Steemian - Steemian Dengki

in #life6 years ago


Sumber: www.ummi-online.com

Aku tak tahu harus memulai dari mana tulisan ini. Pastinya, aku mau mengatakan kepada para pengguna steemit, baik yang konsen terhadap tulisan, fotografi, vidiografi dan lain sebagainya. Sifat iri memang adalah sebuah sifat yang sudah ada dalam diri setiap manusia, hanya saja bagaimana cara kita mengaturnya. Begitu juga dengan sifat dengki, itu juga penyakit jiwa yang sudah ada dalam setiap diri manusia, bergantung juga bagaimana kita mengolahnya.

Dari pengalamanku, sifat dengki dan iri yang dimiliki manusia, sudah sering aku jumpai. Hanya saja, kebetulan yang iri dan dengki kepadaku tidak banyak. entah itu hanya perasaanku saja.

Dalam dunia Steemit, terutama dalam sebuah komunitas, kerap kurasakan rasa dengki dan iri itu ada. Aku suka itu, tapi iri yang membangunkan kita agar terus berkaya, tanpa harus menjelekkan orang lain. Seperti, disaat ada temanku yang hebat dalam satu hal, tapi aku merasa dapat berbuat lebih dari dia, saat itu aku iri kepadanya. Iri yang bagaimana, iri yang membuat aku terus berkarya dengan tujuan dapat melebihinya, tanpa harus mengejek dan membunuhnya.
Namun, yang terjadi sekarang ini, banyak pengguna Steemit, berdalih niatnya untuk membangun sebuah komunikasi yang lebih matang, sehingga tidak sedikit dari mereka yang menjadi sebuah Boomerang kepadanya. Ada juga yang menjadikan group dan steemit itu, ajang pamer kekuatan dengan tujuan agar aku diketahui lebih daripada orang lain, aku hebat dan aku kuat. Sementara sebuah group yang seharusnya saling membantu, dimana yang level tinggi membantu level rendah, bahkan kini menjadi ajang menampakkan diri hebat, sehingga memunculkan kecemburuan sosial yang tinggi sesama anggota.

Belum lagi, mampu menerima diri bahwa ada orang lain yang lebih hebat daripada kita, namun hanya saja, kita lebih dulu menjadi anggota Steemit. Belum lagi ada orang yang kita anggap selama ini posisinya berada berada dibawah kita, tiba-tiba harus berada diatas kita. Sifat iri dalam diri yang tak terkendalikan itu membuat kita harus saling membunuh antar sesama.

Saban hari, aku selalu berharap perubahan sistem, sadar diri darimana kita berasal, karena level tingi yang kita dapatkan, tak mungkin tanpa memulainya dari level rendah. Aku hanya ingin, sebuah komunits itu harus saling membantu, terutama membangkitkan semangat para steemian yang masih berada di level rendah oleh pengguna steemit yang memiliki level lebih tinggi. Bukan malah, menghardik, mengejek dan mencemooh mereka si level kecil, , akibatnya akan ada kesenjangan strata dalam komunitas tersebut, sehingga sistem Steemit yang menggunakan konsep mirip dengan sistem sosialis, malah kita ubah menjadi sebuah komunitas oportunis, hingga penggunanya semakin merasakan indah dan nikmatnya berubah hidup layaknya borjuis.

“Semua, buang jauh sifat iri dan dengki, mari maju bersama dan kaya kita semua.”

#ceritapidie

Sort:  

Ini sebuah kearifan pemikiran yang patut di acungi jempol dan harus segera di Resteem.

Semangat. Mari kita saling membantu sesama Steemian

Gata yang ka luar biasa jino...

Luar biasa tulisan ini, seperti orang yang menulisnya. Jangan maksiat!

Memang bereh that abu zian, nyan caaaap...!
Maju bersama, kaya bersama

harus meunan...bah kaya mandum ban sigoem Pidie hahhahaa

Jelas, niat harus tulus. No woman no cry

Ulasan yang menarik.... Semoga dengki itu bisa terkikis dengan membaca tulisan ini..

Hentikan segala praktek pembodohan dari mereka yang gak berak malam....hahhahaa

Coin Marketplace

STEEM 0.28
TRX 0.13
JST 0.032
BTC 60896.14
ETH 2915.81
USDT 1.00
SBD 3.55