Pelajaran Berharga Dari Putus Cinta

in #love6 years ago

Hay semua ❗ Bagaimana kabar anda hari ini ? Saya berharap semua dalam keadaan baik-baik saja tanpa kurang satu apapun. Hari ini saya membicarakan, ini adalah untuk masa-masa yang remaja, atau yang agak dewasa. Karena yang namanya cinta, selalu mewarnai kehidupan kita. Jadi yang akan saya bahas hari ini adalah mengenai putus cinta, seperti yang di katakan oleh seorang filsuf dari Yunani, " Putus asa adalah dosa, putus cinta soal biasa, putus tali kolor baru luar biasa.
![image]()
[Source](https://kelascinta.com/putus-cinta/5-cara-mencegah-trauma-akibat-putus-cinta)

Baiklah ❗ Mengenai putus cinta, saya sudah banyak pengalaman. Jadi saya pertama pacarannya sama yang namanya Manda. Dia cinta pertama saya, itu pada tahun 2014. Nah, jadi Manda ini tinggal di Simpang KKA, ibunya berprofesi sebagai penjual bakso. Beliau juga menyandang status wanita single parent, karena telah berpisah dari suaminya, mereka bercerai. Suaminya ketahuan selingkuh, dan pergi dengan wanita lain. Ini kejadian nyata, bukan dongeng, jadi tolong di perhatikan dengan baik. Nah kondisi itulah yang membuat ibunya harus bekerja keras untuk membiayai ketiga anaknya. Pulang dari sekolah Manda membantu ibunya jualan bakso, sendok, garpu, dan mangkuk kotor dia cuci hingga bersih. Saya sering pergi ke warung baksonya bersama kawan saya @rahmadvirgosa, dia sahabat baik saya, dia juga pandai menjaga rahasia. Biasanya kami pergi pas jam pulang kerja, karena saya sebagai karyawan perakit tas Souvenir Aceh.


image

Itu kami juga malamnya juga rutin kerja, tapi boss tidak mewajibkan juga sih, kecuali bila pesanan tasnya lagi buru-buru untuk di kirim besok. Nah, kalau sudah dalam situasi seperti itu, baru kami diharuskan wajib masuk kerja malam, berlomba dengan waktu, sehingga tas pesanan pelanggan siap untuk di kirim, seteleh melewati proses yang rumit.


image

Jadi Manda adalah anak kedua, sebelumya dia punya kakak laki-laki, dan adik perempuan. Biasanya jam-jam 8 kurang lebih, dia selalu menghubungi saya, untuk datang menemuinya di tempat ibunya jualan, hubungan kami pun sudah mendapat restu dari ibunya. Nah, hampir tiap malam dia selalu menelpon, dan meminta saya datang untuk menemuinya ke tempat ibunya jualan. Nah kalau sudah begitu, saya harus cari @rahmadvirgosa, untuk menemani saya pergi kesana, karena Manda juga punya teman, namanya Lili. Nah, agar suasana tambah seru, saya ajak kawan juga. Lagian Manda sudah akrab dengan @rahmadvirgosa, Itu juga salah satu alasan, kenapa saya nggak pernah absen mengajaknya ke tempatnya Manda. Pertama saya mengenalnya di pelabuhan Krueng Geukuh. Singkat cerita kami pun pacaran, karena kalau cerita bagaimana prosesnya hingga saya berhasil memacarinya, itu ceritanya panjang sekali, sepanjang jalan kenangan.


image
Source

Hubungan pacaran kami hanya berlangsung seumuran jagung, sekitar 6 bulan, karena Manda ikut ibunya pindah ke Langsa. Dengar-dengar gosip tetangga sih, rumah yang mereka tempati di sita sama pihak Bank, karena dulu telah di gadaikan oleh ayahnya Manda, kami pun sepakat untuk tidak lagi melanjutkan hubungan, karena ibunya bilang mereka nggak akan balik lagi ke simpang KKA. Kemudian putuslah kita.

Lalu setelah itu saya pacaran sama yang namanya Fatma, gadis manis asal Nisam. Dia itu gadis yang sangat pemalu, malu-malu banget orangnya, benar-benar malu. Hubungan kami tidak berlangsung lama, karena Fatma keburu di lamar orang lain, yang lebih tajir, anak toke sawit. Beda dengan saya, yang terlahir dari keluarga sederhana, dengan penghasilan orang tua yang tak menentu. Akhirnya saya putus lagi, dan saya gagal membawanya ke pelaminan.

