Langkah-langkah Mudah Menulis Di Steemit

in #writing6 years ago (edited)

image
Salam hormat stemians lovers
Hari ini saya kembali memikirkan tentang permasalahan saya di steemit, yang tidak lain dan tidak bukan adalah permasalahan saya dalam hal menulis.

Tadi malam tepatnya pukul 22:00 WIB, saya kembali memikirkan permasalahan menulis saya ini, dan setelah saya memikirkan, entah pemikiran saya sempurna atau tidak, saya kembali mendapat ide ataupun bahan untuk postingan saya hari ini.

Postingan saya kali ini juga akan kembali membahas tentang tips-tips mengatasi permasalahan seputaran menulis di steemit, mulai dari mengatasi kebuntuan ide, sampai dengan cara-cara mengatasinya.
Berikut ini adalah ulasannya
Cekidot...

Cari inspirasi
image
Nah, sangat logis jika saat kita akan menulis kita perlu mencari inspirasi. Inspirasi ini bagaikan langkah yang paling utama saat akan menulis. Bayangkan jika tiba-tiba saja kita ingin menulis, akan tetapi kita tidak tahu ingin menulis apa, sangat aneh bukan ? Maka dari itu, langkah yang pertama sekali adalah cari dulu inspirasi tentang apa yang akan kita tulis.

Tulislah berdasarkan pengalaman sendiri
Alangkah baiknya, postingan ataupun cerita yang akan kita tulis itu berdasarkan hasil pengalaman kita sendiri. Kenapa ? Karena pengalaman kita sendiri itu lebih terasa nyata saat akan kita narasikan ke dalam bentuk sebuah tulisan. Dan juga saat akan menceritakan pengalaman sendiri itu, bahan yang akan kita gunakan pun tidak mengada-ada. Dan bagi sebagian orang menceritakan pengalaman pribadi itu lebih puas, tidak percaya ? Maka lakukanlah. Hehe

Perdalam pengetahuan tentang apa yang akan kita tulis
Ini juga menjadi satu point yang sangat penting. Bayangkan bila kita sudah mendapat inspirasi untuk sebuah tulisan, namun di tengah-tengah perjalanan kita kehabisan bahan untuk tulisan kita. Ini merupakan satu kerugian untuk kita. Maka dari itu, sebelum menulis ada baiknya kita tambahkan dulu pengetahuan kita tentang apa yang akan kita tulis.
Ini berlaku juga untuk saya, jauh hari sebelum saya tulis postingan ini, saya perdalam lagi bahan yang akan saya sampaikan dengan membaca tulisan @agusmaulidar, dan terima kasih saya ucapkan kepada beliau karena telah menginspirasi saya.

Dapatkan mood yang pas

image
Ini tidak kalah pentingnya, mood yang baik akan melahirkan tulisan yang baik pula. Mencari mood yang bagus itu bermacam-macam caranya, ada yang pergi ke masjid, membaca Al Qur'an, duduk menyendiri, bahkan ada juga sambil minum kopi, itu semua tergantung kepribadian kita sehari-hari. Maka carilah mood yang pas, dan saat mood sedang bagus, langsung mulai menulis.

Sisihkan waktu minimal 30 menit untuk menyelesaikan tulisan

Saat mood sedang baik, aturlah waktu untuk menyelesaikan tulisan paling kurang 30 menit. Usahakan saat akan membuat tulisan tidak ada kegiatan lain yang mengganggu. Fokus dulu ke tulisan kita, karena konsentrasi seseorang itu berbeda-beda. Ada juga yang saat akan menulis harus fokus betul-betul ke tulisannya dan saat ada kegiatan lain yang menganggu, maka konsentrasinya pun ikut terganggu.

Jangan merasa minder dengan tulisan yang kita buat
Ini pengalaman saya pribadi, ada beberapa tulisan yang sudah saya buat, tetapi tidak jadi saya posting karena merasa kurang percaya diri. Saya takut tulisan saya ini akan di kritik ataupun dicemooh oleh kawan-kawan maupun senior saya di steemit. Saya rasa ada juga sebagian stemian yang pernah mengalami hal ini. Dan saran saya untuk mengatasi permasalahan ini adalah, setiap selesai membuat tulisan, baca dulu yang teliti tulisan kita, perbaiki dimana yang salah, baca bismillah dan langsung posting.
Senior yang baik, pastinya akan memberikan masukan yang baik pula, dengan maksud supaya tulisan kita akan lebih sempurna kedepannya.

Nah akhirnya, tibalah saya kepada penghujung tulisan saya kali ini, itulah beberapa tips yang bisa saya berikan untuk sahabat stemian semua khususnya stemian yang masih junior seperti saya, semoga tulisan saya ini dapat bermanfaat untuk semuanya.
image
Salam KSI

Sort:  

thank tipsnya ka Naufal, akan aku ingat-ingat, semoga dapat menambah semangat untuk menulis lagi

  • Cari inspirasi
  • Jangan merasa minder dengan tulisan yang kita- buat
  • Dapatkan mood yang pas
  • Tulislah berdasarkan pengalaman sendiri
  • Perdalam pengetahuan tentang apa yang akan kita tulis
  • Sisihkan waktu minimal 30 menit untuk menyelesaikan tulisan

Iya sama-sama, saya juga masih belajar. Teruslah berkarya

Saya pun masih tahap belajar @muhammadnauval. Hehe

Iya bg, msih sama2 belajar kita, hehe

Siap, terus berkarya dengan postingan identitasnya. Sukses terus.

Sangat menginspirasi..terima kasih

Terima kasih kembali, semoga bermanfaat

Mantao tips nya ketua...

Terima kasih @blacksweet24 , semoga dapat bermanfaat

Coin Marketplace

STEEM 0.28
TRX 0.12
JST 0.032
BTC 66439.14
ETH 3005.38
USDT 1.00
SBD 3.68