Tips Mengatasi Kemalasan Menulis di Steemit

in #life6 years ago (edited)

image
Selamat malam stemian semuanya, semoga malam ini kita masih di berikan kesempatan agar dapat beribadah kepada Allah SWT.

Malam ini adalah malam yang paling bahagia yang pernah saya rasa rasakan, kalian tahu kenapa ? Karena malam ini saya kembali mendapat ilmu baru seputaran steemit.

Okay, akan coba saya ceritakan..

Hari ini Komunitas Steemit Indonesia Chapter Pidie mengadakan acara buka puasa bersama, acara ini sudah dua Minggu yang lalu di agendakan oleh ketua KSI Pidie bung @rezaacoi, meskipun tidak semua steemian yang bermukim di KSI Pidie dapat hadir, akan tetapi itu tidak menyurutkan semangat bung @rezaacoi untuk mengadakan buka puasa ini.
image

Tepat pukul 18:00 WIB saya hadir di caffe Black Star Sigli, saat saya tiba sudah ada beberapa stemian yang sudah berhadir terlebih dahulu. Saat itu saya merasa sedikit kurang percaya diri karena kebanyakan steemian yang hadir itu adalah stemian- stemian yang sudah senior, agak terasa canggung saat ingin menyapa mereka semuanya.

Akan tetapi rasa canggung itu perlahan hilang, karena diantara stemian yang hadir itu ada beberapa orang yang sering saya ajak bicara. Meskipun tidak sempat berbicara banyak, namun dengan melihat mereka saja rasa kurang percaya diri ini sudah dapat saya atasi perlahan-lahan.
image
Waktu berbuka pun tiba, selesai makan saya pun bergegas untuk melaksanakan kewajiban kepada yang Kuasa.
Dan akhirnya saya berkesempatan duduk disamping @jeulamei, banyak ilmu yang saya dapat dari beliau seputaran steemit.
image
Di awal pembicaraan, saya mengeluh kewalahan mengatasi kemalasan saya untuk menulis. Dan pemilik akun @jeulamei ini pun memberikan solusi kepada saya untuk mengatasi hal tersebut, di antaranya, :

Baca dulu tulisan orang lain
Maksudnya adalah, saat kita mempunyai satu ide ataupun bahan untuk menulis, cari dulu tulisan orang lain yang membahas tentang hal tersebut, dari sanalah kita belajar, kita lihat bagaimana orang lain mengambil sudut pandang cerita mereka, alur ceritanya, maupun tentang hal-hal kecil yang ingin di sampaikan dalam cerita tersebut. Selesai dari itu, barulah kita menulis cerita kita.

Rajin membaca
Seperti dengan point nomor satu di atas, sudah jelas jika ingin sukses menulis, perbanyaklah membaca. Membaca bebas, baik itu koran, majalah, maupun buku.

Dan ada juga tips yang diberikan @jeulamei kepada saya tentang motivasi supaya kita rajin menulis, di antaranya :

Jika kita tahu cara merayu cewek, mustahil kita tidak bisa menulis
Artinya, setiap orang yang berpacaran dan pandai merayu cewek, menulis bukanlah hal yang susah. Tips yang satu ini tidak terlalu bisa saya jelaskan, cukuplah dirasakan saja bagi yang sering merayu cewek. Hehe

Ingin lancar menulis, hayati lah dulu tulisan tentang cerita seks
Tips yang satu ini sebenarnya tips yang di gagas oleh pemilik akun @acehpungo, kurang lebih begitulah kata-katanya. Sesaat saya memikir tentang tips yang satu ini, kebanyakan orang berhasil menggunakan tips yang satu ini. Tetapi bagi yang belum memulai saya sarankan jangan, ingat juga tentang dosa. Hehe

Jangan ragu untuk menulis
Setiap kita mempunyai ide untuk tulisan, maka tulislah, jangan ragu. Soal salah ataupun kurang dalam penulisan, itu bagian dari proses untuk kita jadi penulis yang handal seperti stemian senior lainnya. Karena seperti kata dilan, " Ragu itu hanya untuk orang yang tidak percaya diri". Eh, ? iya betul sepertinya itu kata dilan.

Nah, itulah beberapa pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan malam ini, semoga setelah postingan ini, saya tidak lagi malas dalam menulis, itu doa untuk saya sendiri. Dan untuk semuanya juga, semoga postingan saya kali ini mendapat manfaat untuk sahabat stemian semuanya.
Terima kasih.
image

Sort:  

Congratulations @muhammadnauval! You have completed some achievement on Steemit and have been rewarded with new badge(s) :

Award for the number of upvotes received

Click on the badge to view your Board of Honor.
If you no longer want to receive notifications, reply to this comment with the word STOP

To support your work, I also upvoted your post!

Do you like SteemitBoard's project? Then Vote for its witness and get one more award!

Coin Marketplace

STEEM 0.27
TRX 0.12
JST 0.033
BTC 62397.62
ETH 3171.83
USDT 1.00
SBD 3.77