Ini 10 Kesalahan Saya Dalam Kontribusi Graphics Utopian

in #utopian-io6 years ago (edited)


Ilustrasi

Oleh: @amriadits*

Ini adalah murni pengalaman saya dalam Kontribusi Graphics di Utopian. Utopian adalah aplikasi yang membayar setiap pekerjaan proyek Open Soure melalui moderasi terlebih dahulu, artinya setiap kontribusi anda akan di review terlebih dahulu. Jika proyek yang anda kerjakan lulus sensor dari moderator/mod maka anda akan mendapatkan upvote atau reward dari Otopian-io.

Berikut ini adalah 10 Proyek Design graphics untuk utopian yang kerjakan dan hanya 3 yang mendapatkan Approve dari Moderator. Artinya hanya 30% dari 100% yang mendapatkan persetujuan dari moderator. Maklum saya pemula dan ini adalah daftar kesalahan saya dari 10 Proyek yang saya kerjakan.

Kontribusi 1: Ini adalah Percobaan
Kontribusi pertama saya adalah hanya sebuah logo blog yang saya buat untuk seorang teman dan ini tidak ada sangkut paut dengan Open Source dan pastinya tidak sesuai rules. Saya pikir di Utopian bebas mengerjakan logo apa saja. Namun setelah saya pelajari semua, ini adalah kesalahan fatal. Maka saya sarankan kepada anda untuk mempelajari rules/peratuaran Utopian terlebih dahulu sebelum anda membuat kontribusi. Karena rules bagaikan undang-undang yang harus di tegakkan dalam sebuah negara. Inilah Komentar pertama moderator untuk post pertama saya di Utopian, "Contribution is not referring to any open-source-project".

Kontribusi 2: Belum Mengerti Rules
Kontribusi ke 2 saya juga juga di tolak, bukan apa-apa karena bukan Proyek Open Source. Saya juga belum mengerti apa itu proyek Open Source. Bahkan sampai sekarang saya belum tahu bagaimana itu proyek Open Source? Namun yang penting bagi saya adalah repository, ada link Github. Maka jangan heran untuk membuat sebuah proyek saya harus menghabiskan waktu 2 jam untuk mencari repository link Github dalam aplikasi di Google Play. Karena rata-rata aplikasi di Google Play bukan Open Source, belum lagi waktu yang saya habiskan untuk desain logo tersebut yang membutuhkan waktu berjam-jam di depan konputer maklum saya belajar sendiri desain di Youtube.

Maka sebelum anda berkontribusi ke utopian pastikan terlebih dahulu apakah aplikasi itu Open Source dan apakah memiliki link Github. Kalau tidak ada link Github maka secara otomatis kontribusi anda akan sia-sia. Inilah komentar moderator pada Proyek pertama saya yang sebelumnya adalah tes percobaan. "Your contribution cannot be approved because it does not refer to or relate to an open-source repository. See here for a definition of "open-source."

Kontribusi 3: Pembuka Jalan
Ini adalah pembuka jalan saya untuk bisa berkontribusi di Utopian. Yang membuka jalan untuk saya bisa berkontribusi di Utopian adalah supervisor Utopian dari Aceh, yaitu @podanrj. Dialah yang memberikan penjelasan kalau link Github itu di pasang pada repository, yang sebelumnya saya memasang utopian.io/utopian-io. Kalau saya tidak diberitahukan tempat pemasangan repository tentu sampai sekarang mungkin saya belum tau cara berkontribusi di Utopian.

Kesalahan saya dalam proyek ini, logo yang saya desain tidak semetris, dan moderator juga memberitahukan untuk kedepannya agar kontribusi saya bisa lebih sesuai rules utopian. Kesalahan satu lagi saya menempatkan file kontribusi bukan di Google Drive tapi di Mediafire dalam bentuk Rar.

Maka sebelum anda menekan tombol submit pada Kontribusi Utopian, maka pastikan terlebih dahulu file yang bisa di edit bukan dalam bentuk RAR dan pastikan anda simpan pada Google Drive yang bisa di download oleh publik. Terima kasih kepada Bang @podanrj yang membuka Jalan untuk bisa berkontribusi pada Utopian dan yang meng-Approve kontribusi saya pertama kali.

Kontribusi 4: Kesalahan Fatal
Ini adalah kesalahan saya yang fatal dimana dalam kontribusi ini saya melakukan 4 kesalahan. Pertama, file yang saya lampirkan di Google Drive tidak bisa di akses publik alias tidak bisa di download, karena saya tidak membuat share. Kedua, logo yang saya buat terlalu umum dan rata-rata logo demikian, tidak ada keunikan. Ketiga, saya tidak memberikan link gambar tempat saya mengambil gambar dalam membuat peragaan. Keempat, saya menambahkan Banner yang tidak ada kaitan dengan proyek yang saya kerjakan. Alhasil tentu saja kontribusi saya di tolak.

