Mengintip Jejak Langkah di 5 Kota KenangansteemCreated with Sketch.

in #steempress5 years ago

Mengintip Jejak Langkah di 5 Kota Kenangan


 

Menginjakkan kaki di beberapa daerah sama sekali tidak pernah terbayang, kalau saja Bapak tidak meninggalkan kami untuk selama-lamanya ketika saya dan adik sedang membutuhkan keberadaan figur ayah.

Terbentur masalah ekonomi yang mengharuskan saya, selalu anak pertama untuk bisa belajar menjadi dewasa sebelum saatnya. Survive dalam menjalani rutinitas kehidupan. Mengisi masa keceriaan anak hingga remaja bahkan sampai dewasa dan kini menua dengan banting tulang bekerja demi bisa memenuhi kebutuhan keluarga.

Tuhan selalu mendengar doa yang saya gumamkan di antara air mata. Tuhan selalu memberikan jalan, bukan pilihan sehingga saya bisa berdiri di atas kaki sendiri meski tidak ada dorongan berarti dari keluarga tercinta. Cukup Allah SWT sebaik-baik penolongku, hanya itu kalimat penguat dan pemompa semangat.

Banyak sekali daerah yang saya disinggahi selama saya merantau mencari rezeki penyambung hidup. Mulai daerah sendiri di Pulau Jawa, nyebrang ke Pulau Sumatera sampai beberapa negara tetangga.

Jika hanya lima daerah saja yang diminta untuk disebutkan, maka saya akan pilih tempat yang saya tinggali terlama dari yang sudah ada.

Daerah terlama pertama yang saya singgahi berurutan hingga daerah terlama kelima adalah:

Singapura


Dua tahun saya menjalani kehidupan di negara kota ini. Mengabdi kepada sebuah keluarga yang memiliki disiplin tinggi. Di Hougang Avenue 7 saya menjalankan pekerjaan pengasuh anak bernama Jonathan beserta dua kakaknya Gloria dan Winston.

Foto www.ifvoc.org

Banyak pembelajaran terkait kehidupan yang saya dapat selama merantau di Singapura ini. Mulai dari yang getir, manis, sedih, bahagia sampai yang bikin ngakak tertawa.

Hong Kong


Di negara Jacky Chan ini saya menjalani hari sekitar 2 tahun 2 bulan. Bekerja di sebuah keluarga muda mengasuh anak usia 1 tahun bernama Chan Tik Him.

Selama bekerja dan tinggal di Hongkong banyak akulturasi budaya dan fenomena alam yang saya alami yang selama di Indonesia atau di Singapura belum pernah ditemukan sebelumnya.


Foto www.coinchosun.com

Merasa bahwa dunia ternyata sangat luas maka keinginan untuk terus menjelajah semakin membuncah. Mulai dari New Teritorial sampai Kowloon dan HK sendiri saya keliling tanpa bosan dan capek.

Tasikmalaya


Adalah daerah terlama ketiga yang saya tempati sepanjang usia saya ini. Saya berdomisili di Tasikmalaya kurang lebih 3 tahun, ketika mengenyam pendidikan lanjutan tingkat pertama.

Almarhum bapak memang berasal dari Tasikmalaya. Saya tinggal bersama nenek dan keluarga besar bapak yang mempunyai lima orang adik sedangkan bapak anak pertama.

Taipei


Adalah kota terlama keempat yang disinggahi. Total ada 6 tahun lebih saya bekerja dan menikmati kehidupan yang penuh keajaiban di negara formosa itu.

Bekerja sambil belajar dan mengumpulkan bekal adalah penyemangat saya sendiri secara pribadi hingga bisa bertahan menjalani 2 kali kontrak kerja.


Foto www.travelhero.pl

Bandung


Adalah kota terlama keempat yang saya pernah tinggali. Ada sekitar 12 tahun saya menetap di ibukota provinsi Jawa Barat ini, sejak saya dilahirkan, hingga saya lulus sekolah dasar. Daerah tempat saya menghabiskan masa kecil ini meninggalkan banyak kenangan. Setiap ada kesempatan ke Bandung, saya selalu mampir ke beberapa teman dan tetangga yang sampai sekarang tetap bersilaturahmi sudah seperti saudara dan keluarga sendiri.

oo00oo

Itulah 5 daerah yang pernah saya tempati minimal 2 tahun sebelum akhirnya saya sekarang tinggal dan domisili di Kabupaten Cianjur. Kalau tempat yang sudah saya disinggahi selama sehari dua hari atau seminggu dua minggu memang cukup banyak. Secara saya dan keluarga bisa dibilang tukang main, hahaha.


Curug Ngebul Cianjur

Kota Kabupaten Cianjur kemungkinan menjadi daerah domisili saya yang terkahir dan terlama sampai usia saya tidak bisa ditentukan. Selain sebelumnya pernah tinggal di kota tauco ini selama sekolah lanjutan tingkat atas (3 tahun) juga setelah sepulangnya dari Taiwan tahun 2012 sampai sekarang 2018 (total sudah 9 tahun) saya menetap mengikuti suami yang bertugas di daerah yang berbatasan dengan Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Bogor dan Kabupaten Sukabumi ini.


Semoga akan ada lebih banyak tempat-tempat yang lebih baik dan lebih indah bisa saya tempati dan singgahi kedepannya, seperti Tanah Suci, yang sangat didamba-dambakan oleh setiap orang beriman. Amin.


Posted from my blog with SteemPress : http://tehokti.com/mengintip-jejak-langkah-di-5-kota-kenangan.html

Coin Marketplace

STEEM 0.30
TRX 0.12
JST 0.034
BTC 64455.55
ETH 3147.84
USDT 1.00
SBD 3.94