri sendiri dan membandingkan dengan lainnya, sehingga dapat memperbaiki diri. Tentu, semua tindakan terpulang pada diri sendiri, khsusunya dalam melihat peta perkembangan mata uang kripto di marketplace dan kebutuhan di dunia nyata.

IMG20180212153404.jpg

Penutup

Banyak lagi yang bisa saya peroleh informasi yang dapat dijadikan alat pandu dalam perjalanan di Steemit ini. Hal lain yang juga penting untuk diketahui adalah informasi tentang para Whitness. Dengan mengetahui siapa saja Whitness saya bisa belajar banyak ketika postingan mereka hadir. Dengan kata lain, saya bisa langsung mendapat informasi dari "orang dalam” yang bertugas di Steem Blockchain.

Dengan memiliki banyak informasi tentu sangat membantu diri saya sendiri dalam mengenali dan memahami banyak hal di Steemit ini. Saya percaya, perjalanan tanpa peta akan sesat, cepat emosi, dan mudah menghukum orang lain dengan gampang dan sembarangan, plus mudah digiring dan dikelabui pihak lain, jika ada. Syukurnya, di Steemit ini semua orang dalam pandangan saya pada baik-baik, jika ada sesuatu yang keliru saya anggap itu sedang mencandai keadaan saja, sampai kemudian saya bisa buktikan melalui penguasaan data dan informasi di Steem Blockchain.

Selain Steemd.com ada juga sumber informasi terkait Steem Blockchain yang juga sangat berguna bahkan saling terkait, yaitu SteemDB.com. Saya ingin terus belajar terus agar memiliki cukup informasi yang bisa memandu saya dalam perjalanan meraih sukses di Steemit. Sungguh beruntung bagi teman-teman yang bisa bahasa Inggris sehingga dapat dengan lebih mudah memahami informasi yang terdapat pada Steem Blockchain, apalagi jika dibantu dengan latarbelakang programmer. Semoga ada dari Steemian yang bersedia menyediakan waktu untuk membuat postingan lebih detail namun mudah terkait Steemd.com dan Steemdb.com sehingga semakin banyak yang dapat saya peroleh dari Steem Blockchain.

Bagaimana dengan rekan-rekan Steemian yang tergabung dalam KSI, apakah sudah menjelajahi Steemd dan Steemdb? Jika sudah, kalian kerennnnnn... []

Sort:  

Saya sudah menjelahi dan sering membuka steemd itu untuk mengetahu steem power dan aktivitas detail. Namun, saya belum menangkap apa efeknya kanda terhadap akun kita? Karena selama ini saya hanya untuk mengetahui steem power aja dan aktivitas saya dan kadang penasaran denagan aktivitas kawan juga pernah saya mencoba2 liat termasuk punya kanda sndri. hehe
Salam sukses kanda

Jangan lihat-lihat saja, tapi juga dibuat catatan-catatan kecil, dan kemudian diambil pembelajaran. Tapi, mau lihat saja sudah bagus dan nanti pasti juga akan tahu

Saya belum paham sich untuk apa sebenarnya website tersebut. Sejauh ini dalam pandangan saya website tersebut hanya untuk memperlihatkan kita detail perjalanan kita. Yang paling senang saya melihat akun tersebut ketika saya bisa melihat reputasi saya dan steem power saya yang tersisa.
Mudah2an nanti juga paham sendiri. atau harus membaca tulisan kanda sekali lagi dengan teliti agar bisa mendapatkan informasi yang ingin kanda sampaikan.
Thanks kanda atas informasinya.
Semoga terus memposting postingan2 yang menambah wawasan terkait dg steemit dan juga kadangkala postingan bersifat memotivasi agar kami tak frustasi D
hehe

Tetap semangat ya @asrul.aziz
Semua yang berusaha dan senang belajar pasti lebih cepat sampai ke tujuan

Amin ya rabbal'alamin.
Terima kasih kanda :D

Untuk menjelajah di stemd.com belum bang, namun setelah dapat wawasan baru dalam postingan Abang @rismanrachman, insyaALLAH akan saya jelajahi. Terima kasih atas informasi ini Bang @rismanrachman.

Semoga sehat dan selalu dalam lindungan ALLAH S.W.T.

Mantap bang..sebuah pencerahan yang bagus

saya sering gunakan steemd untuk melihat reward dan voting power saya. voting power harus dijaga keseimbangannya. kalau habis kan seperti engkol kosong tak bertenaga hehhee.

steemdb saya blom belajar bang.

saya bisa sedikit-sedikit bahasa inggris, tapi tidak mahir di programmer. jd sama aja hehee

nice posting bang, di tungu postingan berikut

Wah, kesempatan besar untuk belajar terus. Semua pembelajaran sudah banyak tersedia di internet. Ayo @azwarrangkuti raih jalan terbaikmu.

Untuk para minnow (pemula) penting untuk melihat konsumsi Bandwith, sehingga para pemula dengan steem power rendah harus bijak, dalam membuat postingan harus memperhatikan foto atau video yg akan di posting. Saya selalu memantau penggunaan bandwith saya di steemd. Com, sehingga saya bisa menghunakan badwith dengan lebih bijak.

Kata orang cara memulihkan bandwith bisa dengan vote for witnesses. Coba saja, taxi ini baru dari info dengar2 belum saya pelajari.

Benar berarti bang @rismanrachman, setelah saya vote 30 witness saya gak pernah ada masalah lagi dengan bandwith, ini bisa jadi tip dan trick untuk pemula yg bermasalh dengan limit bandwith.

wow... informasi paling menarik yang saya dapat hari ini. Catatan ini bisa sangat membantu sekali bagi "steemian pemula" macam saya untuk berkembang di Steemit!
terima kasih atas informasinya. What a great post!

Semoga bermanfaat ya

terima kasih bg!

Semua sudah dijelajahi pak, tapi banyak yang tidak dimengerti wkwkwk

hahaha, gk ngerti tanya bang @rismanrachman LOL

sangat berguna, bagi saya pemula masih awam tentang steemit ini ...semoga secepatnya bisa paham dan semangat menambah posting-posting

Informasi yang sangat bermanfaat bagi kami yang masih baru dimedia in.,, teurimong geunaseh tgk.,,

Coin Marketplace

STEEM 0.27
TRX 0.13
JST 0.032
BTC 60986.03
ETH 2921.26
USDT 1.00
SBD 3.57