Apakah Kita Benar-Benar Memiliki Kehendak Gratis? | Homo Deus Bagian 3

in #steem6 years ago (edited)

image

Memiliki kehendak bebas adalah sesuatu yang melekat pada cara kita menjalani hidup kita sebagai manusia. Bebas akan berakar ke setiap pasang surut dan arus masyarakat kita. Entah Anda seorang pria iklan yang mencoba menjual sereal, ahli bedah yang bekerja pada pasien atau hanya rata-rata joe yang keluar untuk makan, kehendak bebas adalah sesuatu yang kita ketahui.

Tetapi apakah kita benar-benar memiliki kehendak bebas atau apakah tindakan kita diatur oleh keinginan kita yang melekat? Banyak orang akan menjawabnya dengan mengatakan bahwa kemampuan mereka untuk memiliki keinginan yang melekat pada kenyataannya adalah apa yang memberi mereka kehendak bebas.

Jika saya menginginkan kue kepingan coklat dan kemudian memakan kue, Anda dapat mengatakan bahwa saya memiliki kehendak bebas untuk memilih untuk menginginkan kue itu dan kemudian saya membuat keputusan bebas lain untuk memasukkan kue itu ke mulut saya dan memakannya.

Keinginan kami tidak benar-benar gratis, seperti yang saya pelajari dari membaca Homo Deus. Cara Yuval menempatkan ini fantastis:

“Manusia bertindak sesuai dengan keinginan mereka. Jika dengan 'kehendak bebas' Anda berarti kemampuan untuk bertindak sesuai dengan keinginan Anda - maka ya, manusia memiliki kehendak bebas, dan begitu pula simpanse, anjing, dan burung beo. Ketika Polly ingin seorang cracker, Polly makan kerupuk. Tetapi pertanyaan satu juta dolar bukanlah apakah burung beo dan manusia dapat bertindak sesuai keinginan batin mereka - pertanyaannya adalah apakah mereka dapat memilih keinginan mereka di tempat pertama. ”

Bisakah Kita Memilih Keinginan Kita di Tempat Pertama?

Kembali ke analogi cookie kami, apa yang membuat saya menginginkan cookie di tempat pertama?

Banyak yang akan mengatakan bahwa mereka hanya menginginkan kue sehingga mereka memunculkan keinginan untuk memakan kue. Itu sama sekali bukan kasusnya. Keinginan kita jauh lebih kompleks daripada keputusan sederhana yang diinginkan.

Bagaimana jika kita dapat meramalkan keinginan kita beberapa detik sebelum kita secara sadar sadar bahwa kita bahkan memiliki keinginan itu? Apakah itu mengubah cara kita memandang keinginan kita? Apakah keinginan kita tidak lagi bebas? Sebaliknya, akankah kita memandang keinginan kita sebagai hasil dari DNA kita, pengalaman masa lalu dan kemampuan untuk berpikir?

“Ini bukan hanya hipotesis atau spekulasi filosofis. Hari ini kita dapat menggunakan pemindai otak untuk memprediksi hasrat dan keputusan orang jauh sebelum mereka menyadarinya. Dalam satu jenis eksperimen, orang ditempatkan di dalam pemindai otak besar, memegang sakelar di masing-masing tangan. Mereka diminta untuk menekan salah satu dari dua sakelar itu kapan pun mereka mau. Para ilmuwan yang mengamati aktivitas saraf di otak dapat memprediksi tombol mana yang akan ditekan oleh seseorang sebelum orang itu benar-benar melakukannya, dan bahkan sebelum orang itu sadar akan niatnya sendiri. Peristiwa saraf di otak menunjukkan keputusan seseorang dimulai dari beberapa ratus milidetik hingga beberapa detik sebelum orang itu sadar akan pilihan ini. ”

“Ketika reaksi berantai biokimia membuat saya ingin menekan tombol kanan, saya merasa bahwa saya benar-benar ingin menekan tombol kanan. Dan ini benar. Saya benar-benar ingin menekannya. Namun orang-orang dengan keliru melompat ke kesimpulan bahwa jika saya ingin menekannya, saya memilih untuk menginginkannya. Ini tentu saja salah. Saya tidak memilih keinginan saya. Saya hanya merasakan mereka, dan bertindak sesuai. "

