Dili Munanzar, Gagal Mengajak Orang Join di Steemit, Kini Menjadi Steem-Ambassador Indonesia 🇮🇩

in #promo-steem6 years ago (edited)

Dili Munanzar adalah Aktivis Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM). Ia pernah menjadi GaSAK (Gabungan Solidaritas Anti Korupsi) Bireuen sepanjang 2006 sampai 2011, dengan posisi sebagai Kepala Divisi Investigasi dan Monitoring, dan kemudian Manager Program.

12842697-951D-488A-BA8F-285E69F99E7A.jpeg
@dilimunanzar dan @ericha & Alfi, putra kesayangan

Lelaki kelahiran Banda Aceh, 18 April 1986, dan menikah dengan seorang Steemian juga @ericha ini, menempuh pendidikan SD Negeri 1 Lhokseumawe (1993 – 1998), SMP Negeri 1 Sampoinet, Baktya Barat (1998 – 2001) dan SMA Negeri 1 Lhoksukon (2001-2004) dan pendidikan tinggi ditempuhnnya di Universitas Almuslim pada program studi FKIP Bahasa Inggris (2004-2008).

A84C12D4-EC99-4328-A803-9CDF729DA2D9.jpeg
Salahsatu kegiatan GaSAK dalam mengkritisi pemerintahan di Bireuen (Photo JuangNews)

Mantan Staf Management – My Collection (Grosir dan Eceran Garment), dan staf management Suvervisor – CV Agro Mentari, “Sampai saat Ini saya memiliki jabatan sebagai Supervisor pedagang Kaki Lima, ” tuturnya.

F4583FDD-E71B-4CE5-BC3C-16043CEB0B65.jpeg
Memperkenalkan Steemit sejak usia dini sang putra

Sebagai aktivis, Dili Munanzar memiliki kemampuan komputer yang mumpuni. Mulai dari Microsoft Office Word, Exel, Power Point, Access & Outlook, sampai operasi program apple.

Sejarah Bergabung di Steemit

Dili Munanzar bergabung dengan steemit, bermula dari melihat share di Facebook, oleh kawannya @fachrul01. Lalu, ayah Muhammad Alfi Rizki ini mencaritahu apa itu steemit, dengan browsing di google dan membaca beberapa artikel terkait steemit.

617050CA-1845-48C8-AF1C-A855A0AADC1F.jpeg
Sang istri tercinta @ericha dan Muhammad Alfi Rizki

“Ga ada orang yang ajak saya bergabung di steemit,” kata Dili Munanzar. “23 agustus 2017 saya buat akun, dan verifikasi pasword pada 25 agustus. Itulah tanggal bersejarah buat saya dan selalu saya ingat,” imbuhnya.

Setelah dapat pasword dan bersteemit, Dili Munanzar mulai mengajak orang lain untuk join. “Tetapi malah dibilang saya gila saat itu, berbicara tentang media sosial yang memberikan reward pada usernya, hahaha,” kata Dili tertawa.

5125BF18-3943-424B-9057-AC74BD473928.jpeg.
Steem-Ambassador Indonesia, @rismanrachman, @ayijufridar
@dilimunanzar dan @bahagia-arbi

Bahkan menurutnya, ada teman yang bilang ga sempat kelola, padahal dia seorang penulis keren. “tapi sekarang setelah buat akun baru, dia sudah aktif dan mulai mempromosikan steemit pada orang lain,” kata Dili tanpa mau menyebut nama steemian Itu.

Dulu banyak yang apatis dengan steemit, namun Dili sangat optimis perkembangannya di Indonesia, makanya meski saat itu selama dua bulan ga dapat reward, Dili pantang menyerah.

Siapa orang pertama diajak?

“Saya promo sama keluarga saat itu, karena di luar rumah tidak ada yang percaya. Bahkan istri saya juga tidak begitu percaya,” ujar Dili.