Setelah putus dari Fatma, saya itu pacaran sama yang namanya Lena. gadis imut, kulit sawo matang, tinggi, langsing, berhidung pesek. Gadis kelahiran Menasah Baro. Nah, Lena ini beda sama gadis lain, karena memiliki gigi gingsul. Itulah yang membuatnya unik dibandingkan sama mantan saya yang lain. Altivitasnya sehari-hari, jadi dia ini kuliah Unimal Lhokseumawe di Bukit Indah (BI), ambil jurusan pemasaran. Nah pertama saya mengenalnya di kenalkan oleh teman saya, yaitu Silman, yang sekarang telah Almarhum, "Allahumma'firlahu", semoga beu luah kubu (Semoga luas kubur), akibat kecelakaan kendaraan motor yang ia tunggangi saat pulang kuliah, tabrakan dengan mobil L.300, di desa Ulee Puloe (Kecamatan Dewantara), sebelum sampai SPBU Palda.

Nah, kebetulan dia kuliah satu kampus sama Lena, awalnya saya nanya sama almarhum Silman "Itu siapa sih" ? Karena saya sering melihatnya dan bahkan kami saling berpapasan dijalan, ketika saya pergi kerja, dan dia berangkat kuliah. Silman bilang, " Oh,,, itu si Lena, anak Menasah baro" akhirnya saya meminta bantuannya untuk mengenalkan saya dengannya. Dan Silman pun, menceritakan apa yang saya rasakan sama dia, bahwa saya mengaguminya. Awalnya dia nggak respon sih, tapi setelah teman saya menunjukkan foto saya padanya, dia berubah pikiran, soalnya dia sudah tak asing lagi ketika melihat foto saya, yang di perlihatkan sama Silman. Karena sebelumnya kami sering berpapasan di jalan. Keesokan harinya, diapun mengizinkan nomor hanphone nya untuk di kasih ke saya.

Yess ❗ akhirnya kesempatan untuk mengenalnya terbuka lebar, saya tidak menunggu lama, hari itu juga saya menghubunginya, dan kami saling bercerita, kami sudah merasa saling nyaman. Lalu kemudian, saya mengajaknya untuk bertemu, awalnya dia menolak, dengan alasan tidak ada kereta di rumah. Ahkhirnya saya gagal jumpa dengannya. Tak apalah mungkin dia bukan jodoh saya, saya berbisik dalam hati. Tiba-tiba besoknya dia nelpon, saya kaget bercampur senang, ada apa ini ya, kok tiba-tiba dia nelpon ? Lalu saya terima telpon darinya, dia bilang, sedang ada di Gurugok, di tempat kawannya Moli. Dia meminta saya untuk datang kesitu, karena dia bilang mumpung ada kesempatan.

Oke saya jawab ❗ saya bilang sama dia, tunggu saya di Laot Lapang Gurogok (Gandapura). oke sipp, dia bilang gitukan . Akhirnya tanpa menunggu lama, saya langsung tancap gas kesana dengan menggunakan motor butut saya merek Yamaha, yang hingga hari ini masih setia menemani kemanapun saya pergi. 10 menit perjalanan tibalah saya di Laot Lapang, Gurugok. Saya pergi seorang diri waktu itu, karena prinsip saya begini, untuk urusan yang sifatnya sangat pribadi, saya sangat merahasiakan itu, dan sampai detik ini, saya berpegang teguh dengan prinsip itu. Kecuali kisah saya dengan Manda, itu beda lagi, karena itu masih cinta monyet, jadi saya ajak kawan. Kita balik lagi ke bahasan tadi. Nah setibanya di Laot Lapang, saya kemudian sms dia, "Hay pat neuh, long ka di Laot Lapang nyoe ? (Hey, kamu dimana, saya sudah sampai di Laot Lapang) ?". Tiba-tiba dari arah belakang, terrengar suara perempuan menyapa, "Hek tapreh, sep trep troeh geuh (Capek di tunggu, lama kali baru sampai) ".

