You are viewing a single comment's thread from:

RE: Don't Hang the Future on the Editor's Taste | Jangan Gantungkan Masa Depan pada Selera Redaktur |

in #writing5 years ago (edited)

menurut pendapat saya, sebaiknya tulisan yang tidak dimuat media mending dimuat di steemit, weku, atau whaleshares.... Saya setuju dengan pendapat "jangan tergantung pada selera editor". Siapa tahu dengan adanya ketekunan, saling menghargai karya orang lain, tulisan-tulisan tersebut bisa dihargai oleh para pemakai yang ada di steemit, weku, atau whalshares. Hal ini saya lihat kecenderungan kesadaran menghargai akan tulisan yang original sudah mulai muncul di kalangan pemakai steemit, weku dan whaleshares.

Semoga para penulis profesional di luar sana bisa tertarik untuk bergabung dengan platform desentralisasi social media, akan tetapi ada satu keprihatianan saya, yaitu sifat "egoisme" para jurnalis dan penulis profesional di steemit.

Artinya rata-rata para penulis profesional dan jurnalis yang tergabung di steemit dll, kurang aktif dalam menilai atau memberikan, saran atau vote pada tulisan pemakai lainnya. Dari penelitian empiris secara singkat yang telah saya lakukan rata-rata mereka tidak menyediakan waktu untuk memberikan vote atau saran kepada para pemakai di steemit, dll. Kelihatannya mereka lebih suka karya tulisan mereka sendiri yang dinilai atau divote ketimbang melakukan sebaliknya.

Kira-kira begitu pendapat saya sebagai petualang sederhana di lautan steemit.

Sort:  

Kalau ditolak sebuah media massa, baca lagi tulisan tersebut, perbaiki, dan kirim ke media yang lain. Banyak contoh buku-buku bestseller internasional ditolak puluhan kali sebelum kemudian direvisi dan menjadi jauh lebih baik.

Memposting di Steemit juga menjadi salah satu solusi. Saya dulu selalu mengajak mahasiswa menggunakan platform Steemi sebagai media untuk belajar, berdiskusi, dan mengembangkan kemampuan menulis. Ternyata tidak ada yang benar-benar tertarik. Terima kasih respon kerennya @happyphoenix. Saleum dari Aceh.

Coin Marketplace

STEEM 0.29
TRX 0.12
JST 0.032
BTC 57824.15
ETH 2965.89
USDT 1.00
SBD 3.70