6B8C5DFE-0FCB-4D06-9A5D-CC48430AB9D4.jpeg
Profil akun @dilimunanzar sebagai MeetUp Hunter

Dili kesulitan mengajak orang lain, karena dia sendiri belum ada bukti yang signifikan di Walletnya.

“Emoat bulan berlalu akhirnya saya menjawab semua tantangan orang lain, dengan mendapatkan reward dua kali dari blocktrades dan mengumpulkan seluruh postpaid yang saya miliki, akhirnya saya mengkonvert 250 steem yang saat Itu harganya Rp 189.000/Steem.”

Dili Munanzar menikmati liburan akhir tahun, dengan uang puluhan juta rupiah dari steem. “Saya bisa membeli Android baru sebagai hadiah pertama dari steem untuk saya dalam empat bulan masa aktif di sosial media yang bernama steemit,” tuturnya happy.

Dili menjadi anakmudanya
Semua orang yang mengatainya gila, mulai percaya. Steemit memberikan hasil bagi penggunanya.

Mulai Banyak Teman

Semenjak saat itu Dili terus konsisten di platform ini, bahkan dia menemukan teman teman baru yang terus saling support di platform ini.

48F4718E-568C-485B-BA3C-416CBAA02C99.jpeg
Bersama MeetUp Hunter Team dalam sebuah kegiatan

Konsistensinya ini menular pada sahabatnya @my451r, yang sekarang juga menjadi steem-ambassador. Yasir, menurut Dili, sempat apatis awalnya, namun melihat hasil yang dinikmatinya saat itu, dia mulai ikutan gila dan tambah konsisten di platform ini. Yasir teman di luar steemit, namun dia lebih dulu join daripada saya.

“Melihat reward saya beberapa kali dihantam bloktrade dia semakin termotivasi akhirnya,” kata Dili Munanzar.

Mulai Tour Promo-Steem

Dili bercerita, Promo-steem yang dia lakukan berawal dari steemit university di Lhokseumawe pada tanggal 29 januari 2018, itu kali pertama menjadi fasilitator Meet up untuk KSI, dan dilaksanakan di Lhokseumawe, “Acara diselenggarakan oleh saya, @my451r dan @faizarfatria dan luar biasanya menggunakan steem yang ada di wallet kami, disaat harga steem di atas 100 mengadakan meetup tentu bukan masalah bagi steemian, terbukti kami bertiga bisa melakukannya.” Tuturnya.

Promojkf1.png
Grafis: @jkfarza

Dili dan Yasir juga mulai semakin giat melakukan promo-steem. Bahkan juga sempat ke jakarta dan memperkenalkan steemit pada seorang Pengusaha bernama Amir Faisal, owner The Atjeh Connection. Tujuannya, agar Amir Faisal, tertarik menjadi investor dari Aceh di platform ini, “namun kesibukan beliau dalam pekerjaan, beliau mengirim @azwar.ipank dan @munir.yacob untuk bergabung di steemit,” kisahnya.

47792426-DC2A-4B56-AD8E-EA656A4BB52F.jpeg
Bersama Amir Faisal, The Atjeh Connection

Puncak kegilaan Dili Munanzar adalah ketika nekad ke Bandung pada meetup KSI chapter Bandung februari lalu. Karena, ia hanya bermodal steem di wallet dan pergi ke Bandung. “Saya sangat menikmati menjadi anak muda STEEM saat itu.”

Kini, Dili membentuk sebuah team di Aceh berjulukan “MeetUp Hunter”. Para Anggota MeetUp Hunter ini hadir di setiap even yang diselenggarakan di Aceh, dalam meetup di berbagai daerah.

F49D2AF3-0333-4A88-BB9D-589B3EA3D1D3.jpeg
Bersama @mariska.lubis Srikandi Steemit dari Bandung

Ia bersama kawan-kawannya melakukan tour ke Aceh timur, Dan mengadakan MeetUp di Idi bersama KSI chapter Aceh timur pada 24 February 2018.