Cara Menguji Ide Ini Sendiri

Yuval menawarkan kepada kita sedikit eksperimen pikiran untuk melihat apakah Anda dapat menemukan akar penyebab atau pikiran yang mengarah pada keinginan. Cobalah dan lihat apa yang terjadi:

“Lain kali, sebuah pikiran muncul di pikiran Anda, berhenti dan tanyakan kepada diri Anda sendiri:‘ Mengapa saya memikirkan pemikiran khusus ini? Apakah saya memutuskan semenit yang lalu untuk memikirkan pikiran ini, dan baru setelah itu saya memikirkannya? Atau apakah itu hanya muncul dalam pikiran saya, tanpa izin atau instruksi saya? Jika saya memang penguasa pikiran dan keputusan saya, dapatkah saya memutuskan untuk tidak memikirkan apa pun selama enam puluh detik ke depan? ”

Implikasi Dunia Nyata

Implikasi dunia nyata apakah kita dapat dengan bebas memilih keinginan kita sangat besar. Ide mengendalikan keinginan kita ini dapat diterapkan pada berbagai bidang, ilmu, praktik, seni…

Yuval memberi kita contoh “laboratorium robo-rat”:

“Robo-rat adalah tikus run-of-the-mill dengan twist: ilmuwan telah menanam elektroda ke area sensorik dan hadiah di otak tikus”

Pikirkan itu gila? Tunggu saja bagian selanjutnya ini:

“Ini memungkinkan para ilmuwan untuk manuver tikus dengan remote control. Setelah sesi pelatihan singkat, para peneliti tidak hanya berhasil membuat tikus berbelok ke kiri atau kanan, tetapi juga memanjat tangga, mengendus tumpukan sampah, dan melakukan hal-hal yang biasanya tidak disukai tikus, seperti melompat dari ketinggian yang tinggi. ”

Ini adalah pengendalian pikiran dalam pembuatan. Bahkan, mereka benar-benar dapat "mengendalikan" tikus dengan mengubah keinginan mereka dan membuat mereka ingin melakukan hal-hal yang biasanya tidak pernah diinginkan tikus.

Jika apa yang kita sebut "kehendak bebas" dikendalikan oleh keinginan kita dan keputusan kita untuk bertindak berdasarkan keinginan kita, maka seberapa jauh itu adalah percaya bahwa mengendalikan keinginan seseorang akan memberi Anda kemampuan untuk mengendalikan cara mereka menjalani hidup mereka secara keseluruhan. kehidupan?

Katakanlah bahwa dalam skenario masa depan sci-fi kita semua berakhir dengan semacam alat chip komputer di otak kita yang menstimulasi keinginan tertentu. Akankah kita tahu bahwa seseorang mengendalikan keinginan kita? Ataukah kita hanya merasakan keinginan yang muncul entah dari mana seperti yang sudah kita alami?

“Sepengetahuan kami, tikus tidak merasa bahwa ada orang lain yang mengendalikannya, dan dia tidak merasa bahwa dia dipaksa untuk melakukan sesuatu yang bertentangan dengan keinginannya. Ketika Profesor Talwar menekan remote control, tikus itu ingin pindah ke kiri, itulah sebabnya dia bergerak ke kiri. Ketika profesor menekan tombol lain, tikus itu ingin menaiki tangga, itulah sebabnya dia memanjat tangga. Setelah semua, keinginan tikus tidak lain hanyalah pola syaraf penembakan. Apa bedanya apakah neuron yang menembak karena mereka dirangsang oleh neuron lain, atau karena mereka dirangsang oleh elektroda yang ditransplantasikan terhubung ke remote control Profesor Talwar? Jika Anda bertanya kepada tikus tentang hal itu, dia mungkin telah mengatakan kepada Anda, 'Tentu saja saya memiliki kehendak bebas! Lihat, saya ingin berbelok ke kiri - dan saya belok kiri. Saya ingin menaiki tangga - dan saya menaiki tangga. Bukankah itu membuktikan bahwa saya memiliki kehendak bebas? ”

Membawa kembali ke skenario sci-fi: jika seseorang mengendalikan keinginan kita untuk mengatakan, bekerja 10 jam sehari, bagaimana kita tahu apakah kita benar-benar ingin bekerja 10 jam sehari?