Rupanya dia sudah lama menunggu disitu, lalu saya langsung to the poin, mengungkapkan apa yang saya rasa selama ini ke dia, dengan mengatakan "I Love You". Saya lihat wajahnya mulai memerah, dia tampak grogi, sesekali dia mainin jilbabnya, dan mengusap-usap handphone nya, padaha nggak ada debu di handphone nya, bahkan dia menggigit jarinya, saya jadi bingung dan tambah penasaran menunggu jawaban darinya. Lalu saya sudah tak sabar, karena cuaca mulai mendung, pertanda akan turun hujan. Dan saya bilang sekali lagi, kiban man, hana neu jaweub lagoe " ? Akhirnya dia bersuara, tolong kasih saya waktu, saya tidak bisa kasih jawabannya sekarang. Karena saat ini, saya masih bingung dengan perasaan saya, seumur hidup, belum pernah saya pacaran, ini kali pertama saya bertemu dengan seorang laki-laki di tempat seperti ini. Tolong kasih saya waktu 1 Minggu untuk menjawab pertanyaan anda tadi.

Oke, akhirnya saya menyetujuinya, detik berganti detik, menit berganti, dan hari berganti hari. Perlahan saya mulai melupakannya. Hingga pada suatu hari, ketika saya sedang mencuci motor di dorsmeer, ting..tong..ting..tong, handphone saya berdering, lalu saya masukkan tangan ke saku, saya ambil handphone. Saya lihat di layar handphone, ternyata muncul nama Lena memanggil, saya terkejut dan agak panik, karena sudah 3 hari setelah peristiwa di Laot Lapang, Gurugok, kami tidak lagi berkomunikasi, dan menanyakan kabar, bahkan menyapa satu sama lain.

Kemudian saya jawab telpon darinya, dan mencari lokasi yang sepi, supaya komunikasi denganya lancar. "Halo, Assalamu'alaikum, saya memberi salam, dan membuka obrolan ". "Wa'alaikum Salam, terdengar suara dari sana, pertanda dia membalas Salam dari saya". Lalu saya kembali bertanya, "Ada apa, kalau boleh saya tau, anda menghubungi saya hari ini" ? "Begini, ma'af sebelumnya, karena telah membuat anda lama menunggu. Oh iya, masih ingatkan pertemuan kita 3 hari lalu di Laot Lapang, Gurugok" ? "Ya, saya masih ingat " ! "Seperti yang saya bilang waktu itu, saya akan kasih jawabannya, kalau saya sudah siap, dan memikirkan matang-matang". Iya, saya jawab, hati udah mulai nggak sabar mendengar jawabannya". "Jadi gini, setelah saya pikir-pikir, dan mendengar semua tentang anda dari Silman, dan hati ini memang sudah sejak awal kayak ada rasa, dan saat anda mengungkapkan perasaan di Laot Lapang waktu itu, saya sudah merasa bahagia, dan hati rasanya berbunga-bunga.

Cuma waktu itu saya terlalu grogi, dan malu banget menjawabnya". Iya saya ngerti, saya bisa merasakan waktu itu, dari bahasa tubuh yang anda tunjukkan, saya sudah bisa merasakan". "Makasih, karena sudah ngertiin posisi saya saat itu, jadi hari ini, di kesempatan ini, saya mau bilang bahwa saya juga menyukai anda, dan saya menerima cinta anda untuk saya, dan saya harap anda tidak mempermainkan cinta saya, karena jujur, ini cinta pertama saya".

"Begitu mendengar jawaban darinya, saya merasa terbang melayang ke angkasa, saking bahagianya, lalu saya bilang sama dia, bahwa saya berjanji, tidak akan mempermainkan cintanya, meskipun dia bukan wanita pertama yang mengisi kehidupan saya". Sekarang kami resmi menjadi pasangan kekasih, dan harapannya bisa sampai ke pelaminan. Hubungan kami pun berjalan baik-baik saja, tanpa ada gangguan, dan isu-isu tak sedap yang menerpa. Satu bulan telah kami lewati, sikapnya sedikit berubah, dia sering menelpon disaat saya lagi sibuk kerja.


