SOSOK ABI DAUD HASBI

in #ulama6 years ago

BD83FA07-EE03-4DCC-9B3C-2C7151BAD22E.jpeg
Semasa saya di pesantren dahulu, tepatnya 2014 lalu saya menempuh pendidikan di Dayah Jeuamala Amal Lueng Putu Pidie Jaya, saya di situ hanya menempuh pendidikan Madrasah Aliyah saja dan saya melewati masa-masa dimana saya banyak memahami dan mempelajari hal yang tidak saya dapat diluar. Adapun maksud dari tulisan saya disini merupakan saya ingin mengenalkan kepada sahabat-sahabat steemit semua bahwa pada masa saya disana yang memimpin pesantren tersebut adalah Drs Tgk HM Daud Hasbi MAg atau yang akrab disapa dengan Abi Daod, merupakan salah seorang ulama yang termasuk dalam kekharismatikan di Aceh.
798E1BF7-A790-4565-A430-270FA4623B76.jpeg
Beliau adalah seorang pemimpin dan ulama yang kini sedang memegang kendali sebuah dayah Jeumala Amal di Luengputu, Pidie Jaya, Aceh. Dan beliau juga adalah sebagai ketua Insyafuddin yaitu organisasi islam di Aceh, dan beliau adalah juga mantan Kakandepag (Kepala Kantor Depag Agama) Aceh di beberapa periode tahun yang lalu. Sosok beliau yang saya kenali ialah sangat akrab terhadap santrinya, hal ini saya sampaikan demikian karena setiap saat waktu yang saya jalani di pesantren tersebut jika santri jumpa dengan beliau tidak luput menebarkan senyumannya. Selain itu juga jika beliau mengajar dan beliau sering mengajar setelah solat subuh dan yang diajarkannya ialah kitab-kitab dan metode beliau mengajar disini ialah jika beliau menyuruh santri mengulang apa yang telah disampaikan pada saat pengajian maka bagi yang tidak bisa mengulangnya akan diberikan sanksi yaitu berdiri selama pengajian berlangsung. Oleh karena itu semangat kami untuk mengulang dan mengingat apa yang disampaikan beliau disini sangat tinggi.
A32AE4AD-57A3-4041-ABC1-01980BB0E859.jpeg
Dengan keakraban yang tertanam pada jiwa beliau disini mengingatkan kami sesosok guru yang sangat kami kagumi, walaupun sekarang beliau tidak lagi menjabat sebagai pimpinan Dayah Jeumala Amal, sekarang yang memimpin Dayah Jeumala Amal adalah Tgk Hamdani dan yang biasa disebut dengan Teungku Ham. Adapun Abi Daod sekarang terpilih kembali secara aklamasi sebagai Ketua Pengurus Besar (PB) Persatuan Dayah Inshafuddin periode 2015-2020. Ia terpilih dalam Muktamar dan Rapat Kerja (Raker) Dayah Inshafuddin.

Coin Marketplace

STEEM 0.27
TRX 0.13
JST 0.032
BTC 61562.85
ETH 2891.34
USDT 1.00
SBD 3.43