Jika otak kita dirangsang dengan cara yang sama seperti tikus dalam percobaan kita dirangsang, maka tidakkah kita benar-benar merasa seperti kita ingin bekerja? Karena kita tidak benar-benar tahu dari mana keinginan kita berasal, tidak jauh untuk percaya bahwa jika seseorang memanipulasi keinginan ini tanpa sepengetahuan kita, mereka dapat membuat kita melakukan hal-hal yang biasanya tidak kita lakukan tetapi kita akan berpikir bahwa kita sebenarnya menginginkan untuk melakukannya.

Bisakah Ini Digandakan ke Manusia?

Kami telah melihat dalam beberapa eksperimen bahwa manusia juga dapat dimanipulasi oleh stimulasi elektroda.

“Ada kemungkinan untuk menciptakan atau memusnahkan perasaan yang kompleks seperti cinta, kemarahan, ketakutan, dan depresi dengan merangsang titik-titik yang tepat di otak manusia. Militer AS baru-baru ini memulai eksperimen untuk menanamkan chip komputer di otak manusia, berharap menggunakan metode ini untuk mengobati tentara yang menderita gangguan stres pasca-trauma. ”

Yuval juga menawarkan contoh lain dari eksperimen jenis ini pada manusia yang dilakukan di Rumah Sakit Hadassah di Yerusalem. Mereka menanamkan elektroda ke otak pasien mereka yang melekat pada komputer yang ditanam di dada mereka. Ketika komputer mengirimkan perintah ke elektroda, arus lemah dikirim ke area otak yang bertanggung jawab untuk depresi. Jenis perawatan ini tidak selalu berhasil, tetapi banyak pasien yang melaporkan bahwa perasaan gelap mereka lenyap seperti sihir.

Satu cerita ini benar-benar menarik perhatian saya:

“Satu pasien mengeluh bahwa beberapa bulan setelah operasi, dia kambuh, dan diatasi dengan depresi berat. Setelah diperiksa, para dokter menemukan sumber masalahnya: baterai komputer sudah kehabisan daya. Begitu mereka mengganti baterainya, depresi dengan cepat meleleh. ”

Saya merasa seolah-olah jenis perangkat ini akan menjadi bagian dari kami pada titik tertentu dalam waktu dekat yang relatif dekat. Tebakan terbaik saya akan mengatakan bahwa sebagian besar penduduk akan memiliki semacam "chip" dalam 30-40 tahun ke depan. Pasti ada beberapa kerugian - manipulasi dan sebaliknya - tetapi saya juga bisa melihat semua manfaat potensial:

Bantu orang-orang dengan PTSD
Bantu orang-orang dengan depresi, kecemasan, dan banyak penyakit mental lainnya
Bantu orang membangun kebiasaan positif - rangsang keinginan untuk membaca buku, belajar, berlatih instrumen, dll.

Saya akan memberi Anda pertanyaan-pertanyaan ini, beri tahu saya apa yang Anda pikirkan di komentar di bawah ini!

Apa yang akan terjadi jika kita dapat menulis ulang monolog batin yang melewati kepala kita ketika kita menjalani hidup? Bagaimana jika Anda dapat mengubah hal-hal yang Anda inginkan sehingga mereka lebih fokus pada hal-hal yang ingin Anda inginkan daripada keinginan acak yang tampaknya muncul di kepala Anda secara acak?

Apakah Anda ingin mengubah keinginan Anda sehingga Anda menghabiskan lebih banyak waktu untuk hal-hal yang ingin Anda habiskan lebih banyak waktu - baik itu membaca, menari, memainkan alat musik, olahraga, dll?

Coin Marketplace

STEEM 0.26
TRX 0.13
JST 0.032
BTC 60837.81
ETH 2874.77
USDT 1.00
SBD 3.62