Euforia Ketika Sebuah Tugas Selesai

in #indonesia5 years ago

image

Sumber

Saya tak bisa menggambarkan betapa riang dan gembira hati saat ini. Setelah setahun lebih mengerjakan riset yang cukup rumit, akhirnya tanda-tanda riset ini akan kelar mulai terlihat. Siang tadi, semua data yang selama ini melalui proses pengolahan yang panjang akhirnya siap.

Jika tak ada aral melintang, maka sebelum berganti kalender riset tersebut siap dipresentasikan pada acara temu budaya yang akan digelar pada sekolah pascasarjana Universitas Sumatera Utara, Medan medio bulan ini. Ini berarti tugas saya yang sangat panjang itu selesai.


image

Sumber

Saya sangat senang atas hasil ini. Setidaknya ada beberapa alasan. Pertama, tanpa diduga saya bisa menyelesaikan riset ini, padahal ini adalah riset pertama saya pasca meraih gelar sarjana. Kedua, ini adalah riset yang semestinya digarap oleh mahasiswa master atau doktor, tetapi karena terus dibimbing dan belajar siang malam, saya yang lulusan S1 bisa juga menggarap riset ini.

Dulu, ketika menerima tawaran ini, jujur saja, saya kira risetnya cukup mudah dan tidak memakan waktu lama. Saat itu saya kira paling lama tugas ini akan siap dalam lima bulan. Ternyata setelah melihat kondisi di lapangan dan juga mental, tugas ini pun mengaret dan baru siap setelah setahun lebih puluhan hari.


image

Sumber

Memang risetnya tak melulu melewati momen tegang dan serius seperti diskusi, sesekali ada juga jalan-jalan untuk menginput data di tempat-tempat indah dan baru pertama kali saya singgahi. Tetapi tetap saja hal tersebut tak mengurangi pikiran saya tentang tanggungjawab akan tugas ini.

Inilah yang membuat pikiran dan fokus saya terkuras betul selama mengerjakan tugas ini. Bukan tanpa sebab, karena bagi saya, ketika seseorang diberikan kepercayaan dan tanggungjawab, maka wajib baginya membayar lunas semua kepercayaan dan tanggungjawab itu. Jika tidak, maka tak ada lagi kesempatan yang akan mendatangi kita.

Setelah tugas ini selesai, antara bulan Februari - April saya akan pulang ke Aceh dan menjalani hidup normal seperti sebelum tugas ini ada. Tentu saja hati ini senang dan terus berbenah agar tugas-tugas selanjutnya bisa segera terselesaikan. Karena kebahagiaan atau euforia yang datang setelah tugas selesai dikerjakan jauh lebih Indah dab berwarna daripada kembang api pada pergantian tahun. Begitulah...


image

Regards

@samymubarraq

Sort:  

@autovoters & @fuerza-hispana supporting your good content :)

logoautovoters.jpg

Thanks for using eSteem!
Your post has been voted as a part of eSteem encouragement program. Keep up the good work! Install Android, iOS Mobile app or Windows, Mac, Linux Surfer app, if you haven't already!
Learn more: https://esteem.app
Join our discord: https://discord.gg/8eHupPq

Coin Marketplace

STEEM 0.28
TRX 0.13
JST 0.033
BTC 62121.36
ETH 3004.20
USDT 1.00
SBD 3.71