Mendadak Manggung

in #steempress6 years ago (edited)

Ngomong di depan publik bukanlah suatu yang mudah. Ntah gimana caranya ketika @ihansunrise ngajak ngisi acara beberapa hari yang lalu, bisa-bisanya langsung mengiyakan. Mungkin karena waktu itu mikirnya semacam acara sharing biasa, yang gak pake panggungnya, jadi aman lah. Ternyata...

Seingat saya, cuma dua kali saya rela maju ke depan, berdiri di panggung, tanpa ada paksaan yang gimana-gimana, gugupnya juga seadanya. Pertama waktu harus baca puisi di acara kampus, kedua pas wisuda dan harus terima bunga + foto bareng di depan. Setelah itu? Panggung kembali jadi momok yang mengerikan.


2016 lalu, atas keisengan panitia yang mana, nama saya masuk dalam salah satu panelist di konferensi, padahal dari awal daftarnya cuma untuk presentasi poster penelitian. Gemes bin ngeselin dengarnya. Nolak, eh balik ditolak. Mau ngotot, panitia lebih ngotot *hadeuh. Akhirnya dari h-2 Saya udah mulai demam, sakit kepala, muntah-muntah. Semua karena nervous itu. Bahkan sampe hari H, Saya sampe harus disemangatin sama peserta konferensi yang gak dikenal (hahaha) cuma untuk ngomong dan jelasin penelitian sekitarnya 15 menitan. Masih keingat jelas tepuk tangan semangat dari mereka haha

Lebay? Silahkan dianggap begitu.

Beberapa bulan yang lalu dalam sebuah acara di kampus, Saya didaulat jadi ketua panitia yang artinya harus ngasih laporan panitia. Beberapa Kali minta ganti kolega lain buat nyampein laporan, bahkan ketika harus maju, banyaj yang terlupa disampaikan. Beberapa bulan sebelumnya, Saya didaulat jadi mc dadakan yang menghilangkan sebagian agenda penting dari list. Semua karena gugup yang gak ketulungan itu.

 


Kalau dipikir-pikir lagi, kenapa kemarin langsung mengiyakan ajakan ihan, nervousnya gak separah tahun-tahun sebelumnya, mungkin karena ada pakarnya di sebelah *lirik ihan.

Soal ngomong di publik, ihan udahterbukti asik sekali. Di acara sebelumnya, ihan asik jalan kesana kemari sambil membahas materi, juga sangat komunikatif dengan audiens. Saya yang mendadak jadi pembicara ala kadarnya kali ini, ngerasa lebih nyaman jadinya. Apalagi dengan kehadiran atok paling keren @rismanrachman , walaupun sempat khawatir mengecewakan, tapi kehadiran atok menenangkan hati *ehm.

Makasih buat yang udah ngasih Saya kesempatan untuk bisa latihan ngomong di depan umum, makasih untuk yang udah hadir meramaikan, makasih utk yg gak hadir - karena pasti akan bikin Saya gugup haha -, you guys all awesome always :)

Semoga yang disampaikan kemarin gak ada yg salah dan ihan gak nyesal udah ngajak 😁

 

 


Posted from my blog with SteemPress : http://www.rahmanovic27.com/2018/08/12/mendadak-manggung/

Sort:  

Aku sedikit kecewa, ada yang ditunggu nggak datang datang hahaaaaaa

Nah loh...setelah kuingat2 yg datang kemarin.....siapa lg ya yg ditunggu😅😅

Percaya ga ya? Masa sih sekelas dirimu begitu? Bukannya sudah bisa show di depan kelas?😃

Ngajar itu...nyaman setelah dua tahun kak hahaha..susaaahhh

Congratulations @rahmanovic! You have completed the following achievement on Steemit and have been rewarded with new badge(s) :

You published a post every day of the week

Click on the badge to view your Board of Honor.
If you no longer want to receive notifications, reply to this comment with the word STOP

Do you like SteemitBoard's project? Then Vote for its witness and get one more award!

Jadi ingat aku dulu, sama mbak kejadiannya saat mendadak manggung :D

Pasti setelah ini, jadi ketagihan untuk manggung kan, Mir? Kalo atok dan Ihan, mah, pasti sip banget kalo sudah dikasih floor ya? Hihi

Coin Marketplace

STEEM 0.30
TRX 0.12
JST 0.033
BTC 64534.17
ETH 3150.15
USDT 1.00
SBD 4.01