Cerita hikayat Aceh

in #kehidupan6 years ago (edited)

Suara itu terus berbunyi, muncul dari dalam sebuah gubuk reot disisi hamparan sawah desa. Lamunan saya bertambah dihantui dengan rasa penasaran.

Saya mencoba mendekat kearah gubuk reot tersebut. Suaranya semakin mengeras dan berserak-serak putus. Pasti yang melantunkan hikayat didalam sana seseorang yang telah lanjut usia (lansia), "Gumam saya dalam hati.

Dalam dendangan didongnya tersebut, si bapak tua itu terus melantun sebuah petuah-petuah Maja dari "Gunoeng Goh". Spontan, langkah kaki saya terhenti. Sejenak, suara tersebut menjalar ditelinga saya.

"Hokoem Bak Raja Rakyat han seunang Seuwenang-wenang Reusam han Adee Peutuah Nektu meutan soe paban Kabeh teu abai Laot deungon glee".

Hikayat jameun
image

Coin Marketplace

STEEM 0.28
TRX 0.13
JST 0.032
BTC 60947.53
ETH 2913.40
USDT 1.00
SBD 3.56