Ia juga ikut dalam Promo steem di Aceh Tengah pada tanggal 05 s/d 06 maret, sembari powered by Steem Blockchain, Steemian Forest Care di pusat wisata Gunung Sala, Aceh Utara. Dia juga terlihat dalam Promo-steem bersama KSI chapter Pidie, pada 11 maret 2018 di Kota Sigli, Aceh.

EB74E056-FC9F-4574-B001-27905A184AB0.jpeg
Sebuah kegiatan steemian di Gunung Sala, Aceh

Selain itu Dili juga melakukan promo-steem melalui edukasi, komunikasi antar personal steemian dan komunitas terus dilakukan hingga saat ini.

Bahkan dia sudah mencoba melayangkan dua surat terbuka kepada Gubernur maupun Legislatif Aceh, untuk promo-steem di tingkat Pemerintahan.

“Dan dalam minggu ini saya dan teman teman meetup hunter juga diminta untuk memfasilitasi salah satu gagasan steemian dalam rangka memperingati hari bumi, untuk menyerahkan secara simbolis steemian environment care kepada kepala dinas BLHK Kota Lhokseumawe.” Jelas Dili.

610B46A0-2BE3-4B00-9625-12131EB4B03A.jpeg

Dengan semangat sebagai pemburu, mereka ingin memotivasi kawan kawan lainnya, bahwa di steemit kita diberikan 365 kali untuk sukses dalam setahun.

Menjadi Steem-Ambassador

Dari perjuangannya dengan MeetUp Hunter, akhirnya Dili Munanzar lulus steem Ambassador, dan dari 8 orang di Indonesia, 7 orang semuanya dari Aceh. “Hanya mba @mariska.lubis yang berasal dari pulau jawa, ini semakin memotivasi saya dan teman lainnya untuk terus konsisten di platform ini,” kata Dili penuh semangat.

B404EDE0-F7B1-4A08-A433-E3289019A069.jpeg

Dili bercerita, gurunya di steemit pertama adalah @owner99, beliau yang mengajarkan steemit padanya, setelah bergabung. @owner99 adalah putra Lhokseumawe juga, dan kini peringkat Dili satu tingkat dibawah sang guru.

Dulu, cerita Dili, saat pertama sekali dia bergabung, ketika masih 25 gurunya sudah 43. Steemit sangat fair, siapa yang rajin mencangkul dialah yang memanen hasil.

“Saya sering bercanda kalau jumpa beliau sekarang, beliau sering bilang, jangan durhaka mendahului guru, ha ha ha ha ha” kata Dili tertawa.

Menurutnya, di steemit tidak ada yang bisa diduga, karena di steemit kita sendiri yang menentukan ke arah mana kita mau berjalan, sukses dan terus membangun jaringan, atau sebaliknya.

Harapan Pada Steemian Indonesia

Harapannya pada Steemian Indonesia, dengan semakin maksimal steemian melakukan promo-steem ke berbagai kalangan, semakin berpeluang steem blockchain dikenal dan digunakan oleh berbagai kalangan di Indonesia.

92E1FDB5-B93A-42EF-BFD5-F3461C006600.jpeg
Bersama @apache13 dalam MeetUp KSI Chapter Bandung

Semoga dampak positif steem blockchain bisa membangkitkan perekonomian masyarakat secara luas melalui Smart Media Tokens, yaitu steemit.

Jakarta, 30 April 2018

With ❤️@jkfarza

Promojkf2.jpeg

Sort:  

Terima kasih untuk mantionnya dalam cerita ini, benar bahwa @dilimunanzar adalah sosok yang sangat gigih di steemit, beliau juga salah satu steemian yang Tahan Dengan Proses.

"Tanam dan rawatlah tanamanmu, maka kau akan menuai hasilnya kelak"

Saya bahagia sekali dan tersanjung dikomen dan diupvote sama @owner99 — Gurunya @dilimunanzar.