image

Padahal kita sudah sepakat, kalau saya lagi kerja, jangan nelpon dulu. Tak hanya disitu, dia bahkan minta saya untuk menjemputnya ke kampus, itu yang paling saya nggak suka. Sikapnya sudah kelewat manja, pernah suatu hari saya lagi duduk-duduk di warkop sama teman, dia nelpon, dan meminta saya untuk memjemputnya ke kampus. Saya bilang nggak bisa, karena motor dipakek sama adek saya ke sekolah, dia marah dan handphone nya langsung di matikan. Besoknya masuk sms darinya, dia bilang gini, "Bang, kita putus, kamu nggak pernah ngertiin aku, selalu sibuk dengan teman dan pekerjaan mu, hari ini kita bubar, alias putus" !!! Pesannya itu sontak membuat saya kaget. Akhirnya saya putus sama dia, dan menjomblo lagi. Sebenarnya masih ada dua lagi mantan saya, yaitu Viana sama Lia, tapi berhubung waktu yang terbatas, saya tak cukup waktu lagi menulis kisah saya dengan mereka. Tulisan ini saja, saya harus menulisnya selama dua hari, saya akan bercerita tentang mereka di lain waktu.

Jadi semua itu adalah pengalaman putus saya, berawal dari saya punya pengalaman dengan orang, saya di putusin, akhirnya saya membuka biro lembaga untuk nengalami curhat. Jadi orang datang kebanyakan mereka putus itu, ini ada 3M sebenarnya hal-hal yang menyebabkan biasanya cewek itu diputusin sama pacarnya.

  • Mengatur, cewek itu biasanya suka mengatur, ya kan ?

  • Kemudian dia Mengawasi, kalau kemana-mana di tanya, di awasi.

  • Dan kemudian "M" berikutnya, dia Menindas, cewek yang menindas.

Saya baru saja menyelesaikan kuliah S2 saya, psikologi cinta, dan saya mendapatkan gelar master of sakit terus, gara-gara di dzolimi cinta, atau biasa dipanggil monster gozila. Dan saya baru saja pulang dari kota paling romantis sedunia, yaitu Paris, kota cinta katanya kan. Saya mendapatkan buku referensi mengenai putus cinta. Ini buku bagus sekali, karangan Hyung siong farid de hardja, bukunya berjudul "Romantika Diamor". Saya akan coba bacakan beberapa hal yang bisa yang bisa terjadi jika putus cinta. Ada dua konsekuensi dalam cinta, bahagia atau menangis. Jadi harus sudah tau kalau konsekuensinya hanya ada dua. Jangan cengeng kalau udah putus, nggak usah nangis. Yang kedua, cinta itu seharusnya membuat kamu sehat, bukan jadi sakit. Beberapa penyakit yang bisa terjadi gara-gara putus cinta, imsonia (Susah tidur), pencernaan (Lapar), sakit kepala (Liyer), sakit jiwa (kheleq), sampai ke anareksia, susah makan. Udah makan dikeluarin lagi, buat apa kita jatuh cinta, kalau endingnya kita malah memelihara penyakit ditubuh kita. Lanjut ya ? Yang bisa menyebabkan kita putus cinta, di kerjaan tidak fokus, di sekolah tidak fokus, karir tidak fokus, menulis tidak fokus, rugikan ? Yang terakhir romantika diamor

🎶Kalau kamu...mu...🎶 Mulai suka...ka...🎶Katakan saja....ja...🎶Jangan disimpan, memang cinta....ta....ta....🎶Tak pernah mati...ti..ti...🎶Tiada tara...ra...ra...🎶Rasa amarah🎶Romantika diamor🎶Mengiringi asmara kita🎶Romantika diamor🎶Pelipur kenangan kita🎶Romantika diamor🎶Nyanyian tempo dulu🎶Ketika kau bisikkan🎶Cintamu padaku🎶 (Romantika diamor).

