Keunong Peungeut

in #indonesia6 years ago

Selamat siang sahabat steemian

Kemarin tanpa sengaja saya menemukan sebuah buku tua.Entah buku siapa yang pasti bukan buku saya. Awalnya mau saya mau membuangnya karena melihat gambar yang menyeramkan dicovernya tetapi setelah saya melihat judul bukunya saya jadi tertarik untuk membacanya. Judul bukunya "Keunong Peungueuet " kalau dalam bahasa indonesia artinya Kena Tipu.

image

Setelah saya baca beberapa halaman, kata - kata didalam buku ini seperti nya tidak asing dan pernah saya dengar. Benar saja setelah saya searching buku ini memang berisi lagu - lagu aceh dan saya juga pernah mendengar lagunya dinyanyikan. Dan pengarang nya juga merupakan salah satu seniman Aceh.

image

Dulu sepertinya saya sering bersenandung lagu Keuneng Tipe, tapi saya sudah lupa - lupa ingat sich karena sudah lama.
image
image
image
image

Dari bahasa - bahasa yang digunakan saya melihat syair - syair lagunya banyak mengandung nasehat - nasehat dan petuah untuk para generasi muda islam. Mungkin bisa dikatakan juga pengarangnya bermaksud untuk berdakwah melalui lagu- lagu.

Have a nice day
Regards
@sitimaghfirah

Sort:  

Media Huss adalah salah satu penyair yang sangat terkenal di Aceh, beliau punya program bersyair di TV Aceh sejak bbrp tahun lalu. Beliau juga sering tampil di berbagai acara untuk bernazam, bersyair dan berhikayat juga.

Luar biasa bila masih bisa memiliki buku tersebut karena tidak mudah mendapatkannya sekarang. Semoga ada pihak2 berkompeten yg mau merestorasi buku itu hingga layak dibaca di sekolah2

Iya saya juga sempat searching2 mngenai medya huss. Alhamdulillah saya masih bisa memiliki buku tersebut. Semoga syair - syair yang penuh nasehat seperti yang tertuang dalam bukunya medya huss bisa dilestarikan dan tidak hilang oleh arus modernisasi

Coin Marketplace

STEEM 0.28
TRX 0.13
JST 0.032
BTC 60725.43
ETH 2900.91
USDT 1.00
SBD 3.59