Saya sendiri kaget dengan proses yang dialami Munanzar saat saya mewawancarainya, Surprise!
Izin saya Follow Guru! 🙏🏼

Saya hanya seorang guru SMP yang suka ngoceh dimanaapun saya duduk dan ngopi bersama orang yang saya kenal pak, dan saya juga masih terus belajar tentang dunia baru ini. Alhamdulillah sekali progres seorang dili bisa melejit seperti skrg ini, saya bangga bisa kenal dan dekat dengan nya

Guru itu pahlawan yang (tanpa tanda) berjasa

Yang phon ma keudua ayah keulhee guree
ureung nan ban lhee ta peumulia
meunyoe na salah meuah ta lakee
supaya akhee tamong syuruga

🌹

Amin... Tergantung kiban ta jalani cit aduen. Hana mandum meuphom arti kata GURU

Terima kasih sekali abangdaku @owner99, motivasimu itu yang bikin diriku semangat hingga hari ini, seorang @owner99 yang bisa jadi konten kreator dengan music Open mic nya, dan yang memberi ide ide gila sampai saya di datangi steemclener karena post sampai 12 kali sehari, itu semua karena motivasi gilamu bang :D

Suatu ketika aku ingin menulis tentang @owner99

bro @dilimunanzar mudah-mudahan ini bisa terwujud ya

Keren sekali itu bang, sangat di rekomendasikan :)

heh...jangan segitu nya lah. Masi banyak steemian yang lebih bagus dari saya. Saya hanya suka mengajarkan apa yang saya anggap bermanfaat, tidak ada maksud lain kok...hehehe

Kita ngobrol aja dulu ya bro @owner99

adalah tugas saya sebagai tukang tulis,
agar orang-orang terinspirasi.

kadang kita banyak alasan ya kan, padahal orang sukses itu adalah orang yang hanya punya satu alasan, yaitu takada alasan hehe

Nanti says follow up, minta no Hpmu dari @dilimunanzar

Orang Sukses Selalu Punya Kelebihan Satu Cara, Orang Gagal Selalu Punya kelebihan 1 Alasan. Itulah Jalan Kehidupan Yang Kita Jalani skrg ini bro...

Kata Apa Karya, lagee na aju...

4E1BEA12-C8B8-458E-8332-3778E8CE673F.jpeg

Sangat menginspirasi kegigihan Bang @dilimunanzar.
Memang pantas mencecap hasil jerih payah saat merintis dahulu.
Terima kasih sdh berbagi tulisan bermanfaat ini Bang @jkfarza.

You are Welcome @ettydiallova

Sukses buat KSI Chapter Thaiwan ya, terbang tinggi dan jangan takut jatuh.

Salam

Bagus dan sangat inspiratif sekali. Izin reesteem bang @jkfarza

Silahkan @syarkia, ayo semangat.

Yang harus kita lakukan hanya hal hal sederhana ternyata, per banyak teman, posting dan komen. Itu aja

Pak Farza sekarang semakin keren nih postingannya. Detail banget mengulas bio stemian.

Promo steemit memang susah susah gampang ya.. Meski begitu harus tetap semangatt...

Saya ingin menulis semua profil mereka yang sukses di steemit,

terutama para kurator dan steem ambassador, dan profil mereka akan kubuatkan buku, mudaha-mudahan buku itu akan menjadi sumbangan untuk pengembangan steemit dan KSI di masa depan 🌿

Mohon dukunganmu @viviehardika dan semua Steemian

Mengagumkan dan sangat inspiratif sekali.
Sebuah testimoni yang sederhana tapi keren. Izin reesteem Pak Pengacara😊

Silahkan, monggo.

Lakukan secara baik dan benar sesuai aturan yang berlaku 😅

terima kasih bang dili, ini menjadi sebuah motivasi saya dalam kegiatan promo-steem.rencana hari ini tanggal libur.saya akan menghabiskan kegiatan saya untuk mempromosi steem blokchain Part 1.

