Rela Bergadang Demi Cita-cita

in #story6 years ago

image


Selamat tengah malam teman-teman sekalian. Malam ini sengaja saya berkeliling untuk memastikan apakah muridmurid saya ini rajin belajar atau tidak di asrama. Ternyata banyak dari mereka yang rela tidur sangat larut malam untuk belajar.


image


Saya begitu takjub mendapati pemandangan ini. Ternyata tak sia-sia mereka datang dari jauh dan berpisah dari orang tua namun tetap memiliki semangat juang yang tinggi.


image


Mudah-mudahan mereka tetap menjaga semangat belajar yang tinggi seperti ini. Saya jadi teringat ketika masih nyantri dulu si saat-saat ujian seperti ini. Dulu bahkan saya harus merendam kaki saya ke dalam baskom berisi air agar terjaga dari ngantuk. Benar-benar perjuangan yang luar biasa.


image


Beginilah yang namanya belajar teman-teman sekalian. Akarnya pahit namun buahnya sangat manis. Barang siapa yang tidak merakan pahitnya menuntut ilmu barang sebentar, maka ia akan merasakan pahitnya kebodohan sepanjang hidupnya. Begitulah prinsip belajar yang dapat dari guru-guru saya dahulu.


image


Demikian teman-teman, mudah-mudahan pemandangan seperti diatas dapat membakar semangat kita untuk lebih sungguh-sungguh lagi dalam belajar, berkarya, berinovasi, berimprovisasi dan berevolusi menjadi pribadi yang tangguh.


image


Salam, @blackkout.

Coin Marketplace

STEEM 0.27
TRX 0.13
JST 0.032
BTC 62983.95
ETH 2962.52
USDT 1.00
SBD 3.58