Haruskah Merayakan Valentine ?

in #life5 years ago

Hay, sahabat steemian ! Di manapun anda berada, bagaimana kabar anda hari ini, saya berharap semua dalam keadaan baik-baik saja tanpa kurang satu apapun. Senang sekali bisa bersama-sama dengan anda di kesempatan hari ini, sekarang saya akan membicarakan sebuah topik yang menjadi polemik bahasan seluruh dunia, yaitu pro dan kontra mengenai hari memperingati valentine Day, atau hari kasih sayang, yang biasa di rayakan pada tanggal 14 Februari.
![image]()
[Source](gunungkidul.sorot.co/berita-95612-valentine-day-itu-bukan-ajang-pemenuhan-nafsu.html)

Nah, bagaimana yang namanya valentine, setiap tanggal 14 Februari di rayakan, tetapi apakah ini sesuai dengan budaya Indonesia ? Saya termasuk salah satu yang anti dengan valentine. Alasanya gini, coba bayangkan, seorang Santos Valentinus, hanya menikahkan satu pasangan, namanya di abadikan setiap tanggal 14 Februari. Tetangga saya H. Syamsuri, sudah nikahin berpuluh-puluh orang, sampai sekarang nggak ada hari Syamsuri Day, inikan nggak adil.

Nah, kemudian terkait tentang perayaan Valentine ini ya, Apa Him, pernah mengatakan sama saya, beliau adalah penjual mie caluk, sekaligus bapak motivator saya, apa Him bilang gini :

"Cinta adalah api, tapi kamu tak akan pernah tau apakah cinta akan menghangatkanmu, atau membakarmu, maka janganlah bermain cinta di area SPBU". (Apa Him)

Valentine itu bukan masalah fisik sebenarnya, tapi masalah spirit. Kita melakukan sesuatu pasti ada alasannya, valentine kenapa tanggal 14 Februari ? Padahal eyang buyut apa Him lahir 26 Maret, maksud saya itu angkatan di Mospati, itu eyang buyut apa Him 😂

Makanya nggak beralasan kan dilaksanakan tanggal 26 Maret ? Besok 14 Februari (Hari valentine), biarkan saja, tapi saya tidak akan membahas ini. Oke, saya akan mengangkat fakta kenapa remaja kita, masyarakat kita masih senang memperingati valentine. Satu, negara maju Amerika, Inggris 10 tahun terakhir ini tidak ada warganya yang merayakan valentine di Monas, itu fakta pertama. Artinya apa ? Negara maju Amerika dan Inggris saja sudah tidak merayakan valentine.

Terus saya ingin ingatkan ya, bahwa kasih sayang, valentine, hari kasih sayang 14 Februari okelah jangan di permasalahkan, tapi apa setelah itu, "what next", karena contoh, saya akan bercerita, saya tidak pamer, saya tidak suka merayakan valentine, tapi saya ingin tunjukkan bahwa saya orang yang paling sayang dengan pasangan. Saya dulu jalan-jalan dengan pasangan ke Mall, tangannya nggak pernah saya lepas, saya gandeng terus. Kalau saya lepas, dia malah borong semua barang yang ada di Mall, makanya saya gandeng tangannya terus. intinya begini, setiap insan ini berhak di cintai dan berhak mencintai, tapi dengan cara yang benar.


image
Source

Saya temasuk yang kontra dengan valentine, karena ini budaya luar. Yang pertama juga kasihan wanitanya, banyak yang ketipu. Kenapa wanita mudah terbujuk rayu sama yang namanya buaya ? karena rata-rata mereka memang sebagian besar wanita percaya akan khasiat lidah buaya 😁

Saya punya pengalaman dulu, kalau masalah menyampaikan cinta. Dulu saya SMP pernah suka dengan salah sorang teman sekolah saya, tapi saya justru akhirnya pacaran bukan dengan dia, tapi dengan yang lain. Tapi hanya bertahan 6 bulan, karena dia harus ikut ayahnya yang kebetulan kepala sekolah di situ, pindah ke sekolah lain. Tapi begini intinya, sepahit apapun pengalaman ketika anda menembak gebetan di hari valentine misalnya, dan kemudian anda berharap itu di terima, tapi ternyata anda di tolak, lebih pahit pengalaman saya. Ini saya bukan bercerita mengada-ngada ya, hanya fiksi saja 😅

Saya dulu SMP, saya menyatakan cinta pada teman sekelas, satu ruang dengan saya, tapi dia beralasan nggak mau menjawab sekarang, karena dia harus konsentrasi untuk ujian nasional, okelah, saya tunggu, sampai ujiannya nasionalnya selesai. Setelah dia lulus, saya nyatakan lagi, dia bilang suruh tunggu, karena dia sibuk nyari kuliah, belum ada waktu, sampai akhirnya dia lulus, saya tembak lagi, dia masih belum jawab, dan suruh saya untuk menunggu, karena dia masih sibuk ngurusin cari kerja. Setelah dia dapat kerja, saya tembak lagi, dan ini yang paling bikin saya nggak habis pikir, karena dia sibuk ngurusin anak dan suaminya. Ini kurang pahit apa coba ?

Makanya secara fisik anda jangan terjebak fisik lagi, untuk tau itu jodoh anda, cukup telpon, manfa'atkan teknologi. Anda ingin tau siapa jodoh anda, pas malam valentine, telponlah, tanya, "Malam ini mau kemana" ? Kalau dia jawab nggak kemana-mana, itu berarti jodoh anda, karena yang namanya jodoh nggak kemana.


image
Source

Sebetulnya hari kasih sayang itu bukan cuma 14 Februari, di Kolombia itu bulan September, di Brazil hari kasih sayangnya 12 Juni. Jadi ngapain Indonesia ikut-ikutan juga, menurut saya 14 Februari, lebih bagus kita isi shalat tahajud, mohon ampun, dan bertaubat atas dosa-dosa yang kita perbuat. Atau kita peringati hari Monginsidi, sosok pahlawan penuh kasih sayang kepada bangsa ini.

Jadi dia tidak mau di jajah, sehingga melawan Belanda dan akhirnya meninggal di juru tembak. Dia lahirnya di 14 Februari, kenapa kita mencari valentine, sementara ada pahlawan kita di Indonesia. Paling tidak di akhir, saya ingin mengungkapkan satu hal saja, bahwa hiduplah dengan cinta, maka cinta akan memberikan kehidupan kepada anda. Demikianlah, moga-moga ada manfa'at untuk kita semua, Sampai jumpa lagi di postingan yang akan datang.

Salam Steemian Indonesia 💫

~Keep writing~

image

Salam Sahabat Inspiratif

Sort:  

Thanks for using eSteem!
Your post has been voted as a part of eSteem encouragement program. Keep up the good work! Install Android, iOS Mobile app or Windows, Mac, Linux Surfer app, if you haven't already!
Learn more: https://esteem.app
Join our discord: https://discord.gg/8eHupPq

Hello @midiagam, thank you for sharing this creative work! We just stopped by to say that you've been upvoted by the @creativecrypto magazine. The Creative Crypto is all about art on the blockchain and learning from creatives like you. Looking forward to crossing paths again soon. Steem on!

Coin Marketplace

STEEM 0.30
TRX 0.12
JST 0.033
BTC 64386.10
ETH 3142.17
USDT 1.00
SBD 3.98