[My Story #10]: Rutinitas

in #steempress5 years ago (edited)

Tuan dan Puan Steemians…

camera720_1541418267351.jpg

Lebih kurang sudah 15 tahun saya menjalankan profesi sebagai guru sekolah rendah dengan status pegawai negeri. Profesi ini saya geluti sejak 2004 setelah dinyatakan lulus PNS pada Desember 2003 ketika Aceh masih dilanda konflik bersenjata.

Pada 2004 saya ditugaskan mengajar di SDN 23 Peusangan di Desa Cot keumude selama lebih kurang sembilan tahun. Pada tahun 2012 saya dipindahkan ke SDN 19 Peusangan di Desa Pulo Naleung. Terakhir pada sekira 2013 saya kembali digeser ke SDN 14 Peusangan di Desa Alue Udeung. Di sekolah disebut terakhir ini saya harus banyak bersabar karena di sini tidak ada sinyal dan PLN juga sering padam. Kondisi ketiadaan sinyal di sekolah ini sudah saya nikmati selama hampir lima tahun.

Sejak lulus menjadi guru, sampai saat ini saya belum mampu menjadi guru yang baik. Saya sering datang terlambat ke sekolah dan sering cepat pulang. Namun demikian kebiasaan saya ini tidak mengganggu proses belajar mengajar, sebab saya tidak memiliki kewajiban mengajar pada jam pertama dan jam terakhir.

camera720_1541418230523.jpg

Sampai saat ini saya juga masih bertahan menjadi guru non sertifikasi. Saya sama sekali belum tertarik untuk mengikuti seleksi sertifikasi. Bukan karena tesnya berat, tapi karena saya merasa tidak mampu mengajar minimal 24 jam. Saat ini saya hanya mengajar 18 jam dalam seminggu. Meskipun guru sertifikasi mendapat bayaran lebih, saya belum berminat dan justru akan merasa terbeban.

camera720_1541418248215.jpg

Pernah juga saya merasa bosan mengajar anak-anak. Tapi kebosanan ini terus saya sembunyikan sampai akhirnya ia memuncak. Menyikapi ini, saya menjumpai kepala dinas untuk permohonan pindah tugas. Segala jurus telah saya mainkan tetap saja gagal, sebab tidak ada seorang pejabat pun yang saya kenal. Dan sejauh ini saya juga tidak memiliki kebiasaan untuk “menjilat” atau “menyembah-nyembah” orang besar, sebab saya masih jijik dengan perilaku ini.

Akhirnya saya tetap harus bertahan menjadi guru sekolah rendah di desa ini sembari menemani anak-anak belajar dan bermain.

Demikian dulu Tuan dan Puan Steemians, lain waktu disambung kembali…


KM


Posted from my blog with SteemPress : http://khairilmiswar.com/my-story-10-rutinitas/

Sort:  

Malam ini terjawab sudah rasa ingin tau saya, ternyata insting saya nggak meleset, bang @tinmiswary berprofesi guru😃

Ya, gurubak😀

Haha, sep na teuh bang @tinmiswary

Congratulations @tinmiswary! You have completed the following achievement on the Steem blockchain and have been rewarded with new badge(s) :

You published a post every day of the week

Click here to view your Board of Honor
If you no longer want to receive notifications, reply to this comment with the word STOP

To support your work, I also upvoted your post!

Do not miss the last post from @steemitboard:

The new Steemfest³ Award is ready!
Be ready for the next contest!

Support SteemitBoard's project! Vote for its witness and get one more award!

Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa dan anda termasuk salah satu pahlawan tersebut

Keep spirit and keep smile my teacher bg @tinmiswary 💪😊

Hello @tinmiswary, thank you for sharing this creative work! We just stopped by to say that you've been upvoted by the @creativecrypto magazine. The Creative Crypto is all about art on the blockchain and learning from creatives like you. Looking forward to crossing paths again soon. Steem on!

Coin Marketplace

STEEM 0.29
TRX 0.12
JST 0.033
BTC 62559.43
ETH 3092.10
USDT 1.00
SBD 3.86