Inilah komentar Moderator: "Your contribution cannot be approved because it does not follow the Utopian Rules.

  • I dont have access to .cdr and .svg files. I only have access to .pdf file
  • Your logo design is too generc, try to add something unique to communicate the app to people with your logo design.
  • You did not provide source link to third party assets.
  • Banner for unrelated activities is prohibited

Sekali lagi bagi anda yang ingin berkontribusi di Utopian silahkan pahami dulu rulesnya sebelum anda membuat kontribusi. Walaupun anda ahli dalam graphic, mod Utopian juga lebih ahli dalam menilai. Periksa kembali kontribusi anda sebelum menekan submit.

Kontribusi 5: Kesalahan Yang Menyedihkan
Tahukah Anda kontribusi utopian bukan hal yang mudah? Butuh waktu berjam-jam mengerjakannya dan ketika kontribusi anda tidak di Approve maka tidak ada harga sama sekali, selain belajar dan terus belajar dari kesalahan-kesalahan itu. Inilah yang saya rasakan, saya bersabar dan terus memperbaiki kesalahan. Semoga anda juga demikian dan tidak perlu banyak protes jika memang alasan yang mod/moderator berikan masuk akal dan tidak mencari-cari kesalahan.

Ini adalah komentar mod yang tidak saya lupakan dan selalu saya ingat. Ini mantra yang luar biasa yang ia berikan kepada saya. Anda tahu apa mantra itu? Inilah dia mantranya:

  • Doesnt meet the utopian quality (Tidak memenuhi kualitas Utopian, ini alasan yang siapa saja bisa memberikannya dan ini masuk akal, terlihat profesional).
  • The original/existing icon is still far better than your design (Icon asli masih jauh lebih bagus dari yang anda desain, Wooow... Komentar yang lumayan. Anda pernah melihat logo pertamina sebelum di ganti dengan huruf P yang simple itu. Logo sebelum itu jauh lebih keren dan jauh lebih beribawa dari logo sekarang. Anda tahu logo Windows 8 hanya 4 kotak saja. Apakah itu lebih bagus dari logo sebelumnya. Jadi kesimpulan nya ini adalah komentar mantra yang masuk akal, namun berkesan menyombongkan diri.)
  • Your design concept is nice but you didnt execute in a good way. (Konsep desain anda bagus tapi anda tidak bisa melakukan dengan baik. Setelah menjatuhkan dia mengangkatnya, ini adalah hal yang biasa di lakukan oleh dewan juri dalam berbagai kontes.)

Kontribusi ke 5 saya ini juga di tolak. Dari 5 kontribusi saya baru satu yang di Approve, itupun pentunjuk jalan. Namun kita sebagai pemula terus berusaha memperbaiki segala kesalahan kita. Sekali lagi saya ucap terima kasih kepada para Moderator Utopian-io semoga anda semua baik-baik saja. Bersambung....

Demikian dulu postingan saya kali ini, nanti malam atau besok saya akan melanjutkan kesalahan-kesalahan lain saya dalam kontribusi utopian. Selamat sore dan selamat beraktivitas. Salam untuk semua steemian.

Bekasi, 23 Februari 2018 Jam 17:00 WIB

*Steemian Aceh

Sort:  

saya suka post yang seperti ini , membuka pintu untuk lebih peduli dan sabar serta berusaha lebih baik di uopian. user2 lain patut mencontoh @amriadits

Terima kasih atas supportnya bang @arie.steem, Semoga kedepannya saya masih bisa bertahan di utopian... hehehehe

bah! saya malah masih bingun pakai utopian.io tuan, maklum saya masih gaptek hahahah

Proyek utopian bang harus memiliki kemampuan seperti utohpiyah. Dimana kita harus mengerjakan proyek tersebut harus benar-benar ahli di dalamnya, bahkan yang ahli saja bisa di tolak. apalagi yang coba..... Nah, disitu lah banyak yang mundur dan berjatuhan dalam mengerjakan proyek Open source tersebut....

Untuk lebih lanjut abang bisa membaca tulisan bang @arie.steem, tapi hanya untuk tutorial saja dan masih ada yang lain lagi terkait hal itu. Yaitu Rules....
https://steemit.com/utopian-io/@arie.steem/complete-tutorial-make-contribution-via-utopian-id-language

Sungguh damai negeri ini, jika mereka semua mengakui kesalahannya. Mantap.

Terima kasih bang @podanrj, saya selalu belajar dari kesalahan....

Hahahaha.... Bereh pak @tinmiswary
That bagah droe neuh jiek Level galom 2 beulun ka angka 40 hehehehe

Terima Kasih bang @saini sudah menyempatkan diri untuk mengunjungi blog sya....

Coin Marketplace

STEEM 0.28
TRX 0.13
JST 0.032
BTC 65920.41
ETH 3016.79
USDT 1.00
SBD 3.71