Profesi seorang Programmer

in #programmer6 years ago

programmer.jpg

Sumber

Hallo teman" steemit sekalian , pada kesempatan kali ini saya akan bercerita tentang profesi saya saat ini dan kesan pesan tentang profesi saya saat ini . Sapa tau ada yang menginginkan menjadi programmer seperti saya atau malah justru ngga jadi berminat setelah mendengar cerita saya :D

Oke bicara tentang programmer , pasti banyak dari kalian terutama orang - orang awan berpikiran bahwa programmer itu orang yang tau segalanya dan bisa segalanya tentang teknologi informatika . Betul bukan ?? Malah ada juga yang berpikiran klo programmer itu brarti bisa ngehack" kayak di tipi" :D Yah harapan dalam lubuk hati yang terdalam sih seperti itu juga , tapi ya realitanya kita manusia itu dilahirkan punya keterbatasan .. Jadi ya ga semua hal dapat kita kuasa dengan baik , namun ada juga sih beberapa orang yang bisa menguasai banyak hal dan mendalam semua . tapi itu langka sekali , hahahaha .. Mungkin orang seperti itu dilahirkan untuk menjadi penemu kali ya , wkwkwkwk..

Programmer adalah seorang yang mampu menyelesaikan masalah dengan menggunakan bahasa pemrograman, mereka mengerti tentang algoritma dan paling tidak menguasai satu bahasa pemrograman. Pengertian umumnya seperti itu, nah cuma saya kurang paham karakteristik lebih detail mengenai programmer itu seperti apa ?? Awal mula saya ingin menjadi programmer adalah karena saya tertarik untuk bisa ngoding , karena kesannya keren gitu klo isa ngoding sama tau banyak hal tentang dunia teknologi informatika . Akhirnya saya pun memutuskan untuk mengambil kuliah di jurusan itu, ups ternyata saya pun menemukan banyak pengetahuan lain mengenai istilah profesi dalam dunia IT , ada yang namanya programmer ada sistem analis ada developer programmer dll . Ternyata dunia IT itu pun terpecah di banyak bidang ada jaringan , database , ada pemrograman android ada pemrograman dekstop , dll . Hal itu sangat tidak mungkin dikuasai secara mendalam semuanya kalo bagi saya . Mungkin ada orang yg bisa menguasainya semuanya tapi itu bukan saya , karena saya pun juga masih fresh graduate . Dan sayangnya pendidikan yang saya terima tidak ada penjurusan jadi saya lulus dengan bekal berbagai macam namun hanya sekedar bisa , ya mungkin yang fresh graduate dari Teknik Informatika tau lah ya rasanya .

programmer_creattica_full.jpg

Sumber

Setelah lulus , lowongan pekerjaan di dunia IT sangat banyak terutama programmer . Tapi , hampir setiap lowongan menuliskan requirement menguasai bahasa pemrograman bla bla bla .. Permasalahan pun mulai timbul :D saya jadi tidak percaya diri, why ?? saya bisa bahasa pemrograman Java tapi dibilang menguasai juga tidak , saya bisa PHP dibilang menguasai juga tidak .. Kata " Menguasai " itu pun akhirnya menjadi menyeramkan bagi saya dan membuat saya ragu .
Tapi akhirnya saya diterima di salah satu perusahaan yang bergerak dibidang jasa pembuatan ERP . Perusahaan ini menggunakan bahasa pemrograman yang sama sekali tidak diajarkan di kuliah, mau tidak mau saya harus belajar mulai dari 0 lagi dan menyedihkannya proses training yang dijanjikan selama 3 bulan hanya berjalan selama 2 hari dan saya langsung masuk sebagai Developer Programmer . Mau ga mau lagi kita harus explore sendiri mengenai bahasa pemrograman yang dipakai , dan yang menyedihkan menurut saya adalah kita dituntut untuk bisa memahami koding yang sudah ada dan melakukan develop sistem yang sudah ada bergantung pada kebutuhan client . Padahal memahami koding orang lain menurut saya tidak mudah, karena tiap programmer punya logika yang berbeda - beda dan punya cara penyelesaian yang berbeda. Dan yang lebih menyedihkan lagi adalah saat client menginginkan tambahan fitur yang kelihat simple , tapi sampai harus merombak total flow dan metodenya :D

Saat ini pun saya masih belum menemukan kenyamanan sebagai seorang programmer , karena dituntut untuk terus belajar dan menambah wawasan sendiri tapi juga harus produktif menyelesaikan pekerjaan yang ada. Bisa dibayangkan tiap hari kita kerja di depan laptop, berpikir keras dan explore terus menerus dan juga menyelesaikan pekerjaan secepat mungkin. Mungkin saat ini saya belum terbiasa jadi masih kurang menikmati pekerjaan itu , karena saya juga masih mencari pengalaman / passion di dunia kerja karena yang namanya belajar itu akan terjadi terus menerus sampai kita tua. Oya satu lagi curhatan saya , jangan berpikir klo pekerjaan sebagai programmer itu pasti bayarannya besar karena pekerjaan berat :D Semua itu bergantung perusahaan bukan profesinya.

Sekian postingan saya hari ini , salam sukses untuk teman" steemit sekalian.

Coin Marketplace

STEEM 0.27
TRX 0.13
JST 0.032
BTC 63715.95
ETH 2946.35
USDT 1.00
SBD 3.55