You are viewing a single comment's thread from:

RE: The Shadow of Tingwe: A Prologue of General Sudirman | Bilingual |

in #fiction6 years ago

diksi yang menghanyutkan pembaca pada kisah romantis. Sebuah prolog yang pasti membius pembaca karena diajak untuk lebur dalam sisi kemanusiaan seorang jendral yang tak kenal kompromi, karean kita sudah diajarkan kepemimpinan Jendral Sudirman sebagai panglima yang menggerakkan pasukan infantri dari Banyumas hingga Ambarawa untuk mengusir sekotu dan menjadi medan pertempuran yang dikemnal dengan palagan Ambarawa.
Dengan berbekal satu paru-paru sehingga sangat sulit dalam peergerakan dari satu tempat ke tempat lain hingga akhirnya harus ditandu, Jendral Sudirman sosok yang militan, pantang berunding, karena berunding hanya akan menghasilkan kekalahan. Dengan didikan Jepang lewat PETA yang ddia dapatkan, semua prajurit punya semangat bushido.
nah, dengan membaca prolog yang Bang @ayijufridar sampaikan maka kita diajak untuk menyelami bahwa seorang jendralpun punya sisi manusia.
Salam kami dari Klaten, Jawa Tengah

Sort:  

Klaten termasuk wilayah napak tilas gerilya Jenderal Sudirman, kan? Dulu saya malah ingin menjelajahi jalur gerilya Pak Dirman agar lebih menghayati perjuangan tersebut sebelum menulis novelnya @rokhani. Namun, harus menunggu terlalu lama, padahal novel ini termasuk jenis kejar tayang.

Terima kasih atas komentarnya @rokhani. Saleum buat Steemians Klaten.

ya, klaten termasuk rute long march oanglima jendral Sudirman. Inspirasi perjalanan ini menjadi salah sato faktor dulu saya pernah melakukan perjalanan, jalan kaki dari semaranhg sampai banjarnegara, tempat kelahiran saya. Saya melakukannya yang berhasil dua kali. yang pertama sehabis latihan alam teater SS IKIP Semarang sekitar tahu 1994 perjalanan saya lakukan dalam lima hari dari semarang samapi Desa kemranggon Kecamatan susukan banjar negara. yang kedua dibulan ramadan saya alkuakan lebih cepat yaitu empat hari. yang ketiga sudah sampai di kertek wonosobo yangmungkin kira-kira tinggal 100 km saya psuing akhirnya saya putuskan sambung pakai bis. banyak pengalaman dalam perjalanan itu bang baik yang fisik maupun yang metafisik.
makanya saya membaca prolog novel iytu jadi teringat kembali kenangan di masa silam.
bahkan saya belum baca novelnya, maaf ya bang...

Coin Marketplace

STEEM 0.29
TRX 0.12
JST 0.033
BTC 64241.02
ETH 3178.09
USDT 1.00
SBD 3.85