Penanganan Untuk Luka Melepuh Pada Anak

in #indonesia6 years ago

Hi steemians,

Dua bulan lalu ketika sedang berlibur ke Kota Pahlawan, anak saya terkena uap panas dari rice cooker. Karena panik saya dengan bodohnya malah kasih pasta gigi. Saat awal kulit si kecil tidak terlihat melepuh. Setelah beberapa saat mulai muncul lepuhan dengan cairan di dalamnya. Saya pun menggunakan aplikasi halodoc untuk berkonsultasi pada spesialis anak dan diberikan resep bioplacenton, yang untungnya adik saya punya salep tersebut di kotak P3K nya.


Seminggu berlalu saya pikir sudah mengering dan mau sembuh, pas saat itu kebetulan saya memang ada jadwal mengunjungi dokter anak untuk imunisasi Hill. Di ruangan dokter pun menanyakan sebab dan kronologis luka di lengan Hill dan di akhir pembicaraan dokter memberikan saya rujukan untuk ke bagian wound care karena ternyata luka si kecil ada tanda-tanda terinfeksi, apalagi dengan posisi luka mengenai pergelangan tangan yang terus bergerak sehingga menyebabkan sulit kering.

Di wound care, suster menyiram tangan anak saya dengan air steril untuk mengangkat luka yang terlihat mengering namun dalamnya ternyata masih basah dan mengeluarkan darah. Suster pun menempelkan plester di tangan anak saya untuk menutup lukanya dan saat itu saya berpikir dalam hati, "lah kok malah lukanya ditutup, mana bisa kering." Ternyata plester tersebut ada obatnya dan tidak lepas bila terkena air. Warnanya pun menyerupai warna kulit (dapat dilihat foto di bawah ini tidak terlihat tangan Hill memakai plester). Oh iya untuk plesternya sendiri namanya DuoDERM.

20180504_155920.jpg

Setelah seminggu sejak pemakaian lukanya sudah kering total. Ini penampakkannya:
20180508_171831.jpg

Rasa cemas berikutnya adalah kalau bekasnya gak hilang, setiap hari saya oleskan baby cream dari sebamed dan puji Tuhan sudah memudar bekas luka tersebut.
20180610_120739.jpg

Sort:  

Try mixing organic coconut oil with baking soda. It will help clear up that scar. Feel better and best wishes!!

Thank you dear for the nice information, i'll try it :)

semoga tidak berbekas dan sikecil tetap ceria....

Terima kasih kak :)

Coin Marketplace

STEEM 0.28
TRX 0.12
JST 0.033
BTC 69942.87
ETH 3793.57
USDT 1.00
SBD 3.73