Yang bisa kita ambil dari situ, bahwa sekarang kita carilah satu romance, atau percintaan yang lain. Jangan terkukung oleh percintaan terdahulu. Penting sekali untuk di ketahui bahwa hati ini complicated sifatnya. Jadi sama seperti sakit-sakit yang di medis, komplikasi. Kalau putus cinta, itu bisa mengarah ke banyak hal. Seperti yang saya bilang tadi, sekolah jadi nggak fokus, kemudian bekerja juga bisa berantakan. Ini disini, itu menurut survey yang saya baca, dari webnya putus cinta.com.www.cintagila.com. kemudian saya selalu bilang sama pasien saya, kalau mereka cinta gitu. Putus cinta itu nggak sakit, ya semua setuju nggak ? Putus cinta nggak...nggak, putus cinta itu nggak sakit ❗ Yang sakit itu, kalau kalian sudah putus, tapi masih cinta. Sekarang gini ya, kita mulai berpikir positif, pernah dengar LOW OF ATRACTION kan ? Kita menarik energi negatif dan energi positif, sesuai dengan pemikiran kita. Nah, sekarang coba anda pikir, rubah, dan juga mendo'akan bahwa kalaupun anda di putuskan berkali-kali oleh cewek, anda harus positif thinking. Mungkin aja jodoh anda bukan dia. Maksudnya gini, hati itu jangan di mainin. Misalnya anda di putusin, rayulah dengan kata-kata yang intelek. Wanita kan suka sesuatu seperti misalnya sudah di putusin. Ajak ke ATM, terus kasih tau cewek kamu, sayang, baca dong ATM aja bisa bersama, masak kita nggak. Jadi kalau buat saya ya, jangan remehkan masalah cinta, masalah hati ini, gitu. Jangan mempermainkan hati, dan jangan meremehkan.

Sebenarnya gini ya, apasih itu putus cinta ? Kalau boleh saya tanya sama anda, sebenarnya jatuh hati, sama patah hati, jauh atau tipis perbedaannya ? Sebenarnya beda kecil, tapi dampaknya berbeda besar. Jatuh hati sama patah hati, bedanya tipis, tapi dampakny besar. Kalau jatuh hati itu bikin hati kita itu kayak melayang ke angkasa, tapi kalau patah hati, hati kita itu kayak di ruang angkasa, hampa. Tapi gini, efek orang yang patah hati itu, kebanyakannya efeknya sama. Jadi pengen banyak makan mecin, karena buat mereka saja. Kebanyakan jatuh cinta itu, sama kebanyakan makan mecin, lezat, tapi bikin begok. Dan yang namanya patah hati itu, nggak selalu ada orang ketiga boisa jadi kalau memang Tuhan nggak berkehendak, itu bisa saja patah hati. Kayak kejadian kawan saya sama Yuli. Pada saat itu si Yuli ini menyimpan rasa sama kawan saya, dia ngasih kode-kode. Terus sudah gitu, teman saya ngasih lampu hijau sama dia, tapi mungkin Tuhan berkehendak lain. Akhirnya cinta itu nggak pernah terjadi, bahkan sebelum cinta itu ada. Karena penyebabnya cuma satu, yuli buta warna, dia nggak tau mana yang hijau, mana yang merah, mana yang kuning. Jadi waktu itu kawan saya patah hati, tapi di bilangin sama guru ngaji kami, dia harus malu sama Usman, yang kelas TK, yang sampulnya warna merah. Dia bilang, "harusnya malu sama anak TK, karena anak TK itu berpegang teguh sama lagu balonku. Karena lagu balonku mengajarkan kita tentang cinta. Pegang erat-erat yang masih ada, dan jangan sesali siapa yang sudah pergi".

Saya orang yang sudah berpengalaman, sudah banyak makan asam garam, maksudnya saya itu sudah berpengalaman dalam hidup, mengecap berbagai namanya sesuatu yang indah, sesuatu yang pahit. Yang asam, yang manis, yang tawar, semua sudah saya rasakan. Jadi begini, orang-orang yang sudah putus cinta, bahwa putus cinta itu tidak masalah, karena pacar itu sebuah batu loncatan saja, kita bisa meloncat untuk mendapatkan yang lebih baik. Dalam Pacaran kita harus punya semangat juang, dan pantang menyerah. Kalau perlu kita punya yang namanya semboyan, "Putus satu, nyambung seribu". Nah begini, agar putus cinta itu tidak jadi masalah, saya ada saran, ketika orang berhubungan cinta, lapor dulu ke Depnaker ( Departemen Tenaga Kerja), Nah biasanya kan korban itu selalu di rugikan. Di rugikan perasaan, tenaga, waktu. Nah supaya tidak rugi materi, ketika dia berhubungan cinta, lapor kekementerian tenaga kerja. Jadi begini, disaat dia di putuskan secara sepihak, dia bisa dapat pesangon, di ganti sama materi. Suatu hari saya punya pengalaman, bagaimana saya berjuang dengan cinta yang tulus kepada pasangan saya, supaya untuk mendapatkan dia. Saya begitu berat sekali perjuangan saya menghadapi ayahnya itu. Pada suatu hari saya datang ke rumahnya pacar saya itu, nah datang ketemu ayahnya, karena tekad saya kepada anaknya itu. Anaknya itu ngintip dari jendela, kemudian saya jentel saya cukup tinggi, saya bilang gini sama ayahnya :

