Judulnya atau Isinya ?

in #writing6 years ago

Selamat Sore Rakan-rakan Steemian semuanya, semoga kita selalu diberikan kemudahan dan inspirasi untuk terus berkarya yang tentunya tetap semangat dan selalu berbahagia.

7-mencatat-ulang.jpg
Sumber



Sudah banyak sekali tulisan-tulisan yang saya baca di steemit, mulai dari tulisan yang luar biasa sampai tulisan yang biasa saja ada juga tulisan yang tidak biasa. Nah, dari setiap tulisan tentunya memiliki isi dan maksut tertentu yang ingin disampaikan oleh sang penulis, itu adalah hal yang pasti jika memang penulis menuangkan inspirasi dan maksut hati kedalam tulisannya itu. Keinginan setiap penulis ya sudah pasti tulisannya dibaca, dipahami dan ditanggapi jika memang itu perlu ditanggapi, itu memang keinginan hati, ya termasuk diri saya.


Namun sekarang ini menulis diplatform steemit ini, apakah keinginan hati penulis seperti saya sebutkan tadi tersampaikan ? jawabanya ya, mungkin sebagian tersampaikan tetapi sebagiannya lagi tidak. Itulah terkadang menjadi sebuah keprihatinan tersendiri terutama bagi saya yang saat ini sedang semangat-semangatnya berkarya menulis di steemit, meskipun tidak seberapa dan seadanya saja tetapi saya selalu berusaha memberikanya kepada kalian steemian semuanya, meskipun hanya sebagian dari kalian membacanya, ya mungkin bisa dimaklumi saja, mungkin dengan melihat judul saja kalian semua enggan untuk membukanya, terkadang memberi vote saja, tanpa membukanya tetapi tidak apa itu juga merupakan sebuah apresiasi kepada saya.



Dalam menulis tentunya ada yang namanya judul, judul dari tulisan yang mewakilkan tulisan bukan ? Apakah sesimpel itu ? entahlah saya juga tidak begitu tahu yang pasti ya itu, begitu pokoknya tak tahu. Mengapa saya berpandangan demikian, ya karena bagi saya sebagian dari stemian ini tak hobi membaca, terkadang hanya melihat judulnya saja terus berkomentar bahwa tulisan itu keren dan bla-bla yang jika kita cermati tidak ada sangkut pautnya dengan topik pada tulisan tersebut.



Terkadang saya selalu bertanya-tanya tulisan yang berkualitas itu bagaimana, tetapi setelah saya cermati kembali, ternyata kualitas tulisan itu nomor dua, yang terpenting adalah judul, judul secara tidak langsung akan mewakili isi tulisan yang sudah ditulis panjang lebar dengan mencurahkan segala isi fikiran, jadi tulis saja judul yang menarik dan isinya ya begitulah, saya jadi ingin tertawa hahaha.



Saya pernah mendengar pernyatan dari steemian senior, yang mana beliau menyebutkan bahwa kualitas postingan itu penting, postingan yang berkualitaslah yang akan dikunjungi oleh steemian besar dan kurator, memang iya, saya sependapat dengan beliau, tetapi kalau memang tak ada minat membaca bagi sebagian kalangan ya sama saja bukan ! Ada juga yang mengatakan kualitas konten itu tergantung orang yang melihat, terkadang menurut kita berkualitas tetapi belum tentu menurut yang melihat juga demikian. Oke lah saya damai dengan itu, yang jadi pertanyaan, kalau yang melihatnya hanya melihat judulnya saja, bagaimana mereka menilai sebuah kualitas postingan tersebut, itulah gunanya kita membaca. Dengan kita membaca kita sudah menghargai suatu karya yang membuat penulisnya tentunya merasa bahagia.



Tetapi sekarang realistis saja, sebagian steemian lebih suka melihat judulnya saja daripada isinya, kita tidak bisa menepisnya, menurut pandangan saya saja sih, tidak tahu bagaimana pendapat mereka-mereka. Terkadang seorang penulis akan merasa kecewa jika tulisan yang dibuatnya tak ada yang membacanya, dan timbul pemikiran apakah isi tulisannya tidak menarik ? apakah tulisanya tidak berkualitas ? itu akan muncul di benak penulis tentunya.



Yang terpenting yang saya ingin sampaikan adalah, apresiasi utama dalam steemit ini setelah vote adalah membacanya, jangan memberi vote atau berkomentar karena sekedar melihat judul saja, karena belum tentu juga judul yang biasa saja isinya juga biasa begitupun sebaliknya dan sebalikanya.



Semoga kita semua menjadi gemar membaca dan tidak sekedar melihat judul saja. Demikian pendapat saya mohon maaf jika ada salah kata.

Wasalam..

Lhokseumawe, 01 April 2018

Hormat saya @azmiulul

Sort:  

Benar sekali yang abang bilang dan tulisan ini menjadi pembelajaran juga buat saya untuk berbenah dalam menulis tidak menyepelan karya oeng lain atau karya sendiri.
Sukses terus bng @azmiulul

Terimakasih dek 😊
Terimakasih atas apresiasinya, terimakasih juga sudah sempat membacanya.

Coin Marketplace

STEEM 0.27
TRX 0.11
JST 0.030
BTC 70588.78
ETH 3814.59
USDT 1.00
SBD 3.51