Cara Menulis Artikel di Steemit: HTML Markup & Formatting

in #steemit6 years ago (edited)

Oh iya, sebelumnya, saya ingin meluruskan bahwa konten ini adalah konten duplikat dari artikelnya langsung, disini: Cara Menulis Artikel di Steemit bagi Pemula.

Artikel yang ada di blog tersebut adalah blog pribadi saya; atas nama Arief Ghozaly, blog yang notabene sudah cukup disegani oleh kalangan blogger Indonesia (ngeri pokoknya :p)...

Posting tersebut sudah dikunjungi lebih dari 20.000 kali; mengingat Steemit akhir-akhir ini lagi booming banget di Indonesia. Dan ternyata, salah satu pembacanya adalah tetangga saya sendiri XD

Nama saya Arief Ghozaly, orang Aceh asli, tok-tok... saat ini sedang kuliah semester akhir; mungkin disini ada Steemians asal Aceh juga :)

Mengingat banyaknya para Steemians baru-baru ini, barangkali ada yang bertanya bagaimana cara membuat blockquote, table; bold, italic dan underline; menambah gambar, Syntax Highlight, dll.

Nah, segudang pertanyaan itulah yang seringkali dipikirkan oleh steemians pemula seperti saya (pemula dalam penghasilan karena belum pernah cair sekali pun, astaghfirullah...)

html-markup-formatting.jpg

Sebenarnya, caranya itu cukup mudah, kok...! Yang perlu kita ketahui adalah dasar-dasar HTML; dan insya Allah saya sudah cukup mengerti terkait dasar-dasar HTML itu bagaimana.

Tanpa basa basi alias babibu, berikut format penulisan artikel HTML pada Steemit.

Cara Menulis Artikel di Steemit: HTML Markup & Formatting

#1. Header Tags SEO

Dikenal oleh kalangan blogger sebagai Header Tags SEO; yang artinya, mana yang penting sekali, penting aja, penting, gak penting dan gak usah dipentingkan.

Contohnya seperti ini:

  1. H1 adalah penting banget-banget
  2. H2 adalah penting banget
  3. H3 penting aja
  4. H4 nggak terlalu penting
  5. H5 kalau bisa jangan dipakai
  6. H6 anggap aja tidak ada

Tag Heading ini akan di Crawling oleh GoogleBot dalam memindai tiap-tiap elemen yang ada di dalam blog; seperti tadi, mana penting dan tidak penting.

Cara memasangnya seperti ini:

<h2>Halo, Nama saya Arief Ghozaly</h2>

Nantinya, pada preview penulisan artikel di Steemit, pasti muncul tulisan yang agak tebal dan membesar. Mengapa? Karena Anda baru saja memasang Heading Tag dengan Tag H2.

Selalu ingat, jangan gunakan H1. Kenapa? H1 itu sudah terpasang secara otomatis di judul artikel Steemit. Kalau H1-nya double, malah itu berbahaya bagi artikel Anda; tidak di indeks oleh Google, spam, tidak bagus, over SEO.

Maka dari itu, cukup gunakan tag H2 dan H3. Untuk tag H5, tidak perlu digunakan karena memang tidak penting.

#2. Cara Membuat dan Memasang Blockqoute

Blockqoute itu adalah kutipan, keterangan lebih lanjut bisa dibaca disini: Cara Menulis Artikel di Steemit bagi Pemula.

ini adalah format Blockquote yang saya buat di konten Steemit

#3. Emphasis Style Format: Format Tulis Penekanan

Di dunia blogging, kita mengenalnya dengan istilah Bold (tebal), Italic (miring) dan Underline (garisbawah). Bagaimana cara membuatnya?

Simple, sangat mudah. Gunakan kode bintang (*), garis bawah (_) dan garis Tildes (~). Contohnya:

Halo, nama saya Arief Ghozaly asal Aceh, Indonesia

Atau:

Kalau Gagal, bisa Coba Lagi

Atau:

Halo, nama saya Arief Ghozaly asal Aceh, Indonesia

Praktek saja, nanti preview-nya muncul di bawah bagan artikel Steemit; atau, Anda bisa mengunjungi artikel resminya (URLnya sudah terpasang, kunjungi)

#4. Cara Menambah / Pasang Tautan Link di Artikel Steemit

Click Disini, Anda ke Google

Atau dengan contoh dibawah ini:

Ayo follow Instagram Saya

Note: Format HTML tidak bisa dibikin tutorialnya,
saran saya kunjungi artikel resminya (URL diatas, paragraf pertama).

#5. Mengatur Tulisan Rata Kiri, Tengah dan Kanan

Kalau ingin mengatur posisi tulisan di artikel Steemit menjadi rata kanan, kiri atau tengah, gunakan kode perintah dibawah ini:

<center>Tu> tsan in aktengah </center>
<left> tulisan kiri </left>
<right> tulisan kanan& <t;/rig>

enter>Note: Untuk tulisan rata kiri, Anda tidak perlu menggunakannya "Left" karena secara default, Steemit menggunakan tulisan rata kiri.

Untuk informasi lebih lanjut, para Steemians dipersilahkan dengan segala hormat untuk mengunjungi artikel yang telah saya tautkan diatas.

Jujur, disini saya tidak berniat mempromosikan blog saya.... hanya saja, HTML Markup dan Formatting tidak bekerja di kolom penulisan Steemit. Mohon maaf dan semoga membantu...

AG-upvote-follow-resteam-bawah-atas-melayang.gif

Sort:  

Artikel mantap
Upvote saudara

Maloka, pemilik bisnis kecap malika XD

hahaha bkn pak
maloka pemilik dunia wkwkwkwk
gabung di group telegram steemit indonesia pak
link ada di post saya
siapa tau dpt vote byk

hpnya lagi rusak om
besi kuningan usb chargernya patah hahahaa

Diupvote yaa..

Coin Marketplace

STEEM 0.28
TRX 0.13
JST 0.032
BTC 65999.51
ETH 3019.75
USDT 1.00
SBD 3.71