Pengalaman Hilangnya Kata Sandi Steemit, dan Saran Untuk Mencegahnya!

in #steemit6 years ago

IMG_20180509_204659.jpg

source original image

Guys! Coba kalian lihat akun steemit dengan nama @taufikrastafara, itu merupakan akun steemitku yang pertama kalinya dalam sejarah kehidupan makhluk bumi dan makhluk astral di dunia lain. Akun tersebut aku daftar dengan adanya ajakan oleh seorang yang super gila, dia adalah @ulokgram.

Pada bulan Juni 2017, aku mendaftarkan akun di steemit bersama-sama dengan sahabatku si @msyauqinabawi, dan @rizarahmad saat itu. Guruku sang @ulokgram, mengenal steemit dari seseorang yang dia panggil dengan sebutan Teungku, beliau memiliki akun steemit yang bernama @steemvest17. Berkat dua orang tersebut aku memiliki akun steemit yang bernama @taufikrastafara.

IMG_20180509_204714.jpg

Namun apa daya saat itu aku belum paham betul cara menggunakan steemit dengan benar, walaupun saat ini tak benar-benar paham juga. Saat itu, aku menyamakannya seperti Facebook, Instagram atau beberapa media sosial lainnya. Aku meposting sesuka hati, gambar tidak pernah ada dibubuhi sumbernya, penulisan tidak pernah benar, serta tidak pernah aku mengetiknya dengan sesuai dengan ajaran yang benar di steemit.

Dari pertama postingan hingga terakhir, selalu aku bubuhi tag introduceyourself, karena bisa mengundang komentar dan vote dari orang lain. Padahal yang aku lakukan itu salah besar, sering dikomentari cheetah, aku mengira itu dukungan, rupanya komentar peringatan yang saat itu aku belum mengerti. Untuk apa SBD, STEEM dan Steem Power saja aku tak tahu, apalagi cara menukarkannya ke rupiah, nyan sit tan meuphoem aju!

20-39-29-images.jpg

source

Karena beberapa hal, aku tidak lagi menggunakan akun steemit tersebut. Sekitar beberapa bulan tidak menggunakannya, namun akun itu masih belum ku log out di smartphone milikku. Hingga pada malam penghabisan tahun 2017, beberapa temanku di @apache13 memberikan kabar gembira. Bahwa sang vokal grup band tersebut, @gulistan baru saja menukarkan SBD ke rupiah dengan nominal yang lumayan besar.

Saat itu, aku teringat akan akun steemitku @taufikrastafara, ada beberapa SBD dan STEEM yang belum pernah ditukarkan ke rupiah. Langsung aku membuka akun steemit tersebut, yang masih belum ku log out. Namun apa daya, rencanaku untuk menukarnya ke rupiah tidak ada arti. Saat aku mengirim SBD dan STEEM ke akun teman-teman, steemit memintaku untuk membubuhi kata sandi akun milikku.

Seingatku, kata sandi pernah ku simpan di catatan smartphoneku, tapi setelah aku mencarinya, tidak ada jejak lagi seperti jejak-jejak mantan. Mungkin karena smartphoneku sudah pernah diinstal ulang atau catatan itu sudah terhapus, tidak ingat lagi pokoknya, guys! Karena hanya di catatan itu tempatnya aku menyimpan kata sandi akun steemitku, otomatis menghasilkan kesia-siaan, ditambah dengan SBD dan STEEM yang tidak bisa dicairkan jika sudah tidak ada kata sandi.

20-29-12-images.jpg

source

Dengan sangat-sangat menyesal, aku membuat postingan terakhirku pada malam akhir bulan Desember tahun 2017, di akun steemit @taufikrastafara itu. Saat itu juga aku mencoba mendaftarkan akun yang baru dengan nama @rastaufik10, akun steemit yang sekarang aku pakai. Dan untung saja akun steemitku yang lama tidak terlalu banyak SBD atau STEEM, andai saja ratusan, bisa-bisa bertuuuus stres saya pak!

Oleh karena pengalaman pahitku ini, para pembaca bisa menyimpan kata sandi akun steemit kalian masing-masing (jangan akun mantan) di beberapa tempat. Baik menyimpannya ke draf email, catatan di smartphone, inbox facebook, draf di komputer atau laptop, atau jika perlu kalian print dan simpan di rumah masing-masing (jangan di rumah selingkuhan).

Agar tidak terulang kembali pada kalian apa yang telah aku rasakan, pahit guys! Oke-oke saja kalau SBD dan STEEM atau Steem Power di dompet akun yang hilang kata sandi tersebut tidak seberapa, kalau isi dompetnya sudah lumayan, gimana? Sedih dong. Simpan pada beberapa tempat dengan baik ya guys!

Terima kasih telah membaca, salam hangat sehangat-hangatnya hangat, dari saya Muhammad Taufik bin Muhammad Sufi, pemilik sah akun @rastaufik10!

IMG-20180309-WA0049.jpg

Sort:  

Pengalaman yang sangat berguna, informasi yang bagus. Thank

Pengalaman pahit. Sepahit buah mahoni. Wkwkwk

semoga pengalaman pahit bang @rastaufik menjadi pembelajaran berharga bagi kami

thanks bang Ras

Paken neu tuleh guys bg, paken han gaiiiiiiiiiiiiiihhhhh 12 kg. 😂 hihi

Ne tag lon saboh teuk wkwk 😂

Saya juga mengalami hal itu.. Dan kini mulai dengan semangat baru

Coin Marketplace

STEEM 0.30
TRX 0.12
JST 0.033
BTC 64303.16
ETH 3137.29
USDT 1.00
SBD 3.97