Teruskan @arisviyo ada kesempatan 365x

dalam setahun untuk sukses, so kita memilihnya mau sukses sekali, 365 kali atau 730 kali hehe

yang penting keep spirit dalam mempromosika steem ke flatform pemula.

Memang sosok yang bernama akun @dulimunanzar sangat luarbiasa bg @jkfarza, terutama bagi saya pribadi. Dialah yang mengarah saya untuk membuat postingan tentang " tagging " Homesteading " itu dikarnakan dia melihat saya seorang perkebunan Pamelo ( boh giri matang )..jadi banyak sekali yang bisa di expose ke dalam media steemit. Dia berharap saya bisa mengikuti jejak master homesteading seperti @papa-pepper. Dan ini sudah saya jalan selam 2 bulan ini.. terimakasih banyak.

Yes. Pamelo mahal sekarang dan memiliki

kandungan nutrisi yang hebat, sehebat @papa-pepper, aku sudah Follow beliau bro

Yep.. Brader...

Semoga menjadi motivasi bagi semua rekan steemian, menjadi steemian harus memiliki mimpi, fokus pada impian, jalani proses karena proses tidak akan pernah mengkhianati hasil akhir.

Terima kasih kepada Abangda @jkfarza yang telah sudikiranya mengangkat cerita perjalanan saya di platform ini, Semangat kepada semua, di steemit setidaknya kita memiliki 365 kesempatan dalam setahun untuk sukses. Itu kata guru saya @owner99, dan masih terpatri di sanubari, hingga hari ini.

Kepada kurator Indonesia, You are awesome!

uhuuuuuyyyy....go to the ucong pisang, glue pam rheut sakiiiit....hahahaha

nyoe hai aduen, sep lambong-lambong geu peu ek teuh.... watee rheut cit bit that sakeet hahhahaa

Jameun watee ubit, na dua boh istilah lon galak.

lambong-lambong kupiah, dan jak pupok sendok hehe

Lambong-lambong kupiah, itu tanda kegembiraan saat mencapai suatu prestasi atau harapan.

Pupok sendok, adalah ajakan makan mie sebagai traktiran jika kawan mendapatkan berkah atau uang..

Nyoe lambong² pujian, oh meusawak cong bak mamplam ikap lei seurabei keumah teuh lhuw kulet teuh iyeuh.... Hahaha

Wuihh, makin kenceng nih postingan bang @jkfarza reputasipun kian melangit, mantapp 👍

Sungguhan cerita yang penuh inspiratif dan memberi aura semangat yang bergeliat di dada, super sekali cerita tentang bang @dilimunanzar luar biasa mantapp 👍👍👍

Terimakasih apresiasinya bro @rauzaljm

dan mohon dukunganmu terus menerus ya, biar aku bisa eksis 😉

Okok sip bang @jkfarza 👍
Tulisan nya keren dan mantapp layak di support terus supaya abang makin eksis menulis juga yak 😆

Okesiap bang 👍

Sebuah #sejarah panjang yang dilalui oleh @dilimunanzar dalam menempuh terjalnya alam liar #steem dan dalam nya Lautan #steemit, dan sebuah pencapaiaan yang luar biasa didapatkan adalah semuanya buah dari kerja keras yang sangat patut di tiru oleh seluruh steemian pemula, dan kita harus meyakini bahwa, setiap #Usaha takkan pernah #Mengkhianati #Hasil,.....................

Cerita yang sangat enak untuk dibaca dengan segelas kopi di warung kopi,..............sukses selalu bang. @jkfarza

Nanti jika aku tiba di Bireun, kutagih kopinya ya

@helmibireuen. Ngopi dengan steemian adalah gura, semuanya omongan tentang promo-steem hehe

Coin Marketplace

STEEM 0.28
TRX 0.12
JST 0.033
BTC 70018.15
ETH 3794.54
USDT 1.00
SBD 3.75