Impian untuk Lanjut Studi ke Jepang

in #ksi6 years ago (edited)

Halo steemian. Tetap semangat dalam berpuasa ya, tentunya bagi teman-teman steemian yang sedang menjalankan. Ini adalah artikel ke-2 saya yang saya harapkan dapat bermanfaat untuk saya sendiri dan masyarakat luas tentunya.


Sumber

Pada kesempatan kali ini temanya adalah lanjut studi ke Jepang. Walaupun pada saat tulisan ini dibuat konteksnya masih dalam "impian", namun saya yakin informasi ini penting untuk saya bagikan karena beberapa faktor. Pertanyaan klise yang mungkin hadir adalah kenapa harus Jepang? Kenapa tidak Amerika, Australia, Inggris atau bahkan Indonesia saja? Saya akan jawab pertanyaan ini per-point sesuai dengan informasi yang sudah saya dapatkan sebelumnya. Jadi saya harap teman-teman steemian tetap sabar membaca hingga selesai ya. 

Jepang adalah negara yang unik bagi saya. Hal itu bisa kita lihat dari berbagai sudut pandang seperti:
  • Sejarahnya yang penuh dengan perang, gempa bumi, kebakaran, tsunami, badai, kegagalan panen dan epidemi. Ditempa dengan banyaknya persoalan yang ada menjadikan Jepang negara yang tangguh dan berwibawa.
  • Jepang adalah negara yang penuh dengan teknologi. Ilmuan Jepang seperti tidak ada habisnya dalam menciptakan teknologi. Dimulai dari kereta listrik super cepat sampai dengan robot yang sudah layaknya seperti manusia.
  • Tetap menjaga budaya luhur seperti pakaian daerah yang masih mereka gunakan dengan rasa bangga. Bahkan ada hari-hari di mana masyarakat wajib mengenakan pakaian tersebut.
  • Mampu sejajar dengan negara-negara adidaya seperti Amerika, Inggris, Perancis, Rusia dan Tiongkok.

Tetapi dari itu semua hal di atas yang membuat saya takjub adalah momen di saat Jepang benar-benar terpuruk dengan hancurnya Nagasaki dan Hiroshima, kemudian Kaisar Hirohito mengumpulkan semua jenderal yang masih hidup dan bertanya "Berapa jumlah guru yang tersisa?". Sebuah momen dimana Kaisar Hirohito seolah paham dan menyadari akan kekalahannya pada masa itu. 

Pertanyaan yang belum saya jawab adalah mengapa Jepang? Jawaban dari pertanyaan ini akan saya jawab sebagai berikut:
  1. Jepang adalah negara yang sangat pesat di dunia sains, teknologi dan teknik. Sebagai seseorang yang menekuni dunia teknologi informasi, saya berpendapat bahwa jepang adalah destinasi yang tepat bagi saya untuk menimba ilmu sedalam-dalamnya.
  2. Kebudayaan Jepang yang menarik. Disiplin dalam bekerja, loyal terhadap instansi dan memiliki rasa malu yang tinggi jika berbuat curang adalah budaya yang sangat ingin saya dapatkan dan terapkan bagi saya sendiri. 
  3. Masih dalam kawasan Asia. Jarak juga menjadi pertimbangan yang kuat untuk saya, karena disamping sekolah kita juga tetap harus memantau keluarga.
  4. Adanya kesempatan. Walaupun terletak di point yang ke 4. Saya setuju ini adalah salah satu point penting untuk seseorang memutuskan untuk merantau jauh ke negeri seberang. Alhamdulillah karena izin Allah saya berkesempatan untuk menjadi salah satu perwakilan Universitas untuk dapat mempresentasikan proposal disertasi saya.
  5. Syarat yang tidak terlalu berat untuk didapatkan. Hal yang menjadi kendala pada sebagian calon peserta yang ingin lanjut studi ke luar negeri adalah skor TOEFL /IELTS yang tinggi. dan Alhamdulillah itu tidak berlaku untuk Jepang. Keseimpulannya, kuliah di Jepang tidak diminta sertifikat TOEFL / IELTS.
  6. Banyaknya Universitas di Jepang yang menggratiskan SPP atau uang kuliahnya. Point yang terakhir adalah point yang sangat penting. Karena banyak teman-teman kita yang tidak lanjut kuliah karena tidak adanya biaya untuk itu. 

Demikianlah tulisan singkat saya  terkait dengan lanjut studi di Jepang. Walaupun masih dalam konteks "impian". Mohon do'a dari teman-teman steemian semua semoga kita semua dimudahkan dalam meraih cita-cita. 


Sort:  

Congratulations @defryhamdhana! You have completed some achievement on Steemit and have been rewarded with new badge(s) :

Award for the number of comments

Click on the badge to view your Board of Honor.
If you no longer want to receive notifications, reply to this comment with the word STOP

To support your work, I also upvoted your post!

Do you like SteemitBoard's project? Then Vote for its witness and get one more award!

Congratulations @defryhamdhana! You have completed some achievement on Steemit and have been rewarded with new badge(s) :

Award for the number of upvotes

Click on the badge to view your Board of Honor.
If you no longer want to receive notifications, reply to this comment with the word STOP

Do you like SteemitBoard's project? Then Vote for its witness and get one more award!

@defryhamdhana, thank you for supporting @steemitboard as a witness.

Here is a small present to show our gratitude
Click on the badge to view your Board of Honor.

Once again, thanks for your support!

Congratulations @defryhamdhana! You have completed some achievement on Steemit and have been rewarded with new badge(s) :

You got your First payout

Click on the badge to view your Board of Honor.
If you no longer want to receive notifications, reply to this comment with the word STOP

Do not miss the last post from @steemitboard!


Participate in the SteemitBoard World Cup Contest!
Collect World Cup badges and win free SBD
Support the Gold Sponsors of the contest: @good-karma and @lukestokes


You can upvote this notification to to help all Steemit users. Learn why here!

Coin Marketplace

STEEM 0.27
TRX 0.13
JST 0.032
BTC 62780.02
ETH 2945.54
USDT 1.00
SBD 3.62