Suka dan Duka Menjadi Pemburu Berita

in #steempress6 years ago (edited)



WAKTU merangkak begitu cepat. Tanpa terasa sudah hampir di tahun ketiga, saya seorang kontributor Sebuah redaksi sekaligus media promotor sebuah perusahan di Taiwan. TIMEdia, adalah redakasi yang menyajikan berita seputar kegiatan Pekerja Migran Indonesia (PMI) sekaligus informasi lainnya. Mungkin waktu yang masih singkat ini, belumlah seberapa jika dibandingkan Jam terbang jurnalis senior lainnya. Namun, bagaimana saya melalui hari-hari dalam menjalankan tugas inilah, yang saya ingin bagikan pada postingan kali ini.



Saat berbagi pengalaman liputan di Studio GFTV


Kecintaan saya pada menulis mengantarkan saya pada sebuah pekerjaan yang dituntut dengan Deadline. Semua berita yang masuk diberi batas untuk mengirimkan, dan itu bukanlah hal mudah. Saya yang notabenenya datang ke Taiwan dengan visa kerja, puji syukur pada Allah bisa sembari melanjutkan pendidikan dan berkarya. Bahkan, dengan karya tersebut saya membiayai kuliah dan memberi tunjangan bulanan pada keluarga di Indonesia, serta mencukupi kebutuhan sampingan, seperti; jajan, pakaian, dan lainnya. Meskipun untuk melakukan hal tersebut tidak mudah, karena saya harus berkompetisi dengan waktu menyelesaikanya.



Saat melakukan liputan bersama Koran Apple Daily


Liburan adalah Waktu Kerja


Hari Minggu merupakan hari yang ditunggu sebagai pekerja. Hari libur, tentulah itu jawabanya. Namun tidak dengan saya. Hari Minggu adalah waktu dimana saya menggeluti hobi yang saya cintai, yaitu mencari liputan dan fotographi. Jika orang lain mengisi liburanya dengan dandan cantik, menenteng tas berisi belanjaan dan alat kecantikan, tetapi tidak dengan saya. Tas ransel punggung dengan kamera, alat tulis, dan note book, merupakan teman peralatan saat saya liburan. Apalagi semenjak berrgabung di Steemit, saya bisa menggunakan waktu tunggu saya untuk menulis tulisan yang saya post di plathform berbasis desentralisasi ini. Bagi saya, membuat konten di Steemit, lebih mengarah pada Feature, yang lebih natural.



Saat melakukan peliputan bersama DAAI TV


Mengenal Banyak Orang dan Mendapat Pengalaman


Sebelum menentukan liburan, terlebih dahulu saya akan mencari informasi tentang kegiatan PMI ataupun mahasiswa Indonesia yang akan diadakn di Taiwan. Sehingga pada hari libur saya bisa melakukan peliputan. Bertemu banyka kalangan dan dari semua lapisan membuat saya banyak belajar tentang kehidupan, kebersamaan, dan kerja keras. Konsisten dan profesional dengan bidang yang digeluti. Melalui hobi yang saya tekuni, saya banyak pertemu rekan-rekan hebat dan berpengalaman di bidang liputan. Mulai dari orang Indonesia, hingga penerjemah dari Amerika serikat. Sungguh pengalaman yang luar biasa.



Saat melakukan Liputan di Ultah INDEX dan FSC, di Taipei


Liburan Sembari Kerja




Jamuan saat meliput Kunjungan Harie Tanoe ke Taiwan


Nah ... begitu tadi tuh, pengalaman saya berburu berita. Suka dan dukanya berjuang di negeri orang. Namun, saya tetap enjoy menjalaninya. Karena di sini saya menemukan banyak pengalaman dan ilmu kehidupan, yang dapat saya praktikan di masa depan yang akan datang.

Ketika kita mencintai dan Mengahrgai profesi kita, maka profesi itu akan memberikan yang terbaik untuk kita.


Taiwan, 14 Oktober 2018

Salam Hangat

@ettydiallova




Posted from my blog with SteemPress : https://aksaradiallova.org/2018/10/14/suka-dan-duka-menjadi-pemburu-berita/

Sort:  

Sungguh mengasyikkan dan penuh pengalaman yg menyenangkan tentunya

Benar sekali Bang @catataniranda
Pengalalaman dan ilmu yang berharga. Meski lelah tidak terasa.

Coin Marketplace

STEEM 0.28
TRX 0.13
JST 0.032
BTC 60793.36
ETH 2909.65
USDT 1.00
SBD 3.64