17 hours lost the Future in Steemit | Bilingual |

in #steemit6 years ago


Source


During this time, I always remind Steemians friends to maintain password security in Steemit like keeping the heart. I also treat the password very carefully. As if he were a treasure, I kept it in a metal box with a big padlock. That is, my Steemit password treats as my future key that should not be lost or accessed by others.

I save the Steemit password in a special email. In that email, any password changes Steemit (generated), I always to send, in addition, I save in a special folder for backup. I always consider the worst possibilities such as missing or damaged laptop, so the password is still stored in the email. My third backup is done manually, ie save the print. But the last one sometimes I do not do when generating a password.

Why should a generated password?

So far, I've done four times a generated password, especially after I log in through a third-party app. Re-read some of the posts in Steemit, including from the Indonesian curator, @aiqabrago who reminds us to be careful using third-party apps. By doing generated, I secure the possibility of evil hands trying to disrupt Steemit's account. It's like an ATM pin that needs to be updated.

The problem of sending links from strangers with various entertaining information, I never care. So far, my account is safe.

However, fortunately, cannot be achieved, unlucky cannot be rejected. On May 18, 2018, at 08:44 pm, I forgot to save the new password after doing the generated. As a result, I can not login. Wow, this is my first case and I do not have any experience how to handle it. I tried to contact some experienced colleagues like @ kemal13, @bahagia-arbi, @abduhawab, and @safwaninisam.

I also contacted @aiqabrago who provided some helpful names, including @drakos who responded quickly. Witness other like @gtg also I call and give the response. And the fastest respond is @donkeypong which I already consider as my mentor in Steemit. I had a long conversation with @donkeypong until 11:00 (I imagine he would be sleepy because in his country it means at 11:00 pm). The point is because it still keeps the old password, my account is safe. It only takes time to perform a first stage account recovery.

Previously called @kemal13 and he helped with some solutions that turned out to be unsuccessful. I can not get a password from Google because there is no setting to save passwords. Finally, I resigned to wait for the password recovery news in the email I used to register an account at Steemit. The keyword is there. You should not forget the email you used to register. Recovery uses that email address.

Although @donkeypong said everything will be okay because I still keep the old password before generated and still keep the email when registering, inevitably I am upset too. For me, Steemit has become the future, let alone the next two months I no longer have a job after my duty as a commissioner of the election organizer in Aceh Utara ended. I will work full time in Steemit. Missing accounts is just like losing the future.

Finally, on 01:44 am or 17 hours later, I get a reply from [email protected] that my account recovery is approved. After clicking the link they send, I get a new password and all the control of the account is in my hand again.

Thanks a lot to @donkeypong, @drakos, @gtg, @kemal13, @aiqabrago, @mariska.lubis, @abduhawab, @bahagia-arbi, and @safwaninisam who have provided solutions, information, and references to similar cases that other Steemians have. May this be a lesson for me and other Steemians. Keep your Steemit password just like keeping your heart the only one. []



Source



Source


17 Jam Kehilangan Masa Depan di Steemit

Selama ini, saya selalu mengingatkan sahabat Steemians agar menjaga keamanan password di Steemit seperti menjaga hati. Saya juga memperlakukan password dengan sangat hati-hati. Seolah ia adalah harta karun, saya menyimpannya dalam kotak besi dengan gembok besar. Artinya, password Steemit saya perlakukan sebagai kunci masa depan saya yang tidak boleh hilang atau diakses orang lain.

Saya menyimpan password Steemit di email khusus. Di email itu, setiap ada perubahan password Steemit (generated), selalu saya kirim, selain saya simpan di folder khusus agar ada backup. Saya selalu mempertimbangkan kemungkinan terburuk seperti laptop hilang atau rusak, sehingga password masih tetap tersimpan di email. Backup ketiga saya lakukan dengan manual, yakni menyimpan hasil print. Tapi yang terakhir terkadang tidak saya lakukan ketika melakukan generate password.

Mengapa harus generated password?

Selama ini, sudah empat kali saya melakukan generated password, terutama setelah saya masuk melalui aplikasi pihak ketiga. Baca kembali beberapa postingan di Steemit, termasuk dari kurator Indonesia, @aiqabrago yang mengingatkan agar berhati-hati menggunakan aplikasi pihak ketiga. Dengan melakukan generated, saya mengamankan kemungkinan adanya tangan-tangan jahat yang mencoba mengganggu akun Steemit. Ini seperti pin ATM yang perlu diperbaharui.

Soal kirim tautan dari orang tak dikenal dengan berbagai informasi yang menghibur, tidak pernah saya peduli. Sejauh ini, akun saya aman-aman saya.

Namun, untung tak dapat diraih, naas tak dapat ditolak. Pada 18 Mei 2018 pukul 08:44 pm, saya lupa menyimpan password baru setelah melakukan generated. Akibatnya, saya tidak dapat login. Wow, ini kasus pertama yang saya alami dan belum memiliki pengalaman cara menanganinya. Saya mencoba menghubungi beberapa rekan yang sudah berpengalaman seperti @kemal13, @bahagia-arbi, @abduhawab, dan @safwaninisam.

Saya juga menghubungi @aiqabrago yang memberikan beberapa nama yang bisa membantu, termasuk @drakos yang merespon dengan cepat. Witness lainnya seperti @gtg juga saya hubungi dan memberikan respon. Dan yang paling cepat merespn adalah @donkeypong yang sudah saya anggap sebagai mentor saya di Steemit. Saya terlibat percakapan panjang dengan @donkeypong sampai pukul 11.00 (saya bayangkan dia pasti sudah mengantuk karena di negerinya itu berarti pukul 11.00 malam). Intinya, karena masih menyimpan password lama, akun saya aman-aman saja. Hanya butuh waktu untuk melakukan pemulihan akun tahap pertama.

