Jalanku Masih Panjang

in #life6 years ago

image


Selamat sore senior-senior sekalian, mudah-mudahan dalam keadaan sehat wal afiat dan dapat menjalani aktifitas sehari -hari dengan baik.

Sore ini saya akan sedikit bermuhasabah tentang perjalanan pendidikan saya di pesantren ini yang intinya, perjalanan itu masih sangat panjang.


image


Baru saja saya akan menghabiskan tahun kedua ini dengan seabrek ujian. Baik ujian lisan maupun ujian tulisan. Kepala saya hampir pecah mempelajari dua puluh lebih mata pelajaran yang harus saya kuasai. Baik pelajaran umum, maupun pelajaran pondok.


image


Meskipun demikian, saya tak boleh menyerah. Banyak orang-orang di belakang saya yang berharap keberhalan saya di sini. Apakah itu orang tua saya ataupun saudara-saudara saya.


image


Ada pepatah Arab yang sangat familiar bagi kami anak pesantren yang berbunyi :"Man Jadda Wajada" yang artinya; "Siapa yang bersungguh-sungguh, dia akan berhasil". Itulah kata-kata bijak yang menjadi spirit belajar saya.


image


Cukup sekian dulu teman-teman, lain kali kita sambung kembali. Saya tak bisa berlama-lama karena orang tua saya hendak pulang. Nice to see you...

Sort:  

Awesome post!! Keep it up and check out THIS POST as well as I have something similar.

Great post i am like u post i am @sameershaikh good and great post

Coin Marketplace

STEEM 0.26
TRX 0.13
JST 0.032
BTC 61133.31
ETH 2887.29
USDT 1.00
SBD 3.64