Siklus Akuntansi / Accounting cycle

in #life6 years ago

Hai sahabat steemit, saya adalah mahasiswa di universitas malikussaleh bidang profesi yang saya ambil adalah Akuntansi. sekarang saya berada di tingkat semester 6, kini postingan saya mengenai bidang profesi yang saya jalani sendiri yaitu Akuntansi. Sebagaimana sebelumnya saya belum pernah mempperkenalkan bidang profesi saya sendiri, kini saya akan memberi tips sedikit untuk kawan-kawan, bagaimana cara mekanismenya siklus akuntansi ini sendiri.

Kemungkinan kawan-kawan penasaran dengan profesi yang saya geluti saat ini, banyak kawan saya maupun orang lain mengatakan bahwa Akuntansi ini sulit, sedikit ingin saya sampaikan bahwa saya juga dulunya merasakan apa yang seperti kawan rasakan dengan profesi Akuntansi ini. Dulu nya saya tidak paham dengan pelajaran ini, sampai saya resah dengan akuntansi ini. Dan pada suatu saat saya mengerti dan paham pelajaran akuntansi, jadi tulisan ini saya membagi beberapa tips untuk kawan-kawan agar mengerti mengenai akuntansi itu sendiri, Pada dasarnya materi akuntansi itu sendiri mempelajari tentang pertanggung jawaban, sebagaimana yang kita pahami rumus persamaan dasar akuntansi yaitu :

HARTA = HUTANG + MODAL

tabel persamaan dasar akuntansi 3.PNG

HARTA = harta yang dimiliki perusahaan yang bersumber dari ekonomi

HUTANG = kewajiban yang menjadi beban perusahaan

MODAL = hak atau klaim pemilik atas perusahaan

Untuk mengenai seperti contoh Perusahaan gambar diatas ataupun rumus persamaan akuntansi, dari manakah Perusahaan tersebut mendapatkan harta atau Aset ?. Biasanya awal periode perusahaan membuka usahanya untuk ia memiliki Aset (harta) tersbut dari sebuah modalnya sendiri atau hutang dari bank maupun orang lain. Itulah mengapa disebut Harta = Hutang + Modal.

Kita tidak perlu repot-repot untuk belajar Akuntansi tersebut yang terpenting adalah kita harus paham dan mengerti apa itu persamaan akuntansi, pahami dulu persamaan Akuntansi ini, pahami dengan sungguh-sunggu jika masih juga belum paham tanyakan dulu kepada orang yang sudah mengerti. Kemudian baru kita bisa melanjutkan materi siklus Akuntansi, ada bebrapa proses siklus Akuntansi tersebut, yaitu menjurnal, buku besar, neraca saldo, jurnal penyesuaian dll.

Definisi-Siklus-Akuntansi-Adalah-02-Finansialku.jpg

Biasanya dalam proses siklus akuntansi ada beberapa proses yaitu Output dan Input.

Output Data

berdasarkan materi di Akuntansi ada bebrapa proses input data, dan kebetulan saya telah meneliti beberapa kasus contoh Perushaaan Dagang dan mendapatkan data transaksi penjualannya.

bukti Transaksi :
IMG_20171030_192350.jpg

Input Data

Jurnal Umum

Setelah bukti transaksi sudah ada selanjutya kita akan menjurnal transaksi tersebut, namanya Jurnal Umum. Proses jurnal umum inilah yang kita sebut Input data, seperti yang kita lihat di siklus Akuntansi (Jurnal Umum).

Contoh Jurnal Umum :

Buku Besar

Didalam buku besar itu sendiri berbeda dengan jurnal umum, bukun besar adalah dimana semua akun-akun kita pisahkan menjadi kolom yang terpisah.

contoh buku besar :

Neraca Saldo

Laporan Keuangan

Didalam laporan Keuangan Terdapat beberapa laporan yang dilampirkan seperti :

  • Laporan Neraca
  • Laporan Laba/ Rugi
  • Laporan Perubahan Ekuitas
  • Laporan Arus kas
  • Laporan Keuangan

Contoh Laporan Neraca :

Contoh Laporan Laba/ Rugi :

Contoh Laporan Perubahan Ekuitas :

Contoh Laporan Arus Kas :

Sampai disini saja pertemuan kita hari ini kawan-kawan semoga bermanfaat bagi kawan-kawan, dan jangan bingun lagi dengan namanya pelajaran akuntansi. Jika masih ada yang kurang mengerti boleh dipertanyakan atau komen di bawah ini, semoga kita selalu istiqamah dalam kehidupan maupun ilmu kita, karena ilmu sangatlah penting bagi kita hidup tanpa ilmu tidak berarti. yang saya maksud itiqamah dalam ilmu adalah agar kita tidak lupa dan tidak mau tahu terhadap apa yang sudah kita pelajari. Barangkali kita sering lupa mengenai ilmu yang sudah kita pelajari, untuk selalu ingat maka jaganlah kita luapakan pelajaran itu, buatlah hidup kita tiada hari tanpa ilmu, semakin tinggi ilmu kita samakin tunduk pula kita kepada orang lain. Janganlah kita menampakkan bahwa kita pintar didepan orang lain.

sekian trimakasih kawan-kawan sudah mau membaca postingan saya.

Sort:  

artikel seorang anak akutansi luar biasa, angka semua 🤣🤣🤣 kalau saya sudah menyerah

Wkwkwk , belajar dari postingan saya aja bg @haryanis

Saya rasa kalo kita serius belajar asti bisa. Saya pernah sedikit belajar dulu di SMK, sekarang udah lupa juga hehe

belajar kembali kak hehehheeh

Coin Marketplace

STEEM 0.24
TRX 0.12
JST 0.030
BTC 69346.64
ETH 3676.67
USDT 1.00
SBD 3.21