Sebelumnya menelepon @kemal13 dan ia membantu dengan beberapa solusi yang ternyata tidak berhasil. Saya tidak berhasil mendapatkan password melalui Google karena tidak ada setingan untuk menyimpan password. Akhirnya, saya pasrah menunggu kabar pemulihan password di email yang saya gunakan untuk mendaftar akun di Steemit. Kata kuncinya memang di sana. Anda jangan sampai lupa dengan email yang Anda gunakan untuk mendaftar. Pemulihan menggunakan alamat email tersebut.

Meski @donkeypong bilang semuanya akan baik-baik saja karena saya masih menyimpan password lama sebelum generated dan masih menyimpan email saat mendaftar, tak urung saya galau juga. Bagi saya, Steemit sudah menjadi masa depan, apalagi dua bulan ke depan saya tidak memiliki pekerjaan lagi setelah masa tugas sebagai Komisioner penyelenggara pemilu di Aceh Utara berakhir. Saya akan bekerja sepenuh waktu di Steemit. Hilang akun sama saja seperti kehilangan masa depan.

Akhirnya, pada puku 01:44 am atau 17 jam kemudian, saya mendapatkan balasan dari [email protected] bahwa pemulihan akun saya disetujui. Setelah klik tautan yang mereka kirim, saya mendapatkan password baru dan seluruh kendali akun berada di tangan saya kembali.

Terima kasih kepada @donkeypong, @drakos, @gtg, @kemal13, @aiqabrago, @mariska.lubis, @abduhawab, @bahagia-arbi, dan @safwaninisam yang telah memberikan solusi, informasi, dan referensi kasus serupa yang pernah dialami Steemians lain. Semoga ini menjadi pelajaran bagi saya dan Steemians lain. Jagalah password Steemit seperti menjaga hati Anda yang hanya satu-satunya.[]



Source


Badge_@ayi.png


follow_ayijufridar.gif

Sort:  

Ini pengalaman yg sangat berharga ya bang Ayi, bisa membantu kami untuk menambah pengetahuan. Thank you :D

Sama-sama @rastaufik10. Jangan sampai kehilangan kendali atas akun sendiri, apalagi akunnya sudah memiliki aset digital yang banyak.

Alhamdulillah, Semoga ini menjadi pelajaran bagi kita semua untuk lebih berhati-hati lagi .

Mau telepon @levycore juga pagi itu. Tapi ternyata menurut laporan intelejen Bagdad, @levycore masih ngorok, hehehehe....

Pengalaman berharga ini, agar para steemian dapat lebih berhati-hati. Bila hilang password generated, kita sudah ada jawabannya. Password doge jangan sempat hilang bang, akhir tahun doge naik ... heheheh

Seharusnya Doge sudah naik sekarang di musim Ramadan @abuarkan. Bulan puasa kan banyak bukaan. Toke Doge @hendrafauzi sekarang.

bahaya juga ya pak @ayijufridar kalau sampai harta karun itu tak kita dapati lagi, saya belum pernah coba seperti cara bapak

Makanya, jaga baik-baik passwordnya @zulfadli. Jangan sampai hilang.

iya pak,pasti karena itu harta karun paling berharga...hehehe
udah sahur pak?

Alhamdulillah. Doa di bulan puasa cepat di ijabah pak :D

Pelajaran berharga di bulan ramadhan ini

Semoga menjadi pelajaran bagi semua @adilvakhri. Saleum.

Get gure. :)

Saya simpan pass dengan aman di dropbox.. mudah²an tak kena pissing..

Semoga aman terkendali @maulisaputra. Tapi jangan sampai latah meng-klik tautan dari orang yang tidak jelas sumbernya.

Noted! Berguna sekali. Selama ini saya selalu menyimpan password (apapun) di layanan cloud, agar mudah saya ambil lagi kalau membutuhkan. Insya Allah selama ini belum punya kendala soal password.

Nah, saya sedang masalah dengan cloud karena jarang pakai jadi lupa passwordnya. Adakah cara untuk mendapatkan kembali @acehpungo?

Cloud Mac menggunakan Apple ID. Kalau Mac masih bisa dipake, berarti akun cloud aman2 saja. Atau reset password Apple ID

Kalau utk jaga satu hati saja susahnya minta ampun, bagaimana yang punya beberapa hati, ya?! 😜

Makanya hati-hati menjaga hati @beladro. Menjaga banyak hati justru lebih mudah. Ibarat memelihara kuda, satu kuda dengan banyak kuda tetap butuh kandang, hahahahaha.

Hal ini pernah saya alami ketika mengenerate password saat pertama x bergabung.. namun saya gagal mendapatkannya kembali karena tidak menyimpan password lama.. tapi selamat bg ayi sudah mendapatkan akun kembali. Semoga kedepan steemit menyediakan tool yang bisa mngembalikan password pertama x login.

Padahal, caranya sangat mudah @my451r. Hanya saja, waktu itu kita belum tahu langkah yang harus ditempuh. Sejauh masih memiliki email yang dulu kita gunakan untuk mendaftar, mudah sekali melakukan recovery akun.

Mantap tulisan nya

Terima kasih @blacksweet24. Semoga berguna.

Ya sama sama bang. ...

Coin Marketplace

STEEM 0.30
TRX 0.12
JST 0.033
BTC 64344.02
ETH 3142.36
USDT 1.00
SBD 4.01