Jangan Lupakan Bengkulu (Bumi Rafflesia)

in #indonesia6 years ago (edited)

Assalamua'laikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Sahabat Steemian
bagaimana kabarmu hari ini?
Semoga kesehatan, keselamatan dan kebahagiaan selalu menyertaimu.

Memasuki 51 hari perjalanan saya menuju 'pulang' Ini adalah kisah perjalanan kami di Bumi Rafflesia dengan dua rekan perjalanan saya yaitu Jaya Gultom (27) dari Jakarta dan Haqi Tole (29) dari Lokop, Aceh Timur.

Perbatasan Provinsi Sumatera Selatan (Lubuklinggau) dan provinsi Bengkulu (Rejang Lebong)

Pintu gerbang dengan bertuliskan kata-kata selamat datang di bumi Rafflesia adalah ciri Khas perjalanan kami di setiap kota maupun Perbatasan Provinsi yang wajib untuk kami singgahi sekedar melepas lelah dan berfoto.

Provinsi Bengkulu adalah satu dari tiga provinsi di Indonesia yang ibukotanya bernama sama dengan nama provinsinya, seperti Jambi dan Gorontalo

Provinsi yang terletak di Barat daya Pulau Sumatera dimana terdapat tempat di asingkannya sang proklamator di bumi Rafflesia pada tahun 1938 hingga 1942, dan juga merupakan tanah kelahiran istri Bung Karno sekaligus penjahit sang Saka Merah Putih.

Potensi wisata Bengkulu selama ini masih kurang digarap oleh pemerintah setempat, padahal Bengkulu memiliki berbagai objek wisata yang berpotensi menjadi destinasi wisata sejarah, seperti: Rumah pengasingan Bung Karno - Rumah Ibu Fatmawati - Benteng marlborough dan lain - lain
Jika sobat Pecinta sejarah, sangat pas bila sobat mengunjungi bumi Rafflesia ini.

Dari perjalanan kami di Kabupaten Rejang Lebong kami melanjutkan perjalanan menuju Bumi Sehasen.

kapahiang kota kami tersayang
Kapahiang selalu terbayang - bayang

Sebagai Kabupaten pemekaran, kapahiang sudah membuktikan diri mampu membangun daerahnya.
Kabupaten kapahiang resmi berdiri sendiri pada 7 januari 2004 setelah sebelumnya tergabung dengan Kabupaten Rejang Lebong, diusianya yang masih sangat muda Kabupaten kapahiang berhasil menunjukkan disemua bidang dan keberhasilan ini juga tak lepas dari dukungan masyarakat serta kepiawan dari sang bupati.

Ketika kami pertama kali tiba di kota bengkulu Sepanjang mata memandang kami menjumpai berbagai macam bentuk simbol bunga Rafflesia,
Kenapa iya?? Iya, Bunga Rafflesia adalah ikon kebanggaan masyarakat Bengkulu.
Untuk dapat melihat bunga ini secara langsung, sobat harus merencanakan dengan baik masa liburannya untuk Mengunjungi Bengkulu ini. meningat masa mekar bunga ini tergolong singkat, sekitar seminggu gitu la dan masa perkembangannya yang terhitung cukup lama sekitar sembilan bulan.
Tetapi Sangat disayangkan ketika kami tiba di Kabupaten Bengkulu Tengah disore hari, Bunga yang merupakan salah satu keajaiban alam Indonesia dan disebut bunga terbesar didunia itu tidak mekar.

banyak hal yang benar-benar bikin saya ingin kembali lagi untuk melihat langsung Bunga Rafflesia yang ada di bengkulu.

Memasuki kota Karang tinggi Kabupaten Bengkulu Tengah, perjalanan kami hantikan di batas kota.
Iya seperti ciri Khas Sebuah perjalanan kami adalah melepas lelah dan berfoto.

Lokasi berikutnya ketika kami telah melepas lelah dan Bermalam di kota bengkulu, keesokan harinya bersama dengan para penikmat debu jalanan kami mengunjungi Salah Satu cagar budaya Andalan yang dimiliki provinsi Bengkulu.

Benteng Marlborough

Sebelumnya saya tidak pernah tahu kalau Bengkulu pernah di Jajah oleh inggris.

Fort Marlborough adalah Bukti Peninggalan Inggris di bumi Rafflesia

Dimasa itu Berbagai catatan sejarah pernah terjadi di Fort Marlborough (Benteng Marlborough).
Menurut Penjelasan dari pihak penjaga Benteng Marlborough adalah Benteng terbesar dan terkuat yang ada di bengkulu, semasa penjajahan bangsa inggris yang dibangun oleh East India Company

Lokasi Benteng Marlborough cukup mudah untuk diakses, karena terletak dijantung Kota Bengkulu dan berdekatan dengan Tugu pers.

Bila sobat ingin mengunjungi Cagar Budaya andalan yang dilindungi oleh Undang - Undang, Sobat bisa mengikuti Alamat ini:
Jln. Ahmad Yani, Kota bengkulu

Nantikan kisah perjalanan kami di Bumi Rafflesia esok hari dengan tema "Empat pemuda Merajut Nusantara" bersama Poltak dan rekan-rekan Bikers Bengkulu
diantaranya :

1. Wisata sejarah (Rumah pengasingan Bung Karno)
  2. Merajut bendera Merah Putih (Rumah Ibu Fatmawati)
  3. Wisata Pantai Panjang

Sekian cerita dan informasi dari saya.
Terimakasih sudah membaca dan mengunjungi blog saya, penulis yang baik karena ia menjadi pembaca yang baik.
jangan lupa kritik dan saran di kolom komentar

Touring adalah ibadah bagi para bikers yang pecinta aspal dan persaudaraan