Tok Rebise Di Loyang Koro Danau Laut Tawar

in #sertalia5 years ago

IMG_20191024_100852.jpgLoyang Koro berasal dari bahasa daerah Gayo yang artinya loyang adalah Gua sedangkan Koro adalah kerbau loyang koro adalah gua kerbau berada di pinggiran Danau Laut Tawar terletak sebuah gua yang menembus pegunungan Birahpanyang sampai ke Daerah Isaq yang jauhnya kira-kira 35 km, pada abad ke-18 gua ini digunakan oleh masyarakat untuk jalan penghubung antara desa Toeren uken dengan gua loyang Datu di Isaq

Aktivitas masyarakat Toeren Uken adalah bersawah sedangkan di daerah isaq adalah suatu daerah tempat pengembalaan Oleh sebab itu pada musim tanam padi di daerah Toeren masyarakat mengembalakan ternak kerbau nya ke desa Isaq demikian sebaliknya pada musim bercocok tanam di daerah toeren uken dan sekitarnya masyarakat membawanya kembali kerbau melalui gua loyang Koro ini untuk digunakan sebagai alat pertanian seperti membajak sawah menghaluskan bongkahan tanah sawah dan lain-lain.

Selain jalan pintas gua ini pada awal zaman penjajahan kolonial Belanda digunakan untuk markas kelompok masyarakat di Aceh Tengah atau Gayo yang menentang kehadiran kolonial Belanda (tentara Muslimin) di pimpin oleh Jemerah aman catur atau sering dikenal oleh masyarakat dengan sebutan Tok Rebise.

Tok rebise ini adalah seorang jawara yang mempunyai ilmu kedigdayaan yang mampu berjalan dalam gelap tanpa penerang mampu bertahan di dalam api apabila dibakar.

Sort:  

Congratulations, your post has been upvoted by @dsc-r2cornell, which is the curating account for @R2cornell's Discord Community.

Manually curated by @jasonmunapasee

Congratulations @sertalia! You have completed the following achievement on the Steem blockchain and have been rewarded with new badge(s) :

You published more than 20 posts. Your next target is to reach 30 posts.

You can view your badges on your Steem Board and compare to others on the Steem Ranking
If you no longer want to receive notifications, reply to this comment with the word STOP

To support your work, I also upvoted your post!

Do not miss the last post from @steemitboard:

SteemFest⁴ commemorative badge refactored
Vote for @Steemitboard as a witness to get one more award and increased upvotes!

Coin Marketplace

STEEM 0.28
TRX 0.12
JST 0.032
BTC 66367.17
ETH 3007.58
USDT 1.00
SBD 3.71