Belajar Sabar Dari Syeh Tur

in #story6 years ago

Selamat malam teman-teman, ini adalah salah satu guru saya di pesantren yang sudah agak sepuh. Selain tadarus Al-qur'an, beliau mengisi waktu senggangnya dengan membuat jala untuk menangkap ikan. Beginilah keseharian beliau selama bulan Ramadhan. Pada hari-hari biasa, beliau setiap sore pergi ke kebun untuk menanam banyak jenis tanaman. Seperti singkong, tebu, semangka, pepaya, labu dan lain-lain.


image


Saya tak dapat membayangkan betapa butuh kesabaran ekstra untuk membuat jala. Berapa ribu buah simpul yang dibutuhkan untuk membuat jala. Sungguh beliau adalah salah seorang yang sabar. Padahal cukup susah untuk merajut benang atom itu yang tampak halus. Apalagi dengan usia senja seperti beliau, pasti butuh fokus total untuk merajut simpul sekecil itu.


image


Saya tak tahu, apakah ia menjual jala itu atau kah untuk dipakai sendiri. Setelah saya tanya, ternyata ia juga mampu untuk melempar jala secara sempurna. Menurut pengakuannya, jala-jala itu ada yang dijual, ada pula yang untuk dipakai sendiri.


image


Salut saya dengan perjuangan hidup beliau. Di usia renta seperti itu ia masih tetap produktif. Kesabarannya juga sedang diuji karena beliau baru sebulan yang lalu ditinggalkan oleh istrinya tercinta untuk selamanya.

Demikian sahabat steemian sekalian, mudah-mudahan kita semua dapat belajar apa itu sabar dari beliau.

Sort:  

Artikelnya menarik.. upvote ya.. 😎 (Sedikit kontribusi kami sebagai witness untuk komunitas Steemit Indonesia.)

Coin Marketplace

STEEM 0.27
TRX 0.13
JST 0.032
BTC 61497.12
ETH 2932.17
USDT 1.00
SBD 3.62