"Pak ❗ Saya bermaksud datang kesini, pada malam ini, saya ingin melamar anak bapak."

Saya nggak ada pacaran, dulu istilahnya kalau nggak salah, dalam hubungan secara Islam itu Ta'aruf. Semenjak itu langsung di tentukan tanggal pernikahannya, hari ini saya mau mengungkapkan perasaan saya untuk dia my dear :

"Kepada seseorang yang pipinya berwarna merah jambu, hati dan ❤ ini selalu untukmu".

ada closhing statement

"Cinta itu ibarat sinyal hp, kadang kuat, kadang lemah, kalaupun sampai putus, berarti tidak ada layanan di situ. Maka layanilah cinta di manapun kapanpun".

Sekarang saya memasuki bagian yang serius, cinta itu kadang-kadang tidak selalu kita dapatkan, dan kita gapai. Toh kita punya, tidak selalu bisa kita pertahankan, ini ada ungkapan, "Bagai punguk merindukan bulan Maret, ternyata Oktober" artinya dia melakukan kesalahan, sesuatu yang tidak bisa di raihnya, itulah salahnya punguk. Cinta itu adalah proses, jadi ia tidak begitu saja terjadi, kalau toh dia sudah menjadi milik kita, harus tetap kita jalani lewat proses. Sekarang saya tanya, "Sehari selembar benang, setahun berapa hari " ? Maksud saya adalah, sehari selembar benang, setahun berapa hari, 365 hari, ya kan. Nah itu latihan berhitung, supaya anda bisa mengingat bagaimana pahitnya perjalanan cinta dalam kehidupan anda. Karena ? Ini ada banyak maknanya buat kita. Jika anda bilang kisah cinta saya bersama sang mantan tidak ada artinya. Nah inilah yang ingin sampaikan.

Cinta itu penuh arti, tapi tidak semua cinta itu ada artinya, karena kadang-kadang kita tidak bisa membedakan mana cinta, mana nafsu.

Bicara masalah yang tersakiti, siapa yang tersakiti adalah yang di sakiti. Okelah, saya akan memberikan pernyataan berupa statement, bahwa nafsu itu mengatakan wanita cantik itu karena rupanya, atau fisiknya. Akal megatakan wanita cantik karena kepintarannya, dan ilmunya, sedangkan hati nurani mengatakan wanita atas dasar akhlaknya.

Moga-moga banyak manfa'at yang bisa kita dapatkan. Saya akan mengutip kata-kata dari seorang Camat di Balai Indah, ketika upacara pada Senin 13 Oktober, "Cinta adalah anugerah, dan cinta tidak pernah salah, sikap kita lah yang kadang terbelah. Disisi lain kita mengejarnya tanpa lelah, di sisi lainnya kita terluka parah, namun semuanya adalah hikmah. Belajarlah dari cinta, banyak hal berharga di sana. Sampai ketemu lagi di kesempatan berikutnya, Insya Allah, Salam Steemian Indonesia.

~Keep Writing~

image

Salam Sahabat Inspiratif

Sort:  

Thanks for using eSteem!
Your post has been voted as a part of eSteem encouragement program. Keep up the good work! Install Android, iOS Mobile app or Windows, Mac, Linux Surfer app, if you haven't already!
Learn more: https://esteem.app
Join our discord: https://discord.gg/8eHupPq

Dari dulu begitulah cinta, penderitaannya tiada pernah berakhir...

Hhahha

Coin Marketplace

STEEM 0.28
TRX 0.13
JST 0.032
BTC 60385.11
ETH 2889.75
USDT 1.00
SBD 3.65