#2 Tutorial Cara Membuat Video Vertikal Yang Cocok Buat Instagram Secara Profesional

in #photography6 years ago

1.PNG

Halo sahabat steemians dimana pun kalian berada. bertemu lagi dengan saya @alrezsya. Seorang Pengangguran banyak project dan juga pelaku di Youtube - Gokill Official. oke kali ini saya ingin membahas tentang vertikal video . Tak perlu berlama-lama mukadimah, langsung saja simak langkah langkah untuk memulainya, saya juga akan menampilkan beberapa fotonya.

Vertikal video sendiri adalah video yang memiliki aspek rasio 9 banding 16 dan simpelnya sih adalah video yang memiliki posisi memanjang keatas kurang lebih seperti rasio layar handphone rata-rata, contohnya seperti gambar ini :

2.PNG

sebenarnya pembahasan saya disini bukan spesifik kearah instastory pada instagram. sebenarnya yang inin saya bahas adalah vertikal video secara general. Tapi menurut saya pribadi saat ini media yang paling relevan untuk sharing vertikal video kita adalah melalui instastory instagram.

3.png

Nah, menurut saya kalau kalian adalah seorang videographer kalian perlu memerhatikan model vertikal video ini secara lebih serius.

Kenapa ???
karena menurut saya konsumsi dari video vertikal itu sendiri udah sangat mainstream. maksud mainstream disini bukan berarti dia terlalu biasa atau engga menarik. Justru maksud mainstream disini adalah konsumsi video vertikal itu sendiri sudah sangat banyak atau sudah masiv. dan menurut saya itu membuka peluang baru untuk para video maker. Jadi buat kalian video maker menurut saya wajib banget untuk mencoba atau pelajari.

4.PNG

Nah inti dari blog saya ini adalah mengajak kalian untuk dapat memproduksi video vertikal secara Profesional dan Berkelas. bukan cuma rekam dari Hp langsung upload aja.

Maksud Profesional disini adalah Video yang melewati tahapan :

  • Pra-Produksi : proses tahapan awal perencanaan sebuah produksi video.
  • Produksi : proses pengambilan gambar dan audio yang dibutuhkan.
  • Pasca-Produksi : Tahapan akhir produksi, penyuntingan video hingga siap untuk dipublikasi.

Secara video yang terkonsep matang dan di eksekusi dengan baik.

Nah pasti kalian sudah ga sabar kan gimana cara membuatnya :)
langsung saja, cara nya sangatlah gampang teman teman..

kita hanya melakukan hal yang sama, kita hanya membalikkan kamera yang kita miliki untuk menjadi vertikal.
contohnya seperti ini :

7.PNG

Jujur saja untuk mengatur komposisi secara vertikal itu adalah tantangan tersendiri disaat kalian bikin video, tapi tenang aja, kalian yang penting mulai aja dulu dan nanti kalian juga lama-lama akan terbiasa dan bereksperimen sendiri. mana visual yang bagus mana yang kurang bagus.

Selanjutnya dibagian editing (Adobe Primier Pro) kalian harus membuat "Sequence" nya sendiri.
pilih aja resolusi yang sesuai dengan kamera yang kalian miliki, lalu tinggal dibalik aja angkanya.
contohnya seperti ini :

  • Sebelum :
    8.PNG

  • Sesudah :
    9.PNG

Kalau sudah video tinggal dimasukin :

11.PNG

Atur rotasi -90 :

12.PNG

Dan sudah jadi deh :

13.PNG

Kalian tinggal melakukan editing seperti biasanya.
Untuk renderingnya saya biasa memilih "Match Source" tapi medium bitrate agar ukurannya tidak terlalu besar dan friendly buat sosial media. kaya instagram

14.PNG

Oke mungkin cukup segitu aja untuk blog tutorial saya hari ini. semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian. menurut saya pribadi sih video vertikal ini bisa jadi trobosan baru di industri video.
Tapi tetap... saya ingin tahu pendapat kalian seputar model video vertikal seperti ini. kalian taruh aja dikolom komentar dibawah ini.

Seperti biasa, jika ada koreksi, saran dan pertanyaan jangan sungkan untuk tulis dikolom komentar.
dan seperti biasa juga jangan lupa vote blog saya jika kalian suka. dan jangan lupa follow saya untuk update berbagai tutorial mengenai photography - videography dan review selanjutnya. saya @alrezsya, terima kasih sudah berkunjung kesini :)

Untuk melihat postingan saya terkait Photography - Videography - Review lainnya, bisa klik pada link dibawah ini:

https://steemit.com/photography/@alrezsya/1-tutorial-cara-melepaskan-filter-lensa-yang-susah-dibuka-dengan-aman-tanpa-pecah

https://steemit.com/photography/@alrezsya/your-attention-must-be-know-mushroom-forms-in-cameras-and-lenses

https://steemit.com/photography/@alrezsya/venus-laowa-7-5mm-f-2-mft-lens-review-indonesia

sd.png

gffd.PNG

ss.PNG

Logo KSI.png

Sort:  

This user is on the @buildawhale blacklist for one or more of the following reasons:

  • Spam
  • Plagiarism
  • Scam or Fraud

thanks for information man :)

Coin Marketplace

STEEM 0.27
TRX 0.11
JST 0.030
BTC 70979.17
ETH 3849.67
USDT 1.00
SBD 3.48