Mengenal langsung rumah adat Aceh Tgk Chik Awe geutah.

in #news6 years ago

Assalamualaikum
Hallo sahabat steemian !!

Tugas studi arsitektur Aceh 2 ,kali ini saya mengambil analisa dari rumah adat Aceh yang ada di Awe geutah.

Adapun saya ingin membagikan
Sedikit info yang saya tahu dari kegiatan analisis langsung bangunan bersejarah yaitu rumah adat Aceh Tgk Chik Awe geutah,
Yang hasil berita ini saya dapatkan dari tanya jawab dari penghuni yang berada di rumah bersejarah ini.

Ada beberapa bangunan yang sempat saya tanya jawab dengan penjaga rumah tersebut
Antara lain ,

Yaitu rumah Tinggal Tgk Chik.

Menurut informasi yang saya ketahui rumah ini sudah berdiri ratusan tahun yang lalu,
Dan rumah ini sudah melakukan beberapa kali tegap di bagian atap dan bagian lantai .dan digunakan bahan yang sama, atap dari Rumbia dan alas dari batang pinang yang di belah dan di awetkan.

Atap juga masih menggunakan sistem ikatan bersama atau menyambung, guna ketika terjadi kebakaran hanya di potong satu ikatan semua akan ikut berjatuhan.


Menurut berita yang saya dapatkan salah satu pintu dari rumah ini sudah di ganti , tampak sekali perbedaannya.
Salah satu pintu ini di curi oleh Belanda. Sehingga di buat lain tapi tidak sempurna.

Hampir semua bagian ornamen rumah, tolak angin, kolom, balok, dan lain di hiasi dengan ukiran kayu, bergambar tanaman.


Jendela yang bukaannya hanya untuk masuk angin dan saling berkaitan antara keseluruhan daun jendela.

Bangunan yang biasa digunakan untuk pengajian dan musyawarah.

Secara keseluruhan bangunan di perkarangan rumah adat Tgk Chik Awe geutah berbahan kayu Merbau, kayu jati, yang memiliki kekuatan tahan bertahun tahun lamanya.

Kemudian sekarang ini sekarang ini hampir seluruh perkarangan sudah di buat perkerasan dan dibuat kursi panjang di beberapa tempat guna untuk bersantai.

Ada bangunan yang sudah dibangun tapi di buat seadanya , contoh nya Bangunan rumah dengan atap seng, dan ada yang sudah mau selesai di bangun tapi tidak dilanjutkan lagi.

Lusung dan krong padi yang biasa kita lihat ditempa lain tidak saya lihat ada di sini, menurut berita katanya tidak di fungsinkan sehingga rusak dengan sendirinya.

Itulah sedikit informasi dari analisa setempat yang saya dapatkan dari penjaga dan pengurus rumah ada Aceh Tgk Chik Awe geutah.

Semoga bermanfaat
Mohon maaf apabila ada kesilapan, saya ini manusia yang tidak luput dari kesalahan.
Wassalam

Coin Marketplace

STEEM 0.26
TRX 0.13
JST 0.032
BTC 61663.08
ETH 2893.40
USDT 1.00
SBD 3.48