Tiga Pelajaran Berharga yang Saya Dapat dari Kelas Belajar ISOC

in #ksi6 years ago (edited)

Menjadi seorang steemian adalah hal baru bagi saya. Bergabung pada Juni 2018, namun masih tertatih-tatih di dunia steemit. Beruntung saya bergabung dengan ISOC (Indonesian Steemit Online Community) besutan Kak @alaikaabdullah.

Di ISOC kami bisa saling bersilaturahmi dan belajar bersama tentang dunia steemit. Ada kelas rutin yang kami sepakati setiap hari minggu jam 20.00 wib. Kelas belajar dilakukan di Discord. Wah jujur, awalnya saya agak kesulitan menggunakan Discord. Beruntung teman-teman ISOC lainnya saling membantu memberi petunjuk, hingga saya bisa akses Diacord. Terimakasih banyak semuanya.

Mendengar suara Kak @alaikaabdullah via Discord merdu nian. Bikin semangat belajarnya. Belajar via Discord juga lebih interaktif. Bisa langaung tanya jawab.

Screenshot_20181112-205443_1.jpg
sumber gambar : WAG ISOG

Kelas perdana kemarin yang saya ikuti, memberikan saya tiga pelajaran yang berharga. Bahwa agar bisa menjadi seorang steemian yang sukses, kita harus memperhatikan tiga hal berikut :

💠 Mindset

Ketika memutuskan untuk menjadi seorang steemian, tentukan dulu mindset kita. Apa tujuan awal kita bergabung dengan Steemit? Pastikan diniatkan dengan menyebarkan hal-hal yang positif. Bukan sekadar mengejar dollar dan upvote saja. Bila konten yang kita buat selalu positif dan berkualitas, pastinya dollar dan upvotw akan datang dengan sendirinya.

💠 Blogwaking

Sebagai seorang blogger, kita pasti paham bahwa blogwalking adalah sarana untuk menjalin silaturahmi. Bagi saya blogwalking bisa jadi tambang ide. Tulisan orang biasanya bisa menjadi sumber inspirasi. Dengan memberikan komen-komen positif di setiap blog yang kita kunjungi, itu menjadi salah satu cara membangun reputasi blog kita.

Begitu juga di steemit. Pastikan menjalin silaturahmi dengan Steemian lainnya. Saling memberi komentar positif. Bergabung di berbagai komunitas Steemit, jadi salah satu cara menaikkan reputasi kita sebagai Steemian. Pastikan tidak sekadar share link saja, namun saling berinteraksi.

💠 Content is King

Sebagaimana menulis di blog, menulis di Steemit juga bergantung pada konten. Tulislah konten dengan tema-tema yang sedang tranding. Ada tiga tema utama yang seringkali jadi tranding, yaitu Steem, Travelling dan Life. Perbanyak menulis dengan tema-tema tranding, maka reputasi kita di Steemit semakin meningkat.

Nah itu tadi tiga pelajaran berharga yang saya dapat dari kelas belajar ISOC. Sekarang waktunya mengaplikasikan materi. Lebih berusaha dan konsisten menulis di Steemit. Semoga bisa!

Sort:  

Semenjak ikut ISOC, banyak banget ilmu yang aku dapet dari mereka yang disana Kak. Terutama dari Mbakk @Alaikaabdullah
Bersyukur saya bisa bergabung di komunitas yang positif seperti ISOC ini. 😉

Semoga kita bisa terus saling belajar dan berbagi inspirasi melalui ISOC ya, Kak. Trims! 💖💕

Coin Marketplace

STEEM 0.28
TRX 0.12
JST 0.033
BTC 70893.40
ETH 3659.70
USDT 1.